APLIKASI PKG GURU DAN PKKS TERBARU VERSI 2021-2022

Aplikasi PKG Guru dan Aplikasi PKKS Terbaru Versi 2021-2022


Aplikasi Penilaian Kinerja Guru (PKG Guru) dan Aplikasi PKKS Terbaru Versi 2021-2022. Dalam Permenpan RB Nomor 16 Tahun 2009 dinyatakan bahwa Penilaian Kinerja Guru adalah penilaian dari setiap butir kegiatan tugas utama guru dalam rangka pembinaan karir, kepangkatan, dan jabatannya. Penilaian ini dilakukan melalui pengamatan dan pemantauan.

 

Pelaksanaan tugas utama guru tentunya tidak dapat dipisahkan dari kemampuan seorang guru dalam penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik profesional. Hal tersebut merupakan wujud dari kompetensi yang dibutuhkan sebagaimana telah diatur dalam Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Penguasaan kompetensi guru sangat menentukan tercapainya kualitas proses pembelajaran atau pembimbingan peserta didik dan pelaksanaan tugas tambahan dan/atau tugas lain yang relevan sesuai dengan fungsi sekolah/madrasah.

 

Penilaian Kinerja Guru merupakan sistem penilaian yang dirancang untuk mengidentifikasi kemampuan guru dalam melaksanakan tugas utamanya melalui pengukuran terhadap penguasaan kompetensi yang ditunjukkan dalam unjuk kerjanya. Hasil pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru berfungsi (1) digunakan sebagai dasar pembuatan perencanaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) guru sebagai guru pembelajar; dan (2) digunakan untuk pemenuhan angka kredit guru dalam kenaikan pangkat dan jabatan.

 

Penilaian Kinerja Guru dilaksanakan dengan tujuan sebagai berikut: 1) Menilai kemampuan guru dalam menerapkan semua kompetensi yang diperlukan pada proses pembelajaran, pembimbingan, atau pelaksanaan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah. 2. Menjamin bahwa guru melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya secara profesional. 3) Menentukan persentase perolehan hasil penilaian kinerja untuk perhitungan angka kredit yang diperoleh guru atas kinerja pembelajaran, pembimbingan, atau pelaksanaan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah yang dilakukannya pada tahun berjalan. 4) Menjadi dasar untuk menyusun program pengembangan keprofesiannya sebagai guru pembelajar.

 

Komponen yang dinilai dalam Penilaian Kinerja Guru difokuskan pada penguasaan 4 (empat) kompetensi guru, yaitu: pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional yang dikaitkan dengan pelaksanaan tugas utama guru. Permendiknas Nomor 35 Tahun 2010 mengisyaratkan bahwa berdasarkan kekhususan karakteristik proses pembelajaran serta layanan pendidikan yang diberikan oleh guru dibagi atas tiga jenis, yakni guru mata pelajaran, guru kelas, dan guru bimbingan. Guru mata pelajaran meliputi guru mata pelajaran SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK. Guru Kelas terdiri atas guru kelas SD/MI. Guru pembimbing adalah guru bimbingan konseling. Penyempurnaan instrument Penilaian Kinerja Guru (PKG) ini merupakan tindak lanjut dari terbitnya beberapa peraturan yang mengatur tentang keberadaan Guru TIK, Guru Pendidikan Anak Usia Dini dan Guru Pendidikan khusus.

 

Tugas utama guru mata pelajaran/kelas mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran; tugas utama guru BK/Konselor mencakup perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, pelaporan dan tindak lanjut pembimbingan. Tugas utama guru TIK mencakup perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi layanan dan bimbingan TIK. Tugas utama guru Pendidikan Khusus (PK) adalah mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran pendidikan khusus. Sedangkan tugas utama guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah merencanakan, melaksanakan pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan, pelatihan, pengasuhan dan perlindungan. Selain pelaksanaan tugas utama, guru juga akan dinilai karakteristik profesionalnya yang lebih menekankan kepada penguasaan materi dan sikap profesionalnya, serta pelaksanaan tugas lain yang relevan dengan fungsi sekolah/ madarasah.

