PENGERTIAN DAN CARA MENYUSUN ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN

Cara menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) serta Contoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)


Konsep atau Pengertian Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan Bagaimana cara menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) serta Contoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) pada Kurikulum Sekolah Penggerak. Sebagaimana diketahui dalam Kurikulum Sekolah Penggerak, CapaianPembelajaran ditetapkan oleh Pemerintah dan disusun dalam fase-fase. Secara umum, ada 2 langkah besar dalam mengembangkan Capaian Pembelajaran atau penyusunan perangkat ajar untuk suatu mata pelajaran, yakni Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran dan Pengembangan Modul Ajar.

 

Lalu apa yang dimaksud alur pembelajaran ? Alur Pembelajaran adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang disusun secaral ogis menurut urutan pembelajaran sejak awal hingga akhir suatu fase. Alur ini disusun secara linear sebagaimana urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dari hari kehari. Sedangkan yang dimaksud Modul Ajar sama seperti halnya RPP, namun dilengkapi dengan berbagai materi pembelajaran, lembar aktivitas siswa, dan asesmen untuk mengecek apakah tujuan pembelajaran dicapai siswa. Perangkat ajar kurikulum Sekolah penggerak berupa Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan Modul Ajar ini diharapkan membantu guru mengajar menggunakan metode terdiferensiasi.

 

Apa Konsep atau Pengertian Alur Tujuan Pembelajaran dan Bagaimana menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). Alur Pembelajaran (AP)adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang tersusun secara sistematis dan logis di dalam fase secara utuh dan menurut urutan pembelajaran sejak awal hingga akhir suatu fase. Alur ini disusun secara linear sebagaimana urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dari hari ke hari untuk mengukur CP (Capaian Pembelajaran). Sebagaimana telah dijelaskan pada posting sebelumnya Capaian Pembelajaran (CP) adalah kompetensi yang diharapkan dapat dicapai oleh siswa di akhir fase. CP terdiri dari 6 fase (A-F) atau tahapan yang meliputi seluruh jenjang pendidikan dasar dan menengah (SD, SMP, SMA). Fase tersebut adalah: Fase A (kelas 1 –2), Fase B (kelas 3 –4), Fase C (kelas 5-6), Fase D (kelas 7-9), Fase E (kelas 10), dan Fase F (kelas 11 –12).

 

Bagaimana menyusun AlurTujuan Pembelajaran (ATP)? Alur Pembelajaran disusun untuk menjadi rangkaian tujuan pembelajaran sejak awal hingga akhir setiap fase dari suatu Capaian Pembelajaran. Alur ini menjadi panduan guru dan siswa untuk mencapai CP (Capaian Pembelajaran) di akhir fase tersebut. Dalam penyusunan tujuan pembelajaran harus disusun secara kronologis berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu.

 

Guru berhak untuk menyusun alur pembelajaran masing-masing, yang terdiri dari rangkaian tujuan pembelajaran. Pemerintah menyediakan beberapa set alur untuk digunakan sebagai contoh pengembangan kurikulum yang siap digunakan satuan pendidikan, dan panduan untuk penyusunan perangkat ajar.

 

Alur tujuan pembelajaran harus mencakup kompetensi, konten dan variasi. Adapun yang dimaksud kompetensi adalah kemampuan yang dapat didemontrasikan atau dikuasi oleh peserta didik. Konten adalah materi atau konsep utama yang perlu dipahami peserta didik di akhir satu unit pembelajaran. Sedangkan yang dimaksud variasi adalah keterampilan berpikir yang perlu dikuasai siswa untuk dapat mencapai tujuan pembelajaran.

 

Berikut ini Contoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) pada pelajaran Bahasa Indonesia Fase E kelas 10.

 

Capaian Pembelajaran(CP) :

Pelajar memahami ide pokok dan ide perinci serta mengenali akurasi informasi dalam paparan lisan, menjelaskannya kembali, menganalisisnya, serta menyampaikan pendapatnya menggunakan pengetahuan yang diperolehnya dari informasi yang dapat dipertanggungjawabkan. Pelajar juga membaca dengan fasih dan memahami kata-kata baru dalam konteks yang spesifik, serta mengenali akurasi informasi dalam bacaan. Pelajar menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan Pengetahuan yang diperolehnya dari bacaan lain. Pelajar menulis riset sederhana terkait topik yang dikenali menggunakan rujukan yang dapat dipertanggungjawabkan dan metodologi sederhana.

 

Tujuan Pembelajaran 10.1:

Pelajar menemukan ide pokokdan ide perinci serta menjelaskan kembali isi / informasi dengan kata-kata sendiri setelah menyimak diskusi dan paparan lisan orang lain terkait dengan topik yang dikenali.

 

Tujuan Pembelajaran 10.2:

Pelajar mengidentifikasi dan menjelaskan arti kata-kata jarang muncul (low-frequency words) dan kata-kata baru dalam bacaan, serta menggunakan kata-kata tersebut dalam konteks yang spesifik yang dikenali

 

Tujuan Pembelajaran 10.3:

Pelajar menerapkan norma kesopanan (sikap), dan menggunakan kata-kata / diksi sesuai konteks budaya dan konteks bahasa lisan, serta menghargai penjelasan lawan bicara pada saat berdialog atau berdiskusi untuk menyelesaikan masalah secara bersama-sama.

 

Tujuan Pembelajaran 10.4:

...........................DST


Baca Juga: Prinsip dan Prosedur Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Pada Kurikulum Sekolah Penggerak


Demikian informasi tentang Konsep atau Pengertian Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan cara menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) serta Contoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) pada Kurikulum Sekolah Penggerak. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.




= Baca Juga =



No comments

Powered by Blogger.