LATIHAN SOAL PAS KELAS 9 SMP SEMESTER 1 (GANJIL) TAHUN 2020/2021 DAN PEMBAHASAN

Soal PAS Kelas 9 SMP MTS  Semester 1 (Ganjil)


Latihan Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Kelas 9 SMP – MTS  Semester 1 (Ganjil) Tahun 2020/2021 dan Pembahasan (Kunci Jawaban). Di setiap penghujung semester, seluruh siswa baik itu biasanya wajib mengikuti Penilaian Akhir Semester (PAS). Umumnya, Penilaian Akhir Semester (PAS) merupakan bagian dari evaluasi yang bertujuan untuk mengukur dan menilai kompetensi siswa atau peserta didik sehingga siswa dapat melanjutkan pembelajaran ketingkat lebih tinggi atau perlu ada pengujian. Lebih singkatnya lagi, Penilaian Akhir Semester (PAS) ini merupakan suatu bentuk evaluasi yang dilakukan siswa untuk mengetahui pencapaian kompetensi diakhir semester. Momen-momen Penilaian Akhir Semester (PAS) selalu dianggap sebagai momok yang menakutkan bagi sejumlah siswa. Untuk itu penting untuk memperhatikan hal-hal seputar PAS dan Tips Menghadapinya seperti yang akan diulas di bawah ini.


Banyak siswa di tanah air yang cenderung memiliki masalah terhadap Penilain Akhir Semester (PAS). Tak sedikit dari siswaini yang merasa gugup dan ribet dalam mengerjakan soal-soal ujian yang diberikan oleh guru. Untuk mengatasi rasa gugup ketika Penilian Akhir Semester (PAS) tiba, kali ini akan mengulas seputar tips-tips menghadapi Penilaian Akhir Semester (PAS). Simak ulasan lebih lengkapnya lagi tentang PAS dan Tips Menghadapinya di bawah ini ya.

 

1. Persiapkan materi ujian dengan matang

Jika yang akan kamu hadapi ketika PAS nanti adalah ujian tulis, maka yang harus kamu lakukan adalah membuka kembali materi yang telah diberikan guru dan memahaminya. Terkadang ada guru yang rajin memberikan kisi-kisi sebelum PAS, namun tidak ada salahnya juga jika kamu membuka kembali materi yang lain. Karena tak sedikit guru yang memberikan soal di luar kisi-kisi yang telah diberikan untuk menguji pemahaman para siswanya.

 

Lain halnya jika yang akan kamu hadapi adalah ujian take home yang diberikan guru jauh-jauh hari untuk dikerjakan di rumah. Persiapkanlah bahan-bahan untuk mengerjakan ujian take home tersebut dan konsultasikan juga dengan guru yang bersangkutan. Hal ini dilakukan untuk menghindari kekeliruan ketika kamu mengerjakannya.

 

2. Perhitungkan waktu

Kebanyakan siswa sering kali tidak memperhatikan dan menganggap remeh persoalan waktu. Dalam menghadapi penilaian akhir semester (PAS), tak sedikit siswa yang sering berpikir untuk menunda-nunda belajar. Padahal, hal ini justru akan membuatnya kebablasan terhadap waktu. Setidaknya dalam menghadapi ujian akhir semester ini kamu perlu untuk belajar dua atau tiga hari sebelum di ujiankan. Hal ini dilakukan untuk mengatasi bila ada gangguan pada saat satu hari sebelum ujian kamu sudah belajar dan menguasai mata pelajaran atau bidang studiyang akan di ujiankan.

 

3. Mencari tahu kisi-kisi soal yang akan diujiankan

Biasanya setiap guru akan mengajarkan beberapa materi tugas dan memberi inti-inti dari beberapa review belajar. Usahakan kamu selalu menulis catatan sebagai keyword untuk mencari inti dari pengembangan materi tersebut. Dan jangan malas juga untuk mencari referensi dari soal-soal ujian akhir semester dari semester sebelumnya. Biasanya materi dan soal yang di ujiankan tidak jauh dari materi soal ujian akhir semester sebelumnya.