 

Aplikasi Penilaian Kinerja Guru (PKG Guru) dan Aplikasi PKKS Lengkap Terbaru Versi 2021-2022 menggunakan perangkat terbaru yang terdiri dari Aplikasi Penilaian Kinerja Guru (PKG) Guru Kelas dan Guru mata Pelajaran oleh Kepala Sekolah, Aplikasi Penilaian Kinerja Guru (PKG Guru) dengan tugas tambahan oleh Kepala Sekolah, Aplikasi Penilaian Kinerja Guru (PKG) Guru mata Pelajaran dan Guru Kelas oleh Guru Teman Sejawat, Aplikasi Penilaian Kinerja Guru (PKG) Guru mata Pelajaran dan Guru Kelas oleh Peserta Didik, dan Aplikasi Penilaian Kinerja Guru (PKG) Guru mata Pelajaran dan Guru Kelas oleh orang tua.

 

Selain itu dalam Aplikasi Penilaian Kinerja Guru (PKG Guru) dan PKKS Lengkap Terbaru Versi 2021-2022, juga diserta dengan Aplikasi Penilaian Kinerja Guru (PKG Guru) BK oleh Kepala Sekolah, Aplikasi Penilaian Kinerja Guru (PKG Guru) BK oleh Guru Teman Sejawat, Aplikasi Penilaian Kinerja Guru (PKG Guru) BK oleh Peserta Didik, dan Aplikasi Penilaian Kinerja Guru (PKG Guru) BK oleh orang tua.

 

Melengkapi Aplikasi Penilaian Kinerja Guru (PKG Guru) dan PKKS Lengkap Terbaru Versi 2021-2022, juga telah disertai  Aplikasi Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PPKS), Aplikasi Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PPKS) oleh Teman Sejawat, Aplikasi Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PPKS) oleh Peserta Didik, dan Aplikasi Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PPKS) oleh orang tua.

 

Link download Aplikasi PKG Guru Terbaru Versi 2021-2022 (disini)


Link Alternatif download Aplikasi PKG Guru Terbaru Versi 2021-2022 (disini)

 

Link Alternatif download Aplikasi Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) Terbaru (disini)


Demikian informasi tentang Aplikasi PKG Guru dan Aplikasi PKKS Terbaru Versi 2021-2022. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.




= Baca Juga =



65 comments:

  1. Terima kasih, semoga aplikasi PKG Guru ini bermanfaat untuk mempermudah pelaksanaan penilaian kinerja guru serta dalam mempersiapkan administrasi sekolah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih banyak pak, sangat membantu sekali, izin passwordnya pak, reza.bua@gmail.com

      Delete
  2. Terima Kasih Sudah Berbagi Pak sangat membantu

    ReplyDelete
  3. Terima kasih sudah berbagi pak sangat bermanfaat dan membantu teman2 guru/kepsek dalam melaksanakan penilaian kinerja guru

    ReplyDelete
  4. mohon penjelasan apa pengaruh jika masa perpanjangan akreditasi habis sekolah tidak mengajukan re akreditasi? Apakah nilainya tetap sama seperti hasil sebelumnya ataukah mengikuti aturan konversi nilai terbaru versi sispena 2021?

    ReplyDelete
  5. apakah re akreditasi wajib bagi sekolah yang masa perpanjangan akreditasinya habis?
    Jika tahun sebelumnya mendapat nilai 90: skala A Bagaimana pengaruhnya apabila tidak melakukan re akreditasi tahun 2021? tetep A atau B ? Mohon penjelasan. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekolah yang sudah menjadi sasaran akreditasi tetapi tidak mau mengisi DIA atau tidak bersedia divisitasi maka pringkat akreditasinya akan turun satu level. Klu sekolah yang belum diakreditasi dan masuk menjadi sasaran akreditasi tetapi tidak mau mengisi DIA atau tidak mau divisitasi maka akan dinyatakan Tidak Terakreditasi

      Delete
  6. terimakasih atas aplikasi ....boleh gak pasword nya ...maaf

    ReplyDelete
  7. Replies
    1. Password RAR: ainamulyana.blogspot.com
      Pasword Sher Excel: 123456789
      Untuk ektrak rar gunakan versi 5.1 ke atas

      Delete
  8. TERIMA KASIH BANTUANNYA APLIKASI SANGAT MEMBANTU... BISAKAH SAYA MENDAPAT PASWORDNYA...TERIMA KASIH

    ReplyDelete
  9. Aplikasi yang sangat membantu sekali ... terima kasih pak
    bisakah saya dapatkan paswordnya...nuwun sanget

    ReplyDelete
  10. Kalo boleh paswordnya pak , terima kasih

    ReplyDelete
  11. sdplus.permataihsan@gmail.com
    mohon izin min passwornya

    ReplyDelete
  12. apakah bisa memndapatkan passowrdnya
    ningsihrubiati@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Password RAR: ainamulyana.blogspot.com
      Pasword Sher Excel: 123456789
      Untuk ektrak rar gunakan versi 5.1 ke atas

