PEDOMAN JUKNIS LDBI DAN NSDC TAHUN 2022

Pedoman atau  Juknis Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) National Schools Debating Championship (NSDC) Tahun 2022


Pedoman atau Petunjuk Teknis Juknis Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) National Schools Debating Championship (NSDC) Tahun 2022. Salah satu kompetensi yang berkembang saat ini di kalangan generasi muda adalah kemampuan berkomunikasi dengan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, yang didukung dengan kemampuan analitis dan berfikir kritis atau yang biasa kita sebut critical thinking.

 

Dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan kompetensi peserta didik di bidang komunikasi, Pusat Prestasi Nasional (PUSPRESNAS), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi menyelenggarakan program kompetisi debat yakni Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) dan National Schools Debating Championship (NSDC).

 

LDBI dan NSDC merupakan lomba debat bagi peserta didik jenjang pendidikan menengah yang mempunyai bakat dan minat dalam bidang debat. Kompetisi ini merupakan ajang unjuk kemampuan dan kreativitas berdebat dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan tentang isu-isu global masa kini dengan dukungan kemampuan berpikir kritis, analitis, logis serta mampu mengembangkan potensