JUKNIS - PANDUAN TEKNIS O2SN SD SMP TAHUN 2022

Juknis atau Panduan Teknis O2SN SD SMP Tahun 2022


Juknis atau Panduan Teknis O2SN SD SMP Tahun 2022. Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) sebagai bagian dalam pengembangan minat dan bakat bidang olahraga peserta didik . Pusat Prestasi Nasional (PUSPRESNAS), Kemendikbudristek sebagai satuan kerja baru yang dibentuk agar potensi - potensi talenta yang dipunyai bangsa ini bisa menjadi aktual, sinergis, dan berkontribusi terhadap percepatan pembangunan secara komprehensif.

 

O2SN merupakan bagian aktivitas pengembangan bidang olahraga bagi peserta didik, sehingga Puspresnas akan terus mengembangkan O2SN menjadi lebih dinamis dan terus menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

 

Di masa pandemi covid - 19 ini, penyelenggaraan O2SN tahun 202 2 masih mengacu pada pelaksanaan O2SN tahun 202 1. Penyelenggaraan O2SN secara keseluruhan dilaksanakan melalui strategi daring/ online . Adapun cabang olahraga yang dipertandingkan yaitu Pencak silat dengan nomor Jurus Tunggal dan Karate dengan nomor Kata Perorangan.

 

Panduan Teknis atau Juknis O2SN (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional) SD SMP Tahun 2022 ini disusun dengan menyesuaikan mekanisme pertandingan sesuai protok ol kesehatan sehingga diharapkan dapat menjadi acuan dalam mengikuti rangkaian pelaksanaan. Harapannya, panduan teknis ini dijadikan pedoman bagi seluruh pihak terkait dalam mengikuti pelaksanaan O2SN Pendidikan Dasar tahun 2022.

 

O2SN Pendidikan Dasar (SD SMP) tahun 2022 bertujuan sebagai berikut: 1) memberikan apresiasi untuk berkreasi dengan menampilkan potensi yang dimiliki peserta didik; 2) menumbuhkembangkan bakat dan minat peserta didik yang berbasis penguatan karakter seperti sikap kemandirian, sportivitas dan kompetitif serta meningkatkan kemampuan peserta d idik dalam bersosialisasi; 3) menanamkan nilai-nilai luhur olahraga yaitu nilai- nilai fair play; 4) menumbuhkembangkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air; 5) menjalin solidaritas dan persahabatan antar peserta didik di seluruh Indonesia.

 

Berdasarkan Panduan/Petunjuk Teknis atau Juknis O2SN SD SMP Tahun 2022, Sasaran O2SN Pendidikan Dasar tahun 2022 adalah peserta didik jenjang pendidikan dasar yaitu peserta didik Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) dan Sekolah Menengah Pertama /Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) di seluruh Indonesia serta Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN). Adapun Tema O2SN Pendidikan Dasar tahun 2022 adalah : “ Generasi Sehat, Talenta Hebat. “

 

Strategi Pelaksanaan O2SN SD SMP Tahun 2022 mempertimbangkan kondisi wilayah Indonesia yang masih berzona merah/oranye/kuning dalam masa Pandemi Covid- 19 serta masih berlakunya secara luas kebi jakan PSBB, maka O2SN Pendidikan Dasar tahun 202 2 ini dilaksanakan dengan sistem daring/ online. Sistem daring terdiri dari dua tipe, yaitu sinkron dan asinkron. Daring sinkron merupakan tipe daring yang terhubung dalam waktu yang sama seketika (realtime), contoh nya adalah aplikasi zoom meeting, google meet, dll. Daring asinkron merupakan tipe daring yang tidak terhubung dalam waktu yang tidak sama atau tertunda ( tidak realtime) sebelum diunduh, contohnya adalah aplikasi google drive, whatsapp, dll. Tipe daring asinkron akan digunakan untuk kebutuhan dalam pertandingan adalah youtube / google drive.

 

Sesuai Panduan/Petunjuk Teknis atau Juknis O2SN SD SMP Tahun 2022, Cabang olahraga yang dipertandingan pada O2SN Pendidikan Dasar tahun 2022 meliputi Jenjang SD/MI dan SMP/MTs terdiri atas :

1. Pencak Silat

Nomor yang dipertandingkan dalam pencak silat terdiri atas :

a. Jurus Tunggal Putra.

b. Jurus Tunggal Putri .

2. Karate

Nomor yang dipertandingkan dalam karate terdiri atas :

a. Kata Perorangan Putra .

b. Kata Perorangan Putri.

 

Persyaratan Umum Peserta O2SN SD SMP Tahun 2022

a. Peserta adalah warga negara Indonesia (WNI).

b. Peserta bukan Juara 1, 2, 3 tingkat Nasional O2SN Tahun 2019, KOSN 2020 dan 2021 pada jenjang dan cabang olahraga yang sama.

c. Peserta O2SN Pendidikan Dasar tahun 2022 adalah peserta didik satuan pendidikan SD/MI dan SMP/MTs yang masih terdaftar sebagai peserta didik dan memiliki NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) atau NISM (Nomor Induk Siswa Madrasah).

d. Khusus peserta jenjang SMP/MTs bukan merupakan atlet binaan khusus nasional, Provinsi, Kabupaten/Kota seperti PPLP, PPLPD, PPOP, SKO, dan SKO Provinsi dibuktikan dengan surat pernyataan/pakta integritas.

e. Peserta memiliki minat, bakat, dan kemampuan dalam bidang olahraga.

f. Peserta mendapat persetujuan dari orang tua /wali, dan bila peserta memiliki kebutuhan khusus (sekolah inklusi) berkaitan dengan kesehatan harus mendapatkan persetujuan dari pihak yang berwenang.

g. Setiap peserta didik hanya dapat mengikuti salah satu cabang olahraga dan diusulkan oleh Kepala Sekolah .

h. Peserta terdaftar pada laman pendaftaran daring Pusat Prestasi Nasional.

 

Berkas Persyaratan yang disiapkan

Dalam proses keabsahan, peserta yang mengikuti seleksi tingkat Provinsi dan Nasional harus melengkapi dokumen dan mengunggah ke laman pendaftaran daring /online Puspresnas dengan rincian sebagai berikut:

a. Akte Kelahiran (PDF/JPG).

b. Biodata peserta didik pada Rapor (PDF/JPG).

c. Surat Keterangan Kepala Sekolah (PDF).

d. Surat Pernyataan/Pakta Integritas (PDF).

format surat poin “c dan d” dapat diunduh pada laman pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id

 

Registrasi/Pendaftaran Peserta O2SN SD SMP Tahun 2022

1. Perserta tingkat provinsi melakukan pendaftaran melalui sistem aplikasi lomba Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi . Berikut laman pendaftaran dan unggah video O2SN Pendidikan Dasar:

SD sd.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id

SMP smp.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id

2. Pendaftaran dilakukan oleh sekolah dengan melengkapi data peserta O2SN Pendidikan Dasar secara akurat dan benar.

3. Sekolah memastikan data NISN peserta telah ter-update.

4. Sekolah mengunggah dokumen persyaratan dan video keterampil an pada aplikasi pendaftaran.

 

Link download Panduan/Petunjuk Teknis atau Juknis O2SN SD SMP Tahun 2022 (DISNI)

 

Demikian informasi tentang Panduan/Petunjuk Teknis atau Juknis O2SN SD SMP Tahun 2022. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.



= Baca Juga =



No comments

Theme images by Deejpilot. Powered by Blogger.