 

4. Jangan menggunakan sistem kebut semalam

Banyak siswa yang berpendapat bahwa Sistem Kebut Semalam atau SKS adalah sistem yang sangat efektif untuk belajar satu malam. Ya, memang sistem ini efektif untuk satu dua hari, namun setelahnya, kamu akan melupakan mata pelajaran atau bidang studiyang sudah kamu pelajari. Selain itu, kamu akan dipaksa untuk begadang satu malam penuh demi belajar untuk ujian esok harinya. Meskipun efektif, namun badanmu tidak akan kuat kalau harus dipaksa seminggu penuh melakukan SKS. Bukannya malah lulus ujian, tapi malah sakit. Tidak enak kan?

 

5. Bertanya kepada guru jika masih belum paham

Bertanya kepada guru bukan suatu hal yang salah kok! Daripada nanti di kost Jakarta murah kamu kebingungan belajarnya bagaimana, lebih baik kamu bertanya kepada guru terlebih dahulu mengenai materi yang tidak kamu pahami. Tentunya, hal ini harus kamu lakukan bila gurumu sedang memiliki waktu untukmu, jangan sampai kamu mendadak masuk ke ruang guru hanya untuk bertanya mata pelajaran atau bidang studiyang kamu tidak pahami. Bisa-bisa kamu dilirik sama satu ruang guru karena hal itu tidak sopan.

 

6. Membuat kelompok belajar

Kadang kala atau bahkan sering terjadi rasa malas datang menghantui di saat kamu akan mulai belajar, dan biasanya hal ini akan berujung membuat kamu tidak belajar sama sekali. Untuk mengatasi hal ini, mungkin kamu harus membuat kelompok belajar. Dengan belajar secara berkelompok bersama teman-teman dekat secara tidak langsung akan memotivasi kamu supaya tetap semangat belajar. Dan untungnya lagi, belajar secara berkelompok dapat membuat kamu lebih mudah memahami materi yang sebelumnya belum kamu mengerti. Jadi, tak ada salahnya bukan membuat kelompok belajar?

 

7. Jaga kesehatan

Faktor penting penunjang ujian adalah badan yang sehat. Meskipun kamu sudah memahami materi yang akan diujiankan dengan baik, jika tubuh kamu tidak sehat maka semuanya akan terasa sia-sia. Seluruh materi yang kamu pelajari sebelumnya secara tidak langsung tidak dapat kamu serap secara maksimal. Oleh karena itu jangan lupa sarapan atau makan siang dan konsumsi buah-buahan sebelum kamu akan menghadapi ujian. Jika memungkinkan, konsumsi vitamin C yang cukup untuk menjaga daya tahan tubuh.

 

8. Persiapkan kartu ujian dan alat tulis

Ketika ujian berlangsung, kartu ujian adalah salah satu hal yang wajib dibawa. Kesalahan paling fatal adalah kartu ujian yang tertinggal bahkan sampai hilang. Karena jika kamu tidak membawa kartu ujian ketika akan menghadapi ujian maka kamu pun terancam tidak boleh masuk ruang ujian. Oleh karena itu, selipkan lembaran kecil ini di tempat yang aman dan selalu dibawa seperti di dompet misalnya. Jangan lupa juga untuk kembali memeriksa kelengkapan alat tulis sebelum memulai ujian. Jika kamu tidak memiliki alat tulis, maka kamu pun masih bisa membeli terlebih dahulu atau meminjam kepada orang lain sebelum menghadapi ujian.

