Latihan Soal OSN SD Tahun 2024 (IPA dan Matematika)

Latihan Soal OSN IPA dan Matematika SD MI Tahun 2024


Latihan Soal OSN IPA dan Matematika SD MI Tahun 2024. Penguasaan ilmu pengetahuan seperti Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan salah satu modal utama bagi kemajuan suatu bangsa, tingkat penguasaannya menjadi salah satu indikator seberapa jauh kiat suatu bangsa dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologinya. Untuk menguasai dan mencipta teknologi di masa depan diperlukan penguasaan Matematika dan IPA yang kuat sejak dini. Upaya tersebut harus ditempuh dengan merealisasikan pendidikan yang berorientasi pada kemampuan berkreasi memecahkan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, paradigma pendidikan yang mengedepankan peningkatan daya nalar, kreativitas, serta berpikir kritis harus diaplikasikan dalam setiap langkah pengembangan kebijakan pendidikan ke depan.

 

Menindaklanjuti hal di atas Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melakukan upaya peningkatan mutu pendidikan di bidang Matematika dan IPA antara lain melalui penyelenggaraan kompetisi Matematika dan IPA yang dikenal dengan nama Olimpiade Sains Nasional-Sekolah Dasar (OSN-SD). Kegiatan ini merupakan salah satu wadah strategis untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran Matematika dan IPA sehingga peserta didik menjadi lebih kreatif dan inovatif.

 

Selain itu melalui kegiatan OSN ini diharapkan akan membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, sistematis, analitis, kritis, dan kreatif. Kemampuan-kemampuan itulah yang diperlukan agar peserta didik dapat bertahan pada keadaan yang penuh kompetisi. Selain itu melalui kegiatan kompetisi ini sekaligus untuk mempersiapkan peserta didik dalam menguasai dan mencipta teknologi di masa depan.

 

Sebelum Admin membagikan Latihan Soal dan Jawaban Soal OSN IPA dan Matematika SD Tahun 2024, berikut ini adalah Tujuan umum diadakannya Olimpiade Sains Nasional Jenjang SMP/MTs Tahun 2024. Berdasarkan Pedoman atau Petunjuk Teknis (Juknis) OSN SD Tahun 2024, Tujuan umum OSN-SD Tahun 2024 adalah sebagai wahana kompetisi dalam bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), bagi peserta didik SD dan atau yang sederajat untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang sains yang berasaskan pendidikan karakter meliputi religiusitas, integritas, nasionalisme, kemandirian dan gotong royong. Selain hal itu, kegiatan ini juga sebagai bagian dari upaya komprehensif dalam penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi berprestasi. Kompetisi ini dirancang sebagai kompetisi yang sehat serta menjunjung tinggi nilainilai sportivitas.

Tujuan khusus OSN-SD Tahun 2024 adalah sebagai berikut: a) Menyediakan wahana bagi peserta didik SD dan atau yang sederajat untuk mengembangkan talenta di bidang Matematika dan IPA sehingga peserta didik dapat berkreasi, terampil, memecahkan masalah, dan mampu mengembangkan seluruh aspek kepribadiannya; b) Memotivasi peserta didik SD dan atau yang sederajat untuk selalu meningkatkan kemampuan spiritual, emosional, dan intelektual berdasarkan norma dan tata nilai yang baik; c) Memotivasi peserta didik SD dan atau yang sederajat untuk mengaplikasikan pengetahuan bidang Matematika dan IPA dalam kehidupan sehari-hari; d) Memotivasi guru untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas pembelajaran Matematika, dan IPA di SD dan atau yang sederajat; e) Memotivasi institusi/lembaga pendidikan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan; f) Memotivasi para pemangku kepentingan untuk menyosialisasikan dan menanamkan nilai-nilai spiritual, emosional, dan intelektual pada lingkungan yang menjadi tanggung jawabnya.

Bidang atau mata pelajaran yang dikompetisikan pada OSN-SD Tahun 2024 yaitu: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Pelaksanaan OSN SD tahun 2024 ini dilaksanakan melalui 3tahap yaitu: a) OSN-K dan OSN-P dilaksanakan secara daring. b. OSN Tingkat Nasional dilaksanakan secara luring. 2) Media pelaksanaan kompetisi menggunakan aplikasi dan media lain yang telah disediakan oleh panitia pusat

 

Bagi kamu yang akan mendaptar dalm Ajang Lomba OSN SMP tahun 2024, berikut ini Persyaratan peserta OSN SD Tahun 2024 berdasarkan Pedoman atau Petunjuk Teknis atau Juknis OSN SD Tahun 2024 yakni sebagai berikut a) Peserta adalah warga negara Indonesia (WNI) yang mewakili sekolahnya. B) Peserta didik kelas IV dan V SD/MI atau yang sederajat di tahun ajaran 2023/2024 saat pelaksanaan OSN-K, dengan kelahiran tanggal 1 Agustus 2011 dan setelahnya: c) Peserta memiliki kompetensi pada bidang Matematika atau IPA; d) Peserta belum pernah meraih medali emas, perak, dan perunggu pada OSN-SD tingkat nasional tahun sebelumnya pada bidang yang sama; e) Peserta belum pernah meraih medali emas, perak, dan perunggu pada lomba tingkat internasional yaitu International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) dan International Mathematics Competition (IMC) pada tahun sebelumnya untuk bidang yang sama.

 

Berikut ini Latihan Soal dan Jawaban Soal OSN IPA dan Matematika SD MI Tahun 2024, silahkan diakses dengan memilih salah satu contoh latihan soal yang ada di bawah ini

 

Download Soal dan Jawaban Lat Soal OSN IPA SDTahun 2024

Download Soal dan Jawaban Lat Soal OSN IPA SD Tahun 2024

 

Download Soal dan Jawaban Soal OSN Matematika SD Tahun 2024

Download Soal dan Jawaban Soal OSN Matematika SD Tahun 2024

 

Demikian informasi tentang Latihan Soal dan Jawaban Soal OSN IPA dan Matematika SD Tahun 2024. Dapat update informasi terkait Jadwal dan Petunjuk Teknis (Juknis) OSN SD Tahun 2024 hanya di laman ainamulyana.com


= Baca Juga =


Post a Comment

Previous Post Next Post


































Free site counter


































Free site counter