Contoh Bukti Fisik Akreditasi BAN PDM Tahun 2024 - 2025

Download Contoh Bukti Fisik Akreditasi Sekolah Madrasah BAN PDM Tahun 2024 - 2025
Download Contoh Bukti Fisik Akreditasi Sekolah Madrasah BAN PDM Tahun 2024 - 2025


Contoh Bukti Fisik Akreditasi Sekolah Madrasah BAN PDM Tahun 2024 - 2025. Bukti Fisik Dokumen Akreditasi Tahun 2024 - 2025 akan mengalami perubahan. Hal ini karena mulai tahun 2024, pelaksanaan akreditasi jenjang SD SMP SMA SMK, SLB/SKH sudah menggunakan Instrumen Akreditasi yang baru.


Dengan demikian maka Bukti Fisik Dokumen Akreditasi Tahun 2024 - 2025 harus menyesuaikan dengan Instrumen Akreditasi BAN PDM 2024 yang telah ditetapkan melalui Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Kepmendikbudristek Nomor 246/O/2024 Tentang Instrumen Akreditasi Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, Dan Pendidikan Menengah

 

Perubahan instrumen Akreditasi Tahun 2024 – 2025 ini dilakukan dalam rangka melaksanakan penilaian kelayakan satuan pendidikan dan/atau program pendidikan kesetaraan berdasarkan mutu layanan pendidikan.

 

Instrumen  akreditasi SD SMP SMA SMK BAN PDM hanya terdiri  dari  4  (empat)  komponen  yaitu  kinerja  pendidik dalam  mengelola  proses  pembelajaran  yang  berpusat  pada  peserta  didik, kepemimpinan kepala satuan pendidikan dalam pengelolaan satuan pendidikan, iklim lingkungan belajar, dan kompetensi hasil pembelajaran lulusan dan/atau peserta didik.

 

Adapun Jumlah butir Instrumen  akreditasi SD SMP SMA SMK BAN PDM 2024-2025 yang akan digali oleh asesor visitasi hanya 14 butir, karena butir pada kompetensi hasil pembelajaran akan diambil dari hasil pelaksanaan ANBK

 

14 Butir Instrumen  akreditasi SD SMP SMA SMK BAN PDM 2024-2025 tersebut mencakup: Komponen Kinerja  Pendidik  dalam  Mengelola  Proses  Pembelajaran  yang  Berpusat pada Peserta Didik (butir 1 s/d 4); Komponen  Kepala  Satuan  Pendidikan  dalam  Pengelolaan Satuan Pendidikan (butir 5 s/d 9); Komponen Iklim Lingkungan Belajar (butir 10 s/d 14). Adapun 14 butir Instrumen  akreditasi SD SMP SMA SMK BAN PDM 2024-2025 adalah sebagai berikut:

1. Pendidik menyediakan  dukungan  sosial  emosional  bagi  peserta  didik  dalam proses pembelajaran.

2. Pendidik  mengelola  kelas  untuk  menciptakan  suasana  belajar  yang  aman, nyaman, dan mendukung tercapainya tujuan pembelajaran.

3. Pendidik mengelola proses pembelajaran secara efektif dan bermakna.

4. Pendidik  memfasilitasi  pembelajaran  yang  efektif  dalam  membangun keimanan, ketakwaan, komitmen kebangsaan, kemampuan bernalar dan memecahkan  masalah,  serta  karakter  dan  kompetensi  lainnya  yang relevan bagi peserta didik.

5. Kepala satuan pendidikan menerapkan budaya refleksi untuk perbaikan pembelajaran  yang  berpusat  pada  peserta  didik,  serta  evaluasi  kinerja untuk  rencana pengembangan  profesional  bagi  pendidik  dan  tenaga kependidikan.

6. Kepala  satuan  pendidikan  menghadirkan  layanan  belajar  yang partisipatif dan kolaboratif untuk tercapainya visi dan misi.

7. Kepala satuan pendidikan memastikan pengelolaan anggaran dilakukan sesuai  perencanaan  berdasarkan  refleksi  yang  berbasis  data  secara transparan dan akuntabel.

8. Kepala satuan pendidikan memimpin pengelolaan sarana dan prasarana sesuai  dengan  kebutuhan  pembelajaran  yang  berpusat  pada  peserta didik.

9. Kepala satuan pendidikan mengembangkan kurikulum di tingkat satuan pendidikan yang selaras dengan kurikulum nasional.

10. Satuan  pendidikan  memastikan  terbangunnya  iklim  kebinekaan  bagi peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan.

11. Satuan pendidikan menyediakan lingkungan belajar yang inklusif untuk memenuhi kebutuhan belajar peserta didik yang beragam.

12. Satuan  pendidikan  mewujudkan  iklim  lingkungan  belajar  yang  aman secara psikis bagi peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan.

13. Satuan  pendidikan  memastikan  keselamatan  peserta  didik,  pendidik, dan tenaga kependidikan.

14. Satuan  pendidikan  menjamin  lingkungan  yang  sehat  dan memiliki/melaksanakan program yang membangun kesehatan fisik dan mental pada peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan.


Download Bukti Fisik Akreditasi Sekolah Madrasah BAN PDM Tahun 2024 - 2025


Lalu bagaimana Contoh Bukti Fisik Akreditasi Sekolah Madrasah BAN PDM Tahun 2024 – 2025 untuk persiapan pelaksanaan akreditasi tahun pelajaran 2024/2025 ini? Berdasarkan materi sosialisasi akreditasi dokumen Satuan Pendidikan yang Wajib Diunggah Sebelum Visitasi melalui aplikasi Sispena adalah sebagai berikut

1.  Kurikulum di tingkat satuan pendidikan.

Link download Contoh KSP SD Kurikulum Merdeka

Link download Contoh KSP SMP Kurikulum Merdeka & K13

Link download Contoh KSP SMA

Link download Contoh KSP SMK

 

2.  Rencana kerja tahunan.

Link download Contoh RKT SD

Link download Contoh RKT SMP

Link download Contoh RKT SMA

Link download Contoh RKT SMK

 

3.  Rencana kegiatan dan anggaran satuan pendidikan.

Link download Contoh RKAS SD

Link download Contoh RKAS SMP

Link download Contoh RKAS SMA

Link download Contoh RKAS SMK

 

4.  Kalender tahunan kegiatan pendidikan.

Link download Contoh Kaldik SD SMP SMA SMK Tahun Pelajaran 2024/2025

 

5.  Contoh perencanaan pembelajaran.

Link download RPP/Modul Ajar SD

Link download RPP/Modul Ajar SMP

Link download RPP/Modul Ajar SMA

Link download RPP/Modul Ajar SMK

 

6.  Foto lingkungan belajar.

Link download Foto Lingkungan Belajar SD

Link download Foto Lingkungan Belajar SMP

Link download Foto Lingkungan Belajar SMA

Link download Foto Lingkungan Belajar Ajar SMK

 

7.  Video lingkungan belajar.

Link download Video Lingkungan Belajar SD

Link download Video Lingkungan Belajar SMP

Link download Video Lingkungan Belajar SMA

Link download Video Lingkungan Belajar Ajar SMK


Baca Juga Salinan KepmendikbudristekNomor 246/O/2024 Tentang Instrumen Akreditasi Sekolah Madrasah.

 

Demikian informasi tentang Contoh Bukti Fisik Akreditasi Sekolah Madrasah BAN PDM Tahun 2024 – 2025. Semoga ada manfaatnya.



= Baca Juga =


Post a Comment

Previous Post Next Post


































Free site counter


































Free site counter