Juknis Pedoman OSN SMA MA Tahun 2024

Juknis Pedoman OSN SMA Sederajat Tahun 2024


Juknis atau Pedoman OSN SMA MA Sederajat Tahun 2024. OSN SMA/MA/sederajat adalah sebuah ajang talenta di bidang Sains yang diselenggarakan untuk peserta didik SMA/MA/Sederajat. Ajang OSN SMA/MA/sederajat diselenggarakan secara bertingkat mulai dari daerah hingga nasional, untuk menjaring peserta terbaik dari seluruh provinsi. Mekanisme bertingkat tersebut merupakan salah satu cara untuk memberikan kesempatan yang sama dan adil bagi peserta didik di seluruh Indonesia untuk berprestasi dan menjadi bibit-bibit talenta potensial.

 

Juknis Pedoman Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA MA Sederajat Tahun 2024 ini disusun untuk memberikan informasi dan gambaran berbagai aspek penyelenggaraan ajang OSN SMA/MA/sederajat kepada para peserta, pemandu talenta, juri, dan para pemangku kepentingan lainnya. Selamat mempersiapkan diri, belajar, berlatih, dan bekerja sebaik-baiknya agar kegiatan ajang dapat terlaksana sesuai rencana dan memberikan hasil maksimal.

 

Tujuan umum penyelenggaraan OSN SMA MA adalah untuk a) Mendapatkan dan mengembangkan peserta didik bertalenta dan berkarakter dengan prestasi internasional, sehingga mampu berkontribusi sebagai perintis pembangunan melalui ilmu pengetahuan dan teknologi, untuk mewujudkan bangsa yang unggul; b) Mendorong pemerataan prestasi untuk memaksimalkan penemuan peserta didik bertalenta dan berkarakter dari seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia; c) Membangun atmosfer berkompetisi dan berprestasi yang sehat; d) Menguatkan kelembagaan dalam rangka menuju Manajemen Talenta Nasional (MTN) yang berkesinambungan.

 

Sedangkan Tujuan Khusus penyelenggaraan OSN SMA MA adalah a) Menyelenggarakan seleksi peserta didik secara berjenjang dimulai dari tingkat sekolah, tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, dan tingkat nasional yang mempunyai kompetensi/kemampuan dalam cabang lomba Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi; b) Mendapatkan calon peserta untuk mewakili Indonesia pada kompetisi sains tingkat internasional; c) Membangun basis data nasional peserta didik yang bertalenta dalam bidang sains.

 

Hasil yang diharapkan dari kegiatan OSN SMA MA Tahun 2024 adalah: a) Terselenggaranya seleksi peserta OSN cabang lomba Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi secara berjenjang dimulai dari tingkat sekolah (OSN -S), kabupaten/kota (OSN -K), tingkat provinsi (OSN -P), sampai ke tingkat nasional (OSN); b) Terpilihnya calon peserta Olimpiade Sains Nasional, dimulai dari hasil seleksi tingkat sekolah, tingkat kabupaten/kota, dan tingkat provinsi. Terseleksinya siswa ditingkat provinsi sebagai pemenang selanjutnya diikutsertakan ke tingkat nasional; c) Terpilihnya peserta didik terbaik dari OSN, selanjutnya dipersiapkan untuk mengikuti olimpiade sains tingkat internasional; d) Terciptanya basis data talenta nasional dalam bidang sains.

 

Berdasarkan Juknis atau Pedoman Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA MA Sederajat Tahun 2024, tema OSN SMA MA Tahun 2024 adalah “Berprestasi dan Berintegritas”, dengan tagar #berprestasidanberintegritas #MERDEKA BERPRESTASI Talenta Sains Menginspirasi. Tema ini bermakna harapan agar peserta didik memiliki kesempatan untuk berprestasi dan melejitkan potensi diri di bidang sains dengan tetap menjaga kejujuran dan integritas.

 

Ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) masuk dalam kelompok bidang Riset dan Inovasi. Adapun Cabang lomba dalam OSN SMA MA Tahun 2024 adalah 1) Matematika; 2) Fisika; 3) Kimia; 4) Informatika/Komputer; 5) Biologi; 6) Astronomi; 7) Ekonomi; 8) Kebumian, dan 9) Geografi.

 

Berdasarkan Petunjuk Teknis (Juknis) atau Pedoman OSN SMA MA Sederajat Tahun 2024, persyaratan umum peserta Olimpiade Sains SMA/MA/sederajat tahun 2024 adalah sebagai berikut:

1. Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan dokumen resmi seperti Kartu Pelajar/KTP/SIM/Paspor.

2. Berminat dan memiliki nilai baik dari bidang sains yang dipilih.

3. Mendapat persetujuan dari orang tua/wali, dan bila peserta memiliki kebutuhan khusus berkaitan dengan kesehatan harus mendapatkan persetujuan dari pihak yang berwenang.

4. Setiap peserta didik hanya dapat mengikuti salah satu bidang sains dan diusulkan oleh Kepala Sekolah berdasarkan hasil seleksi tingkat sekolah.

5. Belum pernah meraih medali emas OSN jenjang SMA/MA/sederajat di bidang sains yang sama.

6. Belum pernah mengikuti kompetisi sains tingkat internasional jenjang SMA/MA/sederajat di bidang sains yang sama (Lampiran D: Daftar Olimpiade Sains Internasional).

7. Peraih medali OSN bersedia mengikuti pembinaan dan seleksi ke kompetisi tingkat internasional yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional.

8. Untuk beberapa bidang sains, peserta didik yang pernah mengikuti pembinaan tingkat internasional dapat langsung mengikuti OSN dengan merujuk kepada persyaratan khusus sesuai pada bidang sains masing -masing.

9. Menyetujui Pakta Integritas Pelaksanaan OSN-K, OSN-P, dan OSN pada aplikasi kompetisi.

10. Untuk peserta yang mengalami pindah sekolah ke kabupaten/kota dan/atau provinsi lain, status kabupaten/kota dan/atau provinsi peserta tetap mengacu kepada surat keputusan pemenang OSN-K yang dikeluarkan Dinas Pendidikan Provinsi sebelumnya.

11. Memiliki nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk semua mata pelajaran dan memiliki sikap yang baik.

12. Mampu mengoperasikan komputer.

13. Tidak terlibat dan/atau tidak memakai narkoba.

 

Kepan Jadwal Pelaksanaan OSN SMA MA Tahun 2024? Pelaksanaan Olimpiade Sains dilakukan melalui seleksi secara bertingkat dengan penjadwalan sebagai berikut:

1. Seleksi tingkat sekolah (OSN -S) pelaksabaan Januari Pekan ke 4

2. Seleksi tingkat kab/ kota (OSN-K) tanggal 25 s.d 27 Maret 2024

3. Seleksi tingkat provinsi (OSN -P) tanggal 6 s.d 8 Mei 2024

4. Seleksi Tingkat Nasional (OSN) tanggal 26 Agustus s.d 1 September


Juknis Pedoman OSN SMA MA Sederajat Tahun 2024


Selengkapnya silahkan download dan baca Petunjuk Teknis Juknis Pedoman Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA MA Sederajat Tahun 2024. Link download Pedoman OSN SMA MA Sederajat Tahun 2024

 

Demikian informasi tentang Juknis Pedoman OSN SMA MA Sederajat Tahun 2024. Semoga ada manfaatnya.


= Baca Juga =


No comments

Theme images by ainamulyana. Powered by Blogger.