Latihan Soal Tes PPPK Guru SD SMP SMA SMK Pdf dan Kunci Jawaban-Pembahasan Tahun 2022-2023

Latihan Soal Tes PPPK Guru SD SMP SMA SMK PDF Dan Kunci Jawaban-Pembahasan Tahun 2022-2023


Latihan Soal Tes PPPK Guru SD SMP SMA SMK PDF Dan Kunci Jawaban-Pembahasan Tahun 2022-2023. Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja yang selanjutnya disingkat PPPK adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu dalam rangka melaksanakan tugas pemerintahan. Jabatan fungsional guru yang selanjutnya disebut JF Guru adalah jabatan yang berisi fungsi dan tugas yang meliputi mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi Peserta Didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Seleksi PPPK untuk JF Guru adalah kegiatan untuk memenuhi kebutuhan guru pada taman kanak kanak, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, sekolah menengah kejuruan, dan sekolah luar biasa.

 

Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Berdasarkan perhitungan Dapodik bahwa kebutuhan guru di sekolah negeri, di luar guru yang berstatus PNS yang saat ini mengajar, mencapai satu juta guru. Jumlah guru PNS yang tersedia di sekolah negeri hanya 60 % (enam puluh persen) dari jumlah kebutuhan seharusnya. Hal ini menyebabkan kurangnya pelayanan yang optimal kepada peserta didik. Oleh karena hal tersebut, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) pada tahun 2022 - 2023 mempunyai kebijakan untuk melakukan pemenuhan guru melalui seleksi pengadaan PPPK untuk JF Guru. Pasal 7 Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja, menjelaskan bahwa Pengadaan calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)

merupakan kegiatan untuk memenuhi kebutuhan pada instansi Pemerintah. Pengadaan tersebut dilakukan melalui tahapan: perencanaan, pengumuman lowongan, pelamaran, seleksi, pengumuman hasil, dan pengangkatan menjadi PPPK.

 

Latihan Soal Tes PPPK Guru SD SMP SMA SMK PDF Dan Kunci Jawaban-Pembahasan Tahun 2022-2023. Seleksi PPPK untuk JF Guru dilakukan berdasarkan prinsip sebagai berikut. 1) Kompetitif, dalam arti semua pelamar bersaing secara sehat dan penentuan hasil didasarkan pada ambang batas kelulusan (passing grade) yang telah ditetapkan dan/atau nilai tertinggi dari pelamar. 2) Adil, dalam arti proses pelaksanaan tidak memihak dan sama rata, tidak ada yang lebih dan tidak ada yang kurang, tidak ada pilih kasih. 3) Objektif, dalam arti dalam proses pendaftaran, dan penentuan kelulusan didasarkan pada persyaratan dan hasil seleksi (seleksi sesuai keadaan yang sesungguhnya). 4) Transparan, dalam arti proses pelamaran, pendaftaran, pelaksanaan seleksi, pengolahan hasil seleksi serta pengumuman hasil kelulusan dilaksanakan secara terbuka. 5) Bersih dari praktik Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN), dalam arti seluruh proses seleksi PPPK untuk JF Guru harus terhindar dari unsur korupsi, kolusi, dan nepotisme. 6) Tidak dipungut biaya, dalam arti pelamar tidak dibebankan biaya apapun dalam proses Seleksi PPPK untuk JF Guru yang meliputi pengumuman, pelamaran, pemberkasan, dan pengangkatan menjadi Guru PPPK.

 

Sebelum Anda mengetahui Latihan Soal Tes PPPK Guru SD SMP SMA SMK PDF Dan Kunci Jawaban-Pembahasan Tahun 2022-2023, berikut ini informasi tentang Persyaratan Pelamar ASN PPPK Guru, yakni 1) Persyaratan Umum, yakni warga Negara Indonesia; Usia paling rendah 20 (dua puluh) tahun dan paling tinggi 59 (lima puluh sembilan) tahun pada saat pendaftaran; Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih; Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil, PPPK, Prajurit Tentara Nasional Indonesia, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta; Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis; dan Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar. 2. Persyaratan khusus, yakni a) Pelamar yang dapat melamar sebagai PPPK JF guru yaitu: 1) THK-II sesuai database Tenaga Honorer Eks K-II Badan Kepegawaian Negara (BKN). 2) Guru non-ASN yang mengajar di satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh instansi daerah dan terdaftar sebagai guru di Dapodik Kemdikbudristek. 3) Guru swasta yang mengajar di satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat dan terdaftar sebagai guru di Dapodik Kemdikbudristek. 4) Lulusan Pendidikan Profesi Guru yang belum menjadi guru dan terdaftar di database Lulusan Pendidikan Profesi Guru Kemdikbudristek; b) Memiliki sertifikat pendidik dan/atau kualifikasi pendidikan dengan jenjang paling rendah S-1 (Strata-Satu) atau D-4 (Diploma empat) berdasarkan Surat Edaran Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Nomor 1460/B.B1/GT.02.01/2021 tentang Kualifikasi Akademik dan Sertifikat Pendidik dalam Pendaftaran Pengadaan Guru PPPK tahun 2022 - 2023 tanggal 15 Maret 2021; c) Persyaratan bagi penyandang disabilitas, yakni melampirkan surat keterangan dari dokter Rumah Sakit Pemerintah/Puskesmas yang menerangkan jenis dan derajat kedisabilitasannya; dan melampirkan tautan/link video singkat yang menunjukkan kegiatan sehari-hari pelamar dalam menjalankan tugas sebagai pendidik.

