JADWAL PERSYARATAN DAN JUKNIS PROGRAM BEASISWA SANTRI BERPRESTASI TAHUN 2022

Jadwal Persyaratan dan Juknis Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi Tahun 2022


ainamulyana.com Jadwal Persyaratan dan Juknis Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi Tahun 2022. Lahirnya Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren mencatatkan sejarah baru pemberian rekognisi (pengakuan) negara terhadap Pesantren yang eksistensinya sudah ada selama berabad-abad silam, sebelum Tanah Air ini merdeka. Tak hanya rekognisi, UU Pesantren juga menjadi bagian dari afirmasi sekaligus fasilitasi kepada 36.648 Pesantren, 3.973.393 santri, dan tidak kurang dari 72.895 santri yang lulus pada tiap tahunnya. Keberadaan Pesantren sampai saat ini membuktikan keberhasilannya menjawab tantangan zaman. Namun akselerasi modernitas yang begitu cepat menuntut Pesantren untuk tanggap secara cepat pula, sehingga eksistensinya tetap relevan dan signifikan. Masa depan Pesantren ditentukan oleh sejauh mana Pesantren memformulasikan kelembagaannya menjadi Pesantren yang mampu menjawab tuntutan masa depan tanpa harus kehilangan jati diri dan kekhasan Pesantren.

 

Secara historis, keberadaan Pesantren menjadi sangat penting dalam upaya pembangunan masyarakat, terlebih lagi karena Pesantren lahir dari aspirasi masyarakat yang sekaligus mencerminkan kebutuhan masyarakat akan jenis layanan pendidikan, dakwah serta pemberdayaan sosial kemasyarakatan.

 

Kehadiran negara melalui lahirnya Undang-Undang Pesantren sesungguhnya sekaligus menjamin penyelenggaraan Pesantren dalam menjalankan fungsi pendidikan, fungsi dakwah, dan fungsi pemberdayaan sosial kemasyarakatan, diperlukan pengaturan untuk memberikan rekognisi, afirmasi, dan fasilitasi kepada Pesantren berdasarkan tradisi dan kekhasannya.

 

Pemberian kesempatan melanjutkan studi sarjana dan magister yang dikhususkan bagi kalangan santri dirasa masih sangat kurang, baik yang diberikan oleh negara maupun swasta. Kurangnya akses pendidikan tinggi seringkali membatasi keinginan mewujudkan pengelolaan dan manajemen Pesantren. Seharusnya, saat ini Pesantren perlu memacu pengembangan kualitas kelembagaan maupun kualitas layanan fungsi pendidikan, dakwah dan pemberdayaan sosial kemasyarakatannya.

 

Perluasan akses bagi lulusan Pesantren untuk dapat melanjutkan studi pada jenjang pendidikan tinggi sejalan dengan rumusan afirmasi atas penjaminan mutu lulusan Pesantren, independensi penyelenggaraan Pesantren, serta fasilitasi pengembangan Pesantren yang diberikan oleh negara.

 

Pemerintah melalui Kementerian Agama, sejak tahun 2005 telah memberikan akses beasiswa pendidikan tinggi bagi lulusan Pesantren melalui Program Beasiswa Santri Berprestasi(PBSB), baik pada perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri.

 

PBSB dilaksanakan dalam bentuk pemberian beasiswa penuh bagi santri yang memiliki kemampuan akademik, kematangan pribadi, kemampuan penalaran, dan potensi untuk dapat mengikuti program pendidikan tinggi. PBSB dirancang untuk memberikan peluang yang lebih luas bagi lulusan satuan pendidikan yang terintegrasi dengan pondok pesantren untuk mengembangkan minat bakat dan penguasaan disiplin keilmuan serta dalam rangka pengabdian kepada pondok pesantren.

 

PBSB dilaksanakan dalam bentuk pemberian beasiswa penuh bagi santri yang memiliki kemampuan akademik, kematangan pribadi, kemampuan penalaran, dan potensi untuk dapat mengikuti program pendidikan tinggi. Jenis beasiswa yang diberikan yakni:

1. Beasiswa penuh untuk Program Sarjana (S1) paling lama 48 bulan;

2. Beasiswa penuh untuk Pendidikan Profesi paling lama 24 bulan; dan

3. Beasiswa penuh untuk Program Magister (S2) paling lama 24 bulan.

 

Jadwal Pendaftaran dan seleksi Program Beasiswa Santri Berprestasi Tahun 2022, adalah sebagai berikut.