 

9. Jangan lupa berdoa

Yang terakhir ini merupakan hal terpenting dari PAS dan Tips Menghadapinya, karena salah satu kunci untuk dapat lulus ujian akhir semester adalah dengan berdoa, usaha, ikhtiar, dan tawakal. Ketika usaha terbaik sudah dilakukan, do’a berdiri di atas segalanya. Agar usaha dimudahkan dan ujian dilancarkan. Tapi bukan berarti lebih banyak meminta daripada berusaha. Kedua hal ini harus tetap berjalan seimbang.

 

Nah, sekian ulasan yang bisa Mamikos berikan seputar pengertian PAS dan tips menghadapinya. Bagaimana apakah sejauh ini kalian sudah memahami apa itu PAS dan cara menghadapinya? Semoga ulasan yang tersebut berikan ini dapat membantu kamu ya! Selamat belajar.

 

Berikut ini Latihan Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Kelas 9 SMP – MTS Semester 1 (Ganjil) Tahun 2020/2021 dan Pembahasan (Kunci Jawaban), untuk semua mata pelajaran wajib yang diajarakan di SMP/MTS.


A. Link Kumpulan Soal PAS atau UAS kelas 9 Semester 1/Ganjil Kurikulum 2013 (K13 - Kurtilas)

Bagi  Adik-adik yang berminat memiliki dan mempelajari contoh Soal PAS atau UAS SMP/MTS kelas 9 Semester 1/Ganjil Kurikulum 2013 (K13-Kurtilas) silahkan unduh Arsip / Bank Soal UAS / PAS SMP Kelas 9 Semester 1 (gasal/ganjil) Kurikulum 2013 (Kurtilas) melalui tautan dibawah ini.

Soal dan Kunci Jawaban UAS / PAS  Bahasa Indonesia SMP Kelas 9 Semester Ganjil Kurikulum 2013 (K13-Kurtilas) --disini--
Soal dan Kunci Jawaban UAS / PAS  IPA SMP Kelas 9 Semester Ganjil Kurikulum 2013 (K13-Kurtilas) ----disini----
Soal dan Kunci Jawaban UAS / PAS  IPS SMP Kelas 9 Semester Ganjil Kurikulum 2013 (K13-Kurtilas)---disini----
Soal dan Kunci Jawaban UAS / PAS  Matematika SMP Kelas 9 Semester Ganjil Kurikulum 2013 (K13-Kurtilas) ----disini----
Soal dan Kunci Jawaban UAS / PAS  PAI SMP Kelas 9 Semester Ganjil Kurikulum 2013 (K13-Kurtilas)----disini-----
Soal dan Kunci Jawaban UAS / PAS  PKn SMP Kelas 9 Semester Ganjil Kurikulum 2013 (K13-Kurtilas)----disini----
Soal dan Kunci Jawaban UAS / PAS  Prakarya SMP Kelas 9 Semester Ganjil Kurikulum 2013 (K13-Kurtilas) ----disini-----
Soal dan Kunci Jawaban UAS / PAS  Bahasa Inggris SMP Kelas 9 Semester Ganjil Kurikulum 2013 (K13-Kurtilas) ----disini---
Soal dan Kunci Jawaban UAS / PAS  Seni Budaya SMP Kelas 9 Semester Ganjil Kurikulum 2013 (K13-Kurtilas) ----dsini----
Soal dan Kunci Jawaban UAS / PAS  Penjaskes SMP Kelas 9 Semester Ganjil Kurikulum 2013 (K13-Kurtilas) ----disini----

Demikian info Link download Kumpulan Soal UAS / PAS SMP/MTS kelas 9 Semester 1 (Ganjil)  Kurikulum 2013 dan Kurikulum 2006 (KTSP). Semoga Kumpulan Latihan Soal dan Pembahasan Soal UAS atau PAS kelas 9 Semester 1 Tahun 2020 tahun pelajaran 2020/2021ini dapat membantu adik yang akan belajar


B. Kumpulan Soal PAS atau UAS kelas 9 Semester 1/Ganjil Kurikulum 2006  KTSP

Bagi  Adik-adik yang berminat memiliki dan  mempelajari beberapa contoh Soal PAS atau UAS SMP/MTS kelas 9 Semester 1/Ganjil Kurikulum 2006  KTSP, silahkan Unduh Arsip Soal PAS/UAS SMP Kelas 9 Semester 1 (Gasal/ganjil) Kurikulum 2006 melalui tautan dibawah ini.

