Buku Panduan PPA SD MI SMP MTs, SMA SMK MA Tahun 2024-2025

Buku Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pada Kurikulum Merdeka SD MI SMP MTs SMA SMK MA
Buku Panduan PPA SD MI SMP MTs, SMA SMK MA Tahun 2024-2025


Download Buku Panduan Pembelajaran dan Asesmen (Buku Panduan PPA SD MI SMP MTs, SMA SMK MA Tahun 2024-2025). Dalam proses pembelajaran seyogianya peserta didik yang menjadi fokus. Usaha untuk memahami peserta didik dan menjadikan mereka pembelajar yang aktif akan memudahkan usaha untuk mengaktualisasikan tujuan pendidikan, yaitu berkembangnya karakter dan kompetensi peserta didik. Pendidik berperan memfasilitasi proses mencapai tujuan tersebut. Untuk itu penting bagi pendidik untuk memiliki kemampuan merancang pembelajaran, agar mampu merancang dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didiknya.

 

Ketika peserta didik menjadi seorang pelajar yang merdeka, interaksi pendidik dan peserta didik akan berubah. Peserta didik akan memiliki peluang untuk melakukan inisiatif, mempunyai suara dan kepemilikan pada proses pembelajaran serta memiliki kesempatan untuk memberikan umpan balik baik kepada diri sendiri, peserta didik lain serta kepada pendidik.

 

Proses merancang pembelajaran merupakan proses penting yang berdampak pada keberhasilan pembelajaran, oleh sebab itu buku panduan ini disusun. Sasaran pengguna buku panduan ini adalah pendidik, isi dari Buku Panduan Pembelajaran dan Asesmen Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA) mencakup penjelasan mengenai komponen-komponen, prinsip pembelajaran dan asesmen, tahapan, kriteria output setiap tahapan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran dan asesmen, strategi serta contoh-contoh pelaksanaan pembelajaran dan asesmen pada pembelajaran paradigma baru.

 

Buku Panduan Pembelajaran dan Asesmen Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA) ini berfungsi sebagai salah satu sumber informasi, sehingga penjelasan mengenai strategi, contoh-contoh serta format dalam dokumen ini bukan merupakan sesuatu yang bersifat regulatif. Pendidik dapat menggunakan sumber rujukan, strategi dan format lain untuk merancang dan melaksanakan pembelajaran dan asesmen, selama hasil yang diharapkan memenuhi kriteria output pada setiap tahapan dan memenuhi prinsip pembelajaran dan asesmen yang telah ditetapkan dalam Kepmendikbud-Ristek tentang Sekolah Penggerak dan SMK Pusat Keunggulan dan Kurikulum Merdeka

 

Isi Buku Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pada Kurikulum Merdeka SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA antara lain membahas tentang: Bagaimana Memahami Pembelajaran Paradigma Baru, Apakah pembelajaran paradigma baru? Kerangka Kurikulum pada Sekolah Penggerak (Kurkulum Merdeka), Bagaimana pembagian peran pemerintah dan satuan pendidikan dalam pembelajaran paradigma baru? Apa Profil Pelajar Pancasila, Bagaimana profil pelajar yang ingin dibentuk oleh pembelajaran paradigma baru? Apa Alur Tujuan Pembelajaran dan Modul Ajar Sebagai Dokumen, Apa Rencana Pembelajaran. Apa Fungsi alur tujuan pembelajaran dan modul ajar dalam pembelajaran? Apa dan bagaiman Pengawasan Proses Pembelajaran, Bagaimana peran kepala sekolah dan pengawas pada pembelajaran paradigma baru? Apa Prinsip Pembelajaran, Apa yang perlu diperhatikan dalam menerapkan prinsip pembelajaran pada pembelajaran paradigma baru? Apa dan bagaimana Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran Intrakurikuler dan Asesmen? Bagaimana merencanakan dan melaksanakan pembelajaran dan asesmen paradigma baru? Cara Menganalisis Capaian Pembelajaran (CP) untuk Menyusun Tujuan Pembelajaran dan Alur Tujuan Pembelajaran Seperti apakah standar acuan kompetensi dalam pembelajaran paradigma baru? Perencanaan dan Pelaksanaan Asesmen Diagnostik. Kapan asesmen diagnostik dilakukan dan untuk apa? Cara Mengembangkan Modul Ajar, Keleluasaan apa yang dimiliki pendidik ketika mengembangkan modul ajar? Penyesuaian Pembelajaran dengan Tingkat Capaian dan Karakteristik Peserta Didik, Seperti apa penyesuaian pembelajaran yang dapat dilakukan pendidik? Perencanaan, Pelaksanan, dan Pengolahan Hasil Asesmen Formatif dan Sumatif. Apa Prinsip Asesmen, Apa yang perlu diperhatikan dalam menerapkan prinsip asesmen pada pembelajaran paradigma baru? Jenis, Karakteristik, dan Fungsi Asesmen, Acuan apa yang digunakan untuk menentukan asesmen yang akan dilaksanakan? Paradigma Asesmen, Pemahaman seperti apa yang perlu dimiliki pendidik untuk melaksanakan asesmen dengan efektif?, Contoh Perencanaan, Pelaksanaan, dan Pengolahan Asesmen Formatif dan Sumatif, Gambaran perencanaan, pelaksanaan, dan pengolahan asesmen seperti apa yang merujuk pada prinsip dan paradigma asesmen pembelajaran paradigma baru? Cara Pelaporan Kemajuan Belajar dalam Kurikulum Merdka, Bagaimana sekolah dapat memilih untuk melaporkan hasil belajar? Apa beda pelaporan belajar dan pelaporan hasil belajar? Evaluasi Pembelajaran dan Asesmen, Untuk mendapatkan umpan balik bagi perbaikan proses pembelajaran, evaluasi seperti apa yang dilaksanakan.

Selengkapnya silahkan download dan Download Buku Panduan Pembelajaran dan Asesmen SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA, melaui link yang tredapat di bawah ini.


Link Download Buku PPA SD MI SMP MTs, SMA SMK MA Edisi Revisi 2024-2025 (disini)


Download Buku Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pada Kurikulum Merdeka SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA Versi 2023 (disini)

 

Demikian informasi tentang Link Buku Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pada Kurikulum Merdeka SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA, Semoga ada manfaatnya, terima kasih. Dapat berita dan informasi terbaru lainnya melalui laman ainamulyana.com




= Baca Juga =



2 Comments

Previous Post Next Post

Most Popular



































Free site counter


































Free site counter