1     Koordinasi Pelaksanaan Program Beasiswa Santri Berprestasi Dengan Perguruan Tinggi Mitra Februari 2022

2     Sosialisasi dan Pengumuman Pendaftaran PBSB Online Maret 2022

3     Periode Pendaftaran PBSB Online          tanggal 15 Maret – 15 April 2022

4     Verifikasi dan Validasi Data Dan Dokumen Oleh Kanwil Kementerian Agama Provinsi tangal 15 Maret – 22 April 2022

5     Pegumuman Kelayakan Mengikuti Seleksi Tahap 1 – Tes Berbasis Elektronik tanggal 29 April 2022

6     Pelaksanaan Seleksi Tahap 1 – Tes Berbasis Elektronik  tanggal 12 Mei 2022

7     Pengumuman Kelayakan Mengikuti Seleksi Tahap 1- Tes Wawancara Online  tanggal 19 Mei 2022

8     Sosialisasi Bimbingan Teknis Seleksi PBSB Tahap 2 – Ters Wawancara Online tanggal tanggal 21 s.d. 22 Mei 2022

9     Periode Pelaksanaan Seleksi Tahap 2 – Tes Lisan Online tanggal 24 s.d. 27 Mei 2022 (menyesuaikan jumlah peserta)

10   Pengumuman Kelulusan PBSB 2022 tanggal 9 Juni 2022

11   Validasi dan Legalisasi Administrasi Pada Kanwil Kementerian Agama Provinsi tanggal 10 s.d. 24 Juni 2022

12   Pendaftaran Ulang Pada Perguruan Tinggi Mitra PBSB sesuai kalender akademik PTM masing-masing

13   Masa Perkuliahan Pada Perguruan Tinggi Mitra PBSB sesuai kalender akademik PTM masing-masing

14   Pencairan dan Penyaluran Dana Bantuan Beasiswa Santri Berprestasi     Juli s.d. Agustus 2022

 

Persyaratan Program Beasiswa Santri Berprestasi Tahun 2022. Persyaratan umum yang harus dipenuhi para santri yang akan mendaftar, adalah:

1. Santri Warga Negara Indonesia.

2. Santri yang berasal dari Pesantren yang telah terdaftar di Kementerian Agama, yang dibuktikan dengan kepemilikan Nomor Statistik Pesantren (NSP) yang terdaftar pada Kementerian Agama.

3. Santri yang berasal dari Satuan Pendidikan (MAS/PDF/SPM/PKPPS/Ma’had Aly) yang diselenggarakan oleh Pesantren dan/atau (MAN/SMA/SMK) yang diselenggarakan dan/atau terintegrasi dan/atau berada di lingkungan Pesantren dan/atau menjadi bagian dari Pesantren.

4. Santri mukim minimal 3 (tiga) tahun berturut-turut yang dibuktikan dengan Surat Keterangan yang ditandatangani oleh pimpinan Pesantren (format terlampir).

5. Memiliki akhlaq terpuji dan layak mengikuti seleksi PBSB yang direkomendasikan oleh Pimpinan Pesantren dibuktikan dengan Surat Rekomendasi dari Pimpinan Pesantren Asal Santri.

6. Memiliki kemampuan berbahasa Arab.

7. Memiliki kemampuan membaca dan memahami Kitab Kuning.

8. Memiliki wawasan dan komitmen implementasi nilai-nilai keislaman yang rahmatan lil’alamin.

9. Memiliki wawasan dan komitmen implementasi nilai-nilai nasionalisme, patriotisme serta integritas.

10. Memiliki prestasi akademik dan non akademik dengan melampirkan nilai raport 1 (satu) tahun terakhir, piagam atau sertifikat.

 

Persyaratan berkas dalam proses pengisian data dan dokumen yang diisi dan diunggah/diupload melalui AKUN SANTRI dengan format Portable Document Format (PDF), yakni

·          Scan Asli Pas Foto Berwarna ukuran 3×4;

·          Scan Asli Kartu Tanda Penduduk (KTP);

·          Jika santri belum memiliki KTP maka bisa digantikan dengan Scan Akte Kelahiran/Surat Keterangan Lahir;

·          Scan Kartu Keluarga;

·          Scan Asli Surat Keterangan yang ditandatangani oleh pimpinan Pesantren (format terlampir);

·          Scan Asli Surat Rekomendasi dari Pesantren asal santri yang ditandatangani oleh pimpinan Pesantren (format terlampir);

·          Scan Asli Nilai Raport 1 (satu) tahun terakhir;

·          Scan Asli Salinan Ijazah Yang Telah Dilegalisir atau Surat Keterangan Lulus MAS/MAN/SPM/PDF/PKPPS/SMA/SMK bagi lulusan tahun 2020 dan 2021;

·          Scan Asli Surat Pernyataan Kebenaran Data dan Dokumen yang bermaterai Rp.10.000,- dan bertanda tangan santri bersangkutan (format terlampir);

·          Scan Asli Piagam atau Sertifikat Prestasi Akademik dan/atau Non Akademik (jika ada).

·          Scan Asli Raport Halaman Identitas Santri dan Halaman Nilai 1 (satu) Tahun Terakhir;

 

Link Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi Tahun 2022 https://ditpdpontren.kemenag.go.id/pendaftaranpbsb/#login

 

Untuk Anda yang akan mengikuti Program Beasiswa Santri Berprestasi Tahun 2022 silahkan baca Booklet Petunjuk Teknis  Juknis Program Beasiswa Santri Berprestasi Tahun 2022. Link download Booklet Petunjuk Teknis  Juknis Program Beasiswa Santri Berprestasi Tahun 2022 (disini)

 

Demikian informasi tentang Jadwal Persyaratan dan Juknis Program Pendaftaran Beasiswa Santri Berprestasi Tahun 2022. Semoga ada manfaatnya. ainamulyana.com




= Baca Juga =



No comments

Theme images by Deejpilot. Powered by Blogger.