Latihan Soal OSN SD SMP Tahun 2024

Latihan Soal OSN SD SMP Tahun 2024


Latihan Soal OSN SD SMP Tahun 2024. Olimpiade Sains Nasional (OSN), sempat diubah namanya menjadi Kompetisi Sains Nasional (KSN), kemudian kembali lagi dengan sebutan lamanya, yakni Olimpiade Sains Nasional (OSN), merupakan ajang kompetisi tahunan dalam bidang sains bagi para siswa SD, SMP, dan SMA serta yang sederajat di seluruh Indonesia.

 

Kompetisi ini diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemdikbudristek, sebelumnya Kemdikbud). Siswa yang mengikuti kompetisi ini adalah siswa-siswi terbaik dari provinsinya masing-masing yang telah lolos seleksi tingkat kabupaten dan provinsi. Kompetisi ini diadakan di kota yang berbeda-beda setiap tahunnya.

 

OSN diharapkan dapat mengantarkan peserta didik untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, kompetisi ini juga merupakan bagian penting dalam pemerataan prestasi dan memaksimalkan potensi peserta didik bertalenta dan berkarakter dari seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

Selain sebagai sebuah strategi untuk meningkatkan mutu pendidikan, kompetisi sains telah memiliki posisi khusus pada berbagai ajang bergengsi di dunia internasional dalam penguasaan sains oleh para peserta didik. Maka, melalui sistem kompetisi yang sistematis dan berjenjang ini diharapkan terbangun ruang seluas-luasnya bagi peserta didik untuk mengeksplorasi kemampuan dalam bidang sains dan mencapai puncak potensi terbaiknya. Pencapaian prestasi yang maksimal akan ditunjukan dengan lahirnya juara-juara kompetisi sains yang mumpuni dan berdaya saing tinggi yang siap berkompetisi pada tingkat internasional.

 

Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan nilai integritas tinggi merupakan salah satu syarat utama kemajuan sebuah bangsa. Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi telah melakukan berbagai upaya dalam rangka pengembangan bakat dan minat peserta didik SD MI/MTs/sederajat, SD MI/MTs/sederajat, SD/MI/sederajat, dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN) dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan olahraga.

 

Upaya-upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam menguasdi ilmu pengetahuan tersebut dilakukan melalui berbagai kompetisi baik nasional maupun internasional salah satuunya melalui OSN atau Olimpiade Sains Nasional. OSN ini diharapkan dapat mengantarkan peserta didik untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Kompetisi ini juga merupakan bagian penting dalam pemerataan prestasi dan memaksimalkan potensi peserta didik bertalenta dan berkarakter dari seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

Selain sebagai sebuah strategi untuk meningkatkan mutu pendidikan, kompetisi sains telah menempatkan Indonesia pada posisi yang kompetitif di berbagai ajang internasional bergengsi dalam penguasaan sains dan teknologi oleh peserta didik. Oleh karena itu, melalui system kompetisi yang sistematis dan berjenjang ini diharapkan terbangun ruang seluas-luasnya bagi peserta didik untuk mengeksplorasi kemampuan dalam bidang sains dan teknologi serta mencapai puncak potensi terbaiknya. Pencapaian prestasi yang maksimal akan ditunjukkan dengan lahirnya juara-juara kompetisi sains yang mumpuni dan berdaya saing tinggi yang siap berkompetisi pada tingkat internasional

 

Tujuan umum penyelenggaraan OSN: 1) Mendapatkan dan mengembangkan peserta didik bertalenta dan berkarakter dengan prestasi internasional, sehingga mampu berkontribusi sebagai perintis pembangunan melalui ilmu pengetahuan dan teknologi, untuk mewujudkan bangsa yang unggul; 2) Mendorong pemerataan prestasi untuk memaksimalkan penemuan peserta didik bertalenta dan berkarakter dari seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia; 3) Membangun atmosfer berkompetisi dan berprestasi yang sehat; 4) Menguatkan kelembagaan dalam rangka menuju Manajemen Talenta Nasional (MTN) yang berkesinambungan.

 

Tujuan Khusus penyelenggaraan OSN: 1) Menyelenggarakan seleksi peserta didik secara berjenjang dimulai dari tingkat sekolah, tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, dan tingkat nasional yang mempunyai kompetensi/kemampuan dalam cabang lomba Matematika, IPA dan IPS; 2) Mendapatkan calon peserta untuk mewakili Indonesia pada kompetisi sains tingkat internasional. 3. Membangun basis data nasional peserta didik yang bertalenta dalam bidang sains.