Soal UAS / PAS  Bahasa Inggris SMP Kelas 9 Semester Ganjil (disini)
Soal UAS / PAS  Bahasa Indonesia SMP Kelas 9 Semester Ganjil (disini)
Soal UAS / PAS  IPA SMP Kelas 9 Semester Ganjil (disini)
Soal UAS / PAS  IPS SMP Kelas 9 Semester Ganjil (disini)
Soal UAS / PAS  Matematika SMP Kelas 9 Semester Ganjil (disini)
Soal UAS / PAS  PAI SMP Kelas 9 Semester Ganjil (disini)
Soal UAS / PAS  PKn SMP Kelas 9 Semester Ganjil (disini)
Soal UAS / PAS  Penjaskes SMP Kelas 9 Semester Ganjil (disini)
Soal UAS / PAS  Seni Budaya SMP Kelas 9 Semester Ganjil (disini)
Soal UAS / PAS  TIK SMPKelas 9 Semester Ganjil (disini)

Kunci Jawaban Bahasa Inggris SMP Kelas 9 Semester Ganjil (disini)
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia SMP Kelas 9 Semester Ganjil (disini)
Kunci Jawaban IPA SMP Kelas 9 Semester Ganjil (disini)
Kunci Jawaban IPS SMP Kelas 9 Semester Ganjil (disini)
Kunci Jawaban Matematika SMP Kelas 9 Semester Ganjil (disini)
Kunci Jawaban PAI SMP Kelas 9 Semester Ganjil (disini)
Kunci Jawaban PKn SMP Kelas 9 Semester Ganjil (disini)
Kunci Jawaban Penjaskes SMP Kelas 9 Semester Ganjil (disini)
Kunci Jawaban Seni Budaya SMP Kelas 9 Semester Ganjil (disini)
Kunci Jawaban TIK SMP Kelas 9 Semester Ganjil (disini)


Demikian informasi tentang ini Latihan Soal PAS Kelas 9 SMP – MTS  Semester 1 (Ganjil) Tahun Pelajaran 2020/2021 dan Pembahasan (Kunci Jawaban). Semoga ada manfaatnya. Terima kasih.





= Baca Juga =



11 comments:

  1. Soal-soalnya sangat bagus untuk digunakan sebagai sarana latihan bagi peserta didik kami, terima kasih banyak.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih pak telah berbagi info yang menarik dan sangat kami butuhkan.

    ReplyDelete
  3. Terima kasih pak telah berbagi info yang menarik dan sangat kami butuhkan.

    ReplyDelete
  4. Extraordinary. This ainamulyana.com website has the advantage of being easily accessible. The website can be accessed quickly. Also this website is very useful.

    ReplyDelete
  5. Terima kasih banyak informasinya sangat bermanfaat. Jazakallahu Khairan Katsiran

    ReplyDelete
  6. Terima kasih banyak informasinya sangat bermanfaat. Jazakallahu Khairan Katsiran

    ReplyDelete
  7. It's no surprise that this blog is amazing. Thank you for sharing that has helped many teachers and students as well as the general public.

    ReplyDelete
  8. Terima kasih banyak, postingnya sangat membantu

    ReplyDelete
  9. Terima kasih banyak, postingnya sangat membantu

    ReplyDelete
  10. Terima kasih posting sangat menginspirasi, luar biasa dan banyak manfaatnya.

    ReplyDelete
  11. Terima kasih posting sangat menginspirasi, luar biasa dan banyak manfaatnya.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.