Dokumen 1 KTSP Era Pandemi Covid-19 (Dokumen 1 KTSP Tahun Pelajaran 2020/2021

Dokumen 1 KTSP Era Pandemi Covid-19


Contoh Dokumen 1 KTSP Era Pandemi Covid-19 (Dokumen 1 KTSP Tahun Pelajaran 2020/2021. KTSP merupakan kurikulum operasional yang dikembangkan oleh satuan pendidikan. Kegiatan 1 yang akan Saudara lakukan beserta anggota kelompok kepala sekolah adalah berdiskusi untuk menjawab pertanyaan berkaitan KTSP, antara lain mengapa dokumen KTSP itu penting, komponen apa saja yang ada didalamnya dan apakah komponen KTSP. Sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik IndonesiaNomor 61Tahun 2014 tentang KTSP pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengahdan juga Pedoman Penyusunan KTSP, Dokumen 1 atau Buku 1 KTSP minimal berisi visi, misi, tujuan, muatan/struktur kurikulum, pengaturanbebanbelajar dan kalender pendidikan.

 

Adapun prinsip-prinsip pengembangan KTSP sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik IndonesiaNomor 61Tahun2014 tentang KTSP pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, antara lain: 1) Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya pada masa kini dan yang akan datang; 2) Belajar sepanjang hayat; 3)Menyeluruhdan berkesinambungan.

 

Sesuai Pedoman penyusunan KTSP Dokumen 1 / BukuI KTSP berisi sekurang-kurangnya visi, misi, tujuan, muatan, pengaturan beban belajar dan kalender pendidikan. SedangkanPrinsip-prinsip penyusunan KTSP  adalah: 1)berpusat pada anak dengan mempertimbangkan potensi, bakat, minat, perkembangan, dan kebutuhan anak, termasuk kebutuhan khusus; 2) mencakup semua dimensi kompetensi dan program pengembangan; 3)program pengembangan sebagai dasar pembentukan kepribadian anak; 4) kurikulum dikembangkan secara kontekstual; 5) memperhatikan tingkat perkembangan anak; 6) mempertimbangkan cara anak belajar; 7) holistik–integratif; 8) belajar melalui bermain; 9) memberi pengalaman belajar; 10) memperhatikandan melestarikankarakteristik sosial budaya.

 

Dalam menyusun dokumen/buku 1 KTSP sekolah perlu merumuskan dan menetapkan visi, misi, tujuan sekolah. Tujuan sekolah mengacu pada visi, misi, dan tujuan pendidikan nasional serta relevan dengan kebutuhan masyarakat. Tujuansekolah juga mengakomodasi masukan dari pihak yang berkepentingan termasuk komite sekolah dan diputuskan oleh rapat dewan guru yang dipimpin oleh kepala sekolah.

 

Link download Contoh Dokumen 1 KTSP Era Pandemi Covid-19 (Dokumen 1 KTSP Tahun Pelajaran 2020/2021) ---disini---

 

Demikian informasi tentang Contoh Dokumen 1 KTSP Era Pandemi Covid-19 (Dokumen 1 KTSP Tahun Pelajaran 2020/2021). Semoga ada manfaatnya, terima kasih.




= Baca Juga =



3 comments:

  1. Terima kasih pak telah berbagi info yang menarik dan sangat kami butuhkan.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih banyak informasinya sangat bermanfaat. Jazakallahu Khairan Katsiran

    ReplyDelete
  3. It's no surprise that this blog is amazing. Thank you for sharing that has helped many teachers and students as well as the general public.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.