      Delete
  13. ma.maarifbatu@gmail.com
    mohin passwordnya

    ReplyDelete
  14. maaf kalo bisa passwordnya
    sdn.muarasaritiga3@gmail.com

    ReplyDelete
  15. Replies
    1. Password RAR: ainamulyana.blogspot.com
      Pasword Sher Excel: 123456789
      Untuk ektrak rar gunakan versi 5.1 ke atas

      Delete
  16. alhamdulillah...terima kasih sudah mau berbagi, hanya belum bisa dibuka karena butuh password, monggo kami menunggu pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Password RAR: ainamulyana.blogspot.com
      Pasword Sher Excel: 123456789
      Untuk ektrak rar gunakan versi 5.1 ke atas

      Delete
  17. Maaf, klw boleh pasword ekstraknya
    nendikumariski@gmail.com

    ReplyDelete
  18. boleh mnt passwordnya pjj.k7smpn9@gmail.com

    ReplyDelete
  19. BOLEH MINTAH PASWORDNYA
    surahman1974husain@gmail.com
    terima kasih

    ReplyDelete
  20. BOLEH MINTAH PASWORDNYA
    surahman1977husain@gmail.com
    terima kasih

    ReplyDelete
  21. terima kasih infonya.... minta pw nya, ya.... ke hadori.8@gmail.com

    ReplyDelete
  22. Mhon pak dikrim pasword rara ke email hipni78@gmail.com

    ReplyDelete
  23. kalau boleh mohon kirim password ke email dewifatimah746@gmail.com
    termakasih pak

    ReplyDelete
  24. boleh minta password ke email hzainuddindin@gmail.com

    ReplyDelete
  25. Assalamualaikum pak, boleh minta passwordnya?
    email sy: ridmayar@gmail.com

    ReplyDelete
  26. Terima kasih, sangat bermanfaat, berkenan kirim passwornya ka: abikasep.ak@gmail.com

    ReplyDelete
  27. Salam Kenal dari Paluta-Sumut Mas, Izin minta Passwordnya boleh? klo boleh mas tolong kirim ke email : sdn101410batugana@gmail.com. Terimakasih.

    ReplyDelete
  28. pasword yang 123456789, kok gak bisa di pakai min,...mohon pencerahannya..n bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. di extract dulu sebelum merebubah atau menghapus password

      Delete
  29. kenapa ya pasword exelnya ngga mau yang 123456789

    ReplyDelete
  30. Maaf @Aina Mulyana, bisa minta passwordnya kah? ke email jewins888bisnisonline@gmail.com

    ReplyDelete
  31. Boleh minta paswordnya ke andissyam77@gmail.com

    ReplyDelete

  32. Apakah Anda perlu hack ke apa pun, mata-mata server database di Facebook, Email, Whatsapp, Viber, Snapchat, Instagram dan banyak lagi. Saya mendorong Anda untuk berhubungan dengan orang-orang terbaik untuk pekerjaan itu, saya telah mengkonfirmasi layanan ketika saya perlu memata-matai ponsel pasangan saya. Mereka pandai dalam Kloning Telepon dan penambangan Bitcoin/biner dan pekerjaan peretasan lainnya. Terima kasih teman-teman atas kerja tim ( cchacker0002@gmail.com )

    ReplyDelete
  33. Mohon petunjuk pak, untuk pengisian kehadiran nya di sebelah mana ya ?

    ReplyDelete
  34. Aplikasinya sangat membantu, mohon kirim paswordnya ke ini :

    sofwandarussalam@gmail.com

    Terimakasih

    ReplyDelete
  35. Terima kasih aplikasinya, sangat membantu, semoga berkah.

    ReplyDelete
  36. Terima kasih aplikasinya, izin donlod dan menggunakannya, Pak.

    ReplyDelete
  37. Terimakasih banyak atas informasinya kak, semoga menjadi pahala jariyah atas ilmu yang dibagikan kak

    ReplyDelete
  38. omg! this is awesome i just received $20,000 paypal hack transfer from ethicsrefinance@gmail.com today to pay my debts and restock my business am forever grateful to them , THEY ARE REAL !!!CONTACT: (Ethicsrefinance@gmail.com)
    WEBSITE:(WWW.Ethicsrefinance.com)

    ReplyDelete

Theme images by ainamulyana. Powered by Blogger.