 

Berikut ini berkasi yang harus disiapkan apabila seseorang bermaksud mengikuti seleksi PPPK Guru, yakni: a) KTP elektronik (e-KTP) asli atau asli surat keterangan telah melakukan perekaman kependudukan yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), b) pasfoto dengan latar belakang merah c) ijazah asli, berukuran maksimal 800 kb; 1) Ijazah asli sesuai dengan jabatan yang dilamar bagi lulusan dalam negeri. 2) Surat penyetaraan ijazah asli dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemdikbudristek (dulu bernama Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemenristekdikti) bagi lulusan Perguruan Tinggi luar negeri jenjang D-IV/S-1); d) Sertifikat pendidik asli; e) Bagi penyandang disabilitas: 1) Melampirkan Surat keterangan asli dari dokter Rumah Sakit Pemerintah/Puskesmas khusus, yang menerangkan tentang jenis dan/atau tingkat disabilitas yang dialami; 2) Melampirkan link video singkat yang menunjukkan kegiatan sehari-hari pelamar dalam menjalankan tugas sebagai pendidik bagi penyandang disabilitas.

 

Berikut ini link download Latihan Soal Tes PPPK Guru SD SMP SMA SMK PDF Dan Kunci Jawaban-Pembahasan Tahun 2022-2023

 

Kumpulan Soal Tes Seleksi PPPK Guru SD tahun 2022 - 2023

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Kelas SD Soal Pedagogik tahun 2022 - 2023 (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Penjas - PJOK SD tahun 2022 - 2023 (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Pedagogik SD tahun 2022 - 2023 (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Kelas SD Materi Bahasa Indonesia tahun 2022 - 2023 (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Kelas SD Materi Matematika tahun 2022 - 2023 (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Kelas SD Materi IPA tahun 2022 - 2023 (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Kelas SD Materi PPKn tahun 2022 - 2023 (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Kelas SD Materi IPS tahun 2022 - 2023 (disini)

Latihan Soal Tes Bakat Skolastik (Penalaran) Seleksi PPPK Guru TK SD SMP SMA SMK (disini)

Latihan Soal Tes Kompetensi Manajerial dan Sosio Kultural Seleksi PPPK Guru TK SD SMP SMA SMK (disini)



Berikut ini link download Kumpulan Soal Tes Seleksi PPPK Guru SMP tahun 2022 - 2023

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Soal Pedagogik Guru SMP tahun 2022 - 2023 (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru PPKn SMP tahun 2022 - 2023 (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Bahasa Indonesia SMP tahun 2022 - 2023 (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Bahasa Inggris SMP tahun 2022 - 2023 (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Matematika SMP tahun 2022 - 2023 (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru IPA SMP tahun 2022 - 2023 (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Seni Budaya SMP tahun 2022 - 2023 (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru IPS SMP tahun 2022 - 2023 (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Penjas - PJOK SMP tahun 2022 - 2023 (disini)

Latihan Soal Tes Bakat Skolastik (Penalaran) Seleksi PPPK Guru TK SD SMP SMA SMK (disini)

Latihan Soal Tes Kompetensi Manajerial dan Sosio Kultural Seleksi PPPK Guru TK SD SMP SMA SMK (disini)



Berikut ini link download Kumpulan Soal Tes Seleksi PPPK Guru SMA tahun 2022 - 2023

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru SMA Materi Soal Pedagogik tahun 2022 - 2023 (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru PPKn SMA SMK tahun 2022 - 2023 (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Bahasa Indonesia SMA SMK tahun 2022 - 2023 (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Bahasa Inggris SMA SMK tahun 2022 - 2023 (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Matematika SMA SMK tahun 2022 - 2023 (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Biologi SMA SMK tahun 2022 - 2023 (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Kimia SMA SMK tahun 2022 - 2023 (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Fisika SMA SMK tahun 2022 - 2023 (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Seni Budaya SMA SMK tahun 2022 - 2023 (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Sejarah SMA SMK tahun 2022 - 2023 (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Geografi SMA SMK tahun 2022 - 2023 (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Ekonomi SMA SMK tahun 2022 - 2023 (disini)

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Penjas - SMA SMK tahun 2022 - 2023 (disini)

Latihan Soal Tes Bakat Skolastik (Penalaran) Seleksi PPPK Guru TK SD SMP SMA SMK (disini)

Latihan Soal Tes Kompetensi Manajerial dan Sosio Kultural Seleksi PPPK Guru TK SD SMP SMA SMK (disini)

 

Demikian informasi tentang Latihan Soal Tes PPPK Guru SD SMP SMA SMK PDF Dan Kunci Jawaban-Pembahasan Tahun 2022-2023. Semoga ada manfaatnya.



= Baca Juga =



No comments

Theme images by ainamulyana. Powered by Blogger.