Juknis Pedoman FLS2N SMA SMK Tahun 2024

Juknis Pedoman FLS2N SMA SMK Tahun 2024


Juknis Pedoman FLS2N SMA SMK Tahun 2024. Ajang FLS2N SMA SMK Sederajat diselenggarakan secara bertingkat dari tingkat daerah hingga tingkat nasional, untuk menjaring peserta terbaik dari 38 provinsi. Mekanisme bertingkat tersebut merupakan salah satu cara untuk memberikan kesempatan yang sama dan adil bagi peserta didik di seluruh Indonesia untuk berprestasi dan menjadi bibit-bibit talenta potensial di bidang seni budaya.

 

Penyelenggaraan FLS2N SMA sebagai salah satu upaya untuk mengembangkan jiwa seni peserta didik serta menumbuhkan rasa cinta terhadap seni sehingga akan memberikan inspirasi mereka untuk melestarikan kesenian Indonesia dan perlindungan terhadap kekayaan budaya bangsa. FLS2N SMA menggali potensi peserta didik SMA di bidang seni budaya dan memberi dorongan sehingga timbul motivasi yang kuat untuk beraktualisasi diri dan berkompetisi secara sehat dalam mencapai puncak prestasi sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik SMA. Selain itu diharapkan agar peserta didik dapat mengembangkan ide-ide dan kreativitasnya di bidang seni serta karya-karya nyata yang diminati oleh peserta didik sejak dini sampai kelak dewasa, sehingga rasa percaya diri terhadap kemampuan yang dimiliki semakin besar.

 

Juknis Pedoman FLS2N (Festival Lomba Seni Siswa Nasional) SMA SMK Tahun 2024 ini disusun untuk memberikan informasi dan gambaran berbagai aspek penyelenggaraan ajang FLS2N SMA SMK Sederajat kepada para peserta, pendamping, pembina, juri, dan para pemangku kepentingan lainnya. Diharapkan dengan pedoman ini penyelenggaraan FLS2N SMA SMK Sederajat dapat berjalan dengan baik dan lancar.

 

Pada tahun 2024, FLS2N SMA SMK sederajat diselenggarakan secara tatap muka pada delapan cabang kesenian yang dilombakan secara berjenjang, mulai dari seleksi tingkat provinsi hingga tingkat nasional. Diharapkan setiap provinsi melakukan seleksi dengan meningkatkan kompleksitas materi lomba untuk memperoleh peserta FLS2N SMA yang akan berlaga di tingkat nasional dengan kualitas karya yang semakin luar biasa dan membanggakan.

 

Tujuan penyelenggaraaan FLS2N SMA SMK SMK Tahun 2024 adalah: 1) Memberikan pengalaman berkompetisi untuk mencapai sumber daya manusia yang unggul di bidang seni; 2) Menumbuhkembangkan etos berkesenian untuk mencapai prestasi yang tinggi dikancah Internasional; 3) Meningkatkan kreativitas peserta didik dalam bidang seni yang berakar pada budaya bangsa; 4) Membangun persahabatan dan karakter peserta didik yang toleran terhadap keberagaman; 5) Mempererat persatuan dan kesatuan peserta didik seluruh Indonesia.

 

Hasil yang diharapkan dari penyelenggaraaan FLS2N SMA SMK SMK Tahun 2024 adalah 1) Tersedianya wadah bagi peserta didik sekolah dasar untuk berkreasi dibidang seni; 2) Meningkatnya ekspresi seni sesuai dengan norma budi pekerti dan karakter yang berbasis budaya bangsa; 3) Meningkatnya kreativitas dan motivasi untuk mengekspresikan diri melalui kegiatan sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuan pada bidang seni; 4) Tumbuhnya sikap sportivitas dan kompetitif peserta didik SMA SMK; 5) Memberikan pengalaman bagi peserta didik untuk memahami makna keberagaman dan perbedaan, khususnya dalam hal seni budaya sebagai kekayaan dan kekuatan bangsa.