 

Sasaran pelaksanaan OSN adalah peserta didik SD SMP/MTs/sederajat dari seluruh Indonesia dan Sekolah Indonesia Luar Negeri, baik negeri maupun swasta, yang telah lolos melalui seleksi OSN-S (ditetapkan oleh kepala satuan pendidikan), OSN-K (ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi dan Balai Pengembangan Talenta Indonesia) dan OSN-P (ditetapkan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia).

 

Mekanis penyelenggaraan OSN SD SMP MTS dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat satuan pendidikan, tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, dan tingkat nasional. Tingkatan ini merupakan tahapan proses seleksi dimana setiap tahapan mempunyai ketentuannya tersendiri. Adapun penyelenggaraan pada setiap jenjang adalah sebagai berikut:

1. Olimpiade Sains Nasional tingkat Sekolah (OSN-S)

Tahapan seleksi tingkat sekolah disebut sebagai Olimpiade Sains Nasional tingkat Sekolah (OSN-S). OSN-S diselenggarakan oleh masing-masing sekolah/satuan pendidikan, dengan ketentuan seleksi yang dibuat dan ditetapkan oleh Kepala Sekolah atau Kepala Satuan Pendidikan. Peserta terbaik hasil seleksi sekolah/satuan pendidikan akan menjadi wakil sekolah/satuan pendidikan ke tingkatan berikutnya, yaitu OSN-K.

2. Olimpiade Sains Nasional tingkat Kab/Kota (OSN-K)

OSN-K diselenggarakan oleh masing-masing cabang dinas pendidikan provinsi bekerja sama dengan satuan pendidikan setempat, MKKS/MGMP, dan berbagai pihak lain yang kompeten dan dapat membantu penyediaan sumberdaya. Ketentuan pelaksanaan OSN-K mengacu kepada pedoman pelaksanaan OSN yang ditetapkan oleh BPTI, Kemendikbudristek. Peserta terbaik hasil seleksi OSN-K akan menjadi wakil kabupaten/kota ke tingkatan berikutnya, yaitu OSN-P.

3. Olimpiade Sains Nasional tingkat Provinsi (OSN-P)

OSN-P diselenggarakan oleh masing-masing dinas pendidikan provinsi bekerja sama dengan satuan pendidikan setempat, MKKS/MGMP, dan berbagai pihak lain yang kompeten dan dapat membantu penyediaan sumber daya. Ketentuan pelaksanaan OSN-P mengacu kepada pedoman pelaksanaan OSN yang ditetapkan oleh BPTI, Kemendikbudristek. Peserta terbaik hasil seleksi OSN-P dan dengan kriteria penilaian tertentu akan menjadi peserta OSN tingkat nasional.

4. Olimpiade Sains Nasional (OSN)

OSN Tingkat Nasional atau disebut OSN diselenggarakan oleh BPTI bekerja sama dengan berbagai pihak lain yang kompeten dan dapat membantu penyediaan sumber daya. Ketentuan pelaksanaan OSN mengacu kepada pedoman pelaksanaan OSN yang ditetapkan oleh BPTI, Kemendikbudristek.

 

Untuk yang mau berlatih berikut ini Link download Latihan Soal OSN SD SMP Tahun 2024. Berikut ini Link download Latihan Soal OSN SD Tahun 2024

·          Latihan Soal OSN SD Tahun 2024 bidang Matematika (Versi 1)

·          Latihan Soal OSN SD Tahun 2024 bidang Matematika (Veris 2)

·          Latihan Soal OSN SD Tahun 2024 bidang IPA (Versi 1)

·          Latihan Soal OSN SD Tahun 2024 bidang IPA (Versi 2)

 

Untuk yang mau berlatih berikut ini Link download Latihan Soal OSN SMP Tahun 2024

·          Link download Latihan Soal OSN SMP Tahun 2024 bidang Matematika (versi 1)

·          Link download Latihan Soal bidang Matematika (versi 2)

·          Link download Latihan Soal bidang Matematika (versi 3)

·          Link download Latihan Soal OSN SMP Tahun 2024 bidang IPA Versi 1

·          Link download Latihan Soal bidang IPA Versi 2

·          Link download Latihan Soal bidang IPA Versi 3

·          Link download Latihan Soal bidang IPA Versi 4

·          Link download Latihan Soal OSN SMP Tahun 2024 bidang IPS Versi 1

·          Link download Latihan Soal bidang IPS Versi 2

 

Demikian informasi tentang Link download Latihan Soal OSN SD SMP Tahun 2024. Selamat belajar, belatih dan berjuang. Semoga dapat mengharumkan nama baik sekolah masing-masing. Sumber guruberkaya.com.



= Baca Juga =


No comments

Theme images by ainamulyana. Powered by Blogger.