Latihan Soal OSN SMP Tahun 2024 (IPA IPS dan Matematika)

Latihan Soal dan Jawaban Soal OSN IPA IPS dan Matematika SMP Tahun 2024


Latihan Soal dan Jawaban Soal OSN IPA IPS dan Matematika SMP Tahun 2024. Ajang OSN merupakan salah satu wujud dari implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggara Pendidikan dan sekaligus merupakan cara mengidentifikasi talenta di bidang sains melalui pendekatan kompetisi. Telah lebih dari 2 (dua) dekade OSN diselenggarakan. Pada 3 (tiga) tahun terakhir, karena kondisi pandemi, OSN diselengarakan secara daring. Antuasiasme siswa SMP untuk tetap berprestasi di tengah situasi pandemi terlihat tetap terjaga. OSN telah menjadi wahana strategis untuk membentuk generasi yang selalu berusaha mengembangkan daya nalar, kreatif, dan berkemampuan berpikir kritis, sehingga pada saatnya nanti mereka akan tumbuh menjadi generasi yang berkepribadian kokoh, kompetitif, dan mandiri.

 

Cabang lomba pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP Tahun 2024 yaitu: Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan 3. Ilmu Pengetahuan Sosial. Kegiatan ini merupakan salah satu wadah strategis untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran IPA, Matematika dan IPS sehingga menjadi lebih kreatif dan inovatif. Selain itu melalui kegiatan OSN ini diharapkan akan membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, sistematis, analitis, kritis, dan kreatif. Kemampuan-kemampuan itulah yang diperlukan agar peserta didik dapat bertahan pada keadaan yang penuh olimpiade. Selain itu melalui kegiatan olimpiade ini sekaligus dimaksudkan untuk mempersiapkan peserta didik dalam menguasai dan mencipta teknologi di masa depan.

 

Sebelum Admin membagikan Latihan Soal dan Jawaban Soal OSN IPA IPS dan Matematika SMP Tahun 2024, berikut ini adalah Tujuan umum diadakannya Olimpiade Sains Nasional Jenjang SMP/MTs Tahun 2024 yakni sebagai wahana olimpiade dalam bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Matematika dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) bagi peserta didik SMP dan atau yang sederajat untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang sains yang berasaskan pendidikan karakter meliputi religiusitas, integritas, nasionalisme, kemandirian dan gotong royong. Selain hal itu, kegiatan ini juga sebagai bagian dari upaya komprehensif dalam penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi berprestasi. Olimpiade ini dirancang sebagai kompetisi yang sehat serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas.

 

Sedangkan Tujuan khusus OSN SMP Tahun 2023 adalah sebagai berikut: 1) Menyediakan wahana bagi peserta didik SMP dan atau yang sederajat untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang IPA, Matematika, dan IPS sehingga peserta didik dapat berkreasi, terampil, memecahkan masalah, dan mampu mengembangkan seluruh aspek kepribadiannya; 2) Memotivasi peserta didik SMP dan atau yang sederajat untuk selalu meningkatkan kemampuan spiritual, emosional, dan intelektual berdasarkan norma dan tata nilai yang baik; 3) Mendorong peserta didik SMP dan atau yang sederajat untuk mengaplikasikan pengetahuan bidang IPA, Matematika, dan IPS dalam kehidupan sehari-hari; 4) Memotivasi guru untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas pembelajaran IPA, Matematika, dan IPS di SMP dan atau yang sederajat; 5) Memotivasi institusi/lembaga pendidikan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan; 6) Memotivasi para pemangku kepentingan untuk menyosialisasikan dan menanamkan nilai-nilai spiritual, emosional, dan intelektual pada lingkungan yang menjadi tanggung jawabnya.


Bagi kamu yang akan mendaptar dalm Ajang Lomba OSN SMP tahun 2024, berikut ini Persyaratan peserta OSN SMP Tahun 2024 berdasarkan Petunjuk Teknis atau Juknis OSN SMP Tahun 2024 yakni sebagai berikut: 1) Berkewarganegaraan Indonesia; 2) Bukan peraih medali emas, perak, dan perunggu pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP Tingkat Nasional Tahun 2023 pada semua mata pelajaran; 3) Terdaftar sebagai siswa SMP/MTs/sederajat, atau yang sederajat di lingkup wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, atau Sekolah Indonesia di Luar Negeri, atau sekolah lain di luar negeri; 4) Peserta didik terdaftar sebagai peserta didik SMP/MTs/ sederajat posisi kelas 7 dan 8 pada tahun ajaran 2023/2024, serta berusia maksimal 16 tahun pada 31 Desember 2024 saat mengikuti OSN-K tahun 2024; 5) Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) atau Education Management Information System (EMIS), kecuali peserta didik luar negeri non SILN; 6) Memiliki nilai rapor setiap semester sejak semester pertama serendah-rendahnya bernilai Baik untuk bidang lomba yang akan diikuti; 7) Sudah terdaftar pada sistem registrasi sebagai peserta OSN; 8) Menyampaikan surat/pernyataan integritas dan surat keterangan sekolah dalam mengikuti seleksi OSN SMP.


Berikut ini Latihan Soal dan Jawaban Soal OSN IPA IPS dan Matematika SMP Tahun 2024, silahkan diakses dengan memilih salah satu contoh latihan soal yang ada di bawah ini

 

Download Soal dan Jawaban Lat Soal OSN IPA SMPTahun 2024

Download Soal dan Jawaban Lat Soal OSN IPA SMP Tahun2024

 

Download Soal dan Jawaban Soal Lat OSN IPS SMP Tahun2024

Download Soal dan Jawaban Soal Lath OSN IPS SMPTahun 2024

 

Download Soal dan Jawaban Soal OSN Matematika SMPTahun 2024

Download Soal dan Jawaban Soal OSN Matematika SMPTahun 2024

 

Demikian informasi tentang Latihan Soal dan Jawaban Soal OSN IPA IPS dan Matematika SMP Tahun 2024. Dapat update informasi terkait Jadwal dan Petunjuk Teknis (Juknis) OSN SMP Tahun 2024 hanya di laman ainamulyana.com



= Baca Juga =


No comments

Theme images by ainamulyana. Powered by Blogger.