PENDAFTARAN KIP KULIAH SUDAH DIBUKA, INI PERSYARATANNYA

Jadwal dan persyaratan pendaftaran KIP Kuliah Tahun 2022


ainamulyana.com Bagi Kamu siswa SMA/MA SMK kelas akhir atau yang sudah lulus, ada kabar baik. Saat ini KIP Kuliah Merdeka Tahun 2022 sudah dibuka! Pendaftaran Akun Siswa KIP-Kuliah dibuka mulai 02 Februari 2022 sampai dengan 31 Oktober 2022. Ayo manfaatkan program KIP Kuliah Merdeka untuk meraih cita-citamu. Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka memerlukan data Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Pastikan NISN, NPSN dan NIK dari calon peserta KIP Kuliah 2022 valid, sesuai data yang tercatat di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dan EMIS.


KIP-Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi. Berbeda dari beasiswa yang berfokus pada memberikan penghargaan atau dukungan dana terhadap mereka yang berprestasi (lihat penjelasan Pasal 76 UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi). Syarat prestasi pada KIP Kuliah ditujukan untuk menjamin bahwa penerima KIP Kuliah terseleksi dari yang benar benar mempunyai potensi dan kemauan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi. Berikut ini keuntungan untuk mendaftar KIP-Kuliah, yakni Pendaftaran KIP-Kuliah tidak dikenakan biaya, Bebas biaya pendidikan yang dibayarkan kepada perguruan tinggi, dan Subsidi biaya hidup sebesar Rp700.000 / bulan yang disesuaikan dengan pertimbangan biaya hidup di masing masing wilayah.

 

Jika Kamu para siswa SMA MA SMK ingin mendapatkan KIP, berikut ini persyaratan untuk mendaftar Program KIP Kuliah Tahun 2022 adalah yakni sebagai berikut: 1) Penerima KIP-Kuliah adalah siswa SMA atau sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau lulus 2 (dua) tahun sebelumnya; 2) memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah; 3) lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada Prodi dengan Akreditasi A atau B, dan dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C; 4) Keterbatasan ekonomi calon penerima KIP Kuliah dibuktikan dengan: kepemilikan program bantuan pendidikan nasional dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar (KIP); atau berasal dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH); atau pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), atau mahasiswa dari panti sosial/panti asuhan, atau mahasiswa dari keluarga yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.


Jika calon penerima tidak memenuhi salah satu dari 5 kriteria di atas, maka dapat tetap mendaftar untuk mendapatkan KIP Kuliah asalkan memenuhi persyaratan tidak mampu secara ekonomi sesuai dengan ketentuan, yang dibuktikan dengan pendapatan kotor gabungan orang tua/wali paling banyak Rp 4.000.000,00 (empat juta rupiah) setiap bulan atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga paling banyak Rp750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).


Jika Kamu memenuhi syarat di atas dan ingin melanjutkan kuliah ayo daftar KIP Kuliah melalui laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/siswa/auth/login jika belum punya Akun silahkan Daftar Baru. Sekali lagi pendaftar sudah di buka sejak tanggal 02 Februari 2022 sampai dengan 31 Oktober 2022. Ingat KIP Kuliah tidak hanya ditujukan untuk Kamu yang akan kuliah di Perguruan Tinggi Negeri saja, tetapi kuliah di Perguruan Tinggi Swasta yang ada di daerahmu juga bisa dapat bantuan kuliah dengan KIP Kuliah. Nggak percaya silahkan cek daftar pergruan tinggi yang menerima mahasiswa program KIP kuliah di https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/#profil Setelah Kamu daftar KIP Kuliah silahkan mendaptar di PTN/PTS yang kamu sukai. Adapun pengumuman apakah Kamu berhak mendapatkan KIP Kuliah akan disampaikan Setelah Kamu mendaftar ulang sebagai mahasiswa di PT terkait. Setelah mendaftar ulang, Kamu akan diverifikasi kelayakan sebagai penerima KIP-Kuliah.


Sebagai informasi berikut ini Jadwal lengkap Pendaftaran KIP kuliah dan Jadwal Pendaftaran Mahasiswa Baru tahun 2022 sebagai berikut: 1) Jadwal Pendaftaran Akun Siswa KIP-Kuliah tanggal 02 Februari 2022 sampai dengan 31 Oktober 2022; 2) Jadwal Pendaftaran SNMPN 07 Februari 2022 sampai dengan tanggal 17 Maret 2022; 3) Jadwal Pendaftaran SNMPTN tanggal 13 Februari 2022 sampai dengan 27 Februari 2022; 4) Jadwal Pendaftaran UTBK-SBMPTN tanggal 22 Maret 2022 sampai dengan tanggal 14 April 2022; 5) Jadwal pendaftaran SBMPN tanggal 05 April 2022 sampai dengan 29 Juni 2022; 6) Jadwal Seleksi Mandiri PTN tanggal 01 Juni 2022 sampai dengan 07 Oktober 2022; dan Jadwal Seleksi Mandiri PTS tanggal 08 Juni 2022 sampai dengan 31 Oktober 2022.


Demikian berita tentang Jadwal Pendaftaran Akun Siswa KIP-Kuliah mulai tanggal 02 Februari 2022 sampai dengan 31 Oktober 2022.. Semoga ada manfaatnya. Daftarkan berita terbaru lainnya melalui laman ainamulyana.com



= Baca Juga =



1 comment:

  1. Terima kasih telah berbagai informasi yang menarik dan banyak dibutuhkan orang. Semoga Admin dan rekan-rekannya selalu diberikan kesehatan dan bekah dari Allah SWT.

    ReplyDelete

Theme images by Deejpilot. Powered by Blogger.