 

Berdasarkan Juknis Pedoman FLS2N SMA SMK Tahun 2024, Tema dan Tagar FLS2N tahun 2024 adalah “MERDEKA BERPRESTASI, TALENTA SENI MENGINSPIRASI” Tema ini bermakna harapan agar peserta didik memiliki kesempatan untuk berprestasi dan menggali potensi di bidang Seni dengan tagar #merdekaberprestasitalentasenimenginspirasi#

 

Apa saja persyaratan pendaftaran FLS2N SMA dan SMK ? Berdasarkan Juknis Pedoman FLS2N SMA Tahun 2024, Persyaratan Peserta FLS2N SMA tahun 2024 adalah sebagai berikut:

1. Peserta Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional Peserta Didik Sekolah Menengah Atas (FLS2N SMA/sederajat) Tahun 2024 adalah peserta didik sekolah Menengah Atas yang tercatat sebagai peserta didik SMA/sederajat dan peserta didik dari perwakilan Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN).

2. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang valid.

3. Peserta didik tersinkronisasi pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dan PD Data.

4. 1 (satu) Sekolah dapat mendaftarkan maksimal 2 (dua) orang peserta atau tim, pada cabang lomba yang sama.

5. Peserta belum pernah menjadi juara I, II, dan III FLS2N SMA di tingkat Nasional pada cabang lomba dan jenjang yang sama.

6. Kriteria usia peserta FLS2N SMA Tahun 2024 saat melaksanakan registrasi, merupakan Peserta Didik lahir setelah tanggal 1 Januari tahun 2009;

7. Operator sekolah peserta melakukan registrasi atau pendaftaran peserta pada tanggal 16 Februari s.d. 31 Maret 2024.

 

Sedangkan berdasarkan Juknis Pedoman FLS2N SMK Tahun 2024, Persyaratan Peserta FLS2N SMK Tahun 2024 adalah:

1. Peserta Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional Peserta Didik Sekolah Menengah Kejuruan (FLS2N SMK ) Tahun 2024 adalah peserta didik sekolah Menengah Kejuruan yang tercatat sebagai peserta didik SMK dan peserta didik dari perwakilan Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN).

2. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang valid.

3. Peserta didik tersinkronisasi pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dan PD Data.

4. 1 (satu) Sekolah dapat mendaftarkan maksimal 2 (dua) orang peserta atau tim, pada cabang lomba yang sama.

5. Peserta belum pernah menjadi juara I, II, dan III FLS2N SMK di tingkat Nasional pada cabang lomba dan jenjang yang sama.

6. Kriteria usia peserta FLS2N SMK Tahun 2024 saat melaksanakan registrasi, merupakan Peserta Didik lahir setelah tanggal 1 Januari tahun 2009;

7. Operator sekolah peserta melakukan registrasi atau pendaftaran peserta pada tanggal 16 Februari s.d. 31 Maret 2024.

 

Adapun Jadwal FLS2N SMA maupun SMK berdasarkan Juknis Pedoman FLS2N SMA Tahun 2024 maupun Juknis Pedoman FLS2N SMK Tahun 2024, pada prinsipnya hampir sama yakni

1. Sosialisasi FLS2N tanggal 14 s.d. 16 Februari 2024

2. Pendaftaran Peserta FLS2N tanggal 16 Februari s.d. 31 Maret 2024

3. Proses Seleksi tingkat Kabupaten/Kota Maret s.d. April 2024

4. Seleksi di tingkat Provinsi Mei s.d. Juni 2024

5. Penyampaian hasil karya tanggal peserta terbaik seleksi tingkat Provinsi ke BPTI tanggal 20 Juli 2024

6. Tahap Semifinal Tingkat Nasional (Daring) tanggal 5 s.d. 9 Agustus 2024

7. Tahap Final FLS2N SMA SMK Tingkat Nasional (Luring) tanggal 17 s.d. 23 September 2024

 

Selengkapnya silahkan download dan baca Juknis Pedoman FLS2N SMA Tahun 2024 dan Juknis Pedoman FLS2N SMK Tahun 2024, melalui link yang tersedia di bawah ini.

 

Link download Pedoman FLS2N SMA SMA Tahun 2024 (disini)

 

Link download Pedoman FLS2N SMA SMK Tahun 2024 (disini)

 

Demikian informasi tentang Juknis Pedoman FLS2N SMA Tahun 2024 dan Juknis Pedoman FLS2N SMK Tahun 2024. Semoga ada manfaatnya. Selamat mempersiapkan diri, belajar dan berlatih hinggai mencapai prestasi yang membanggakan.


= Baca Juga =


No comments

Theme images by ainamulyana. Powered by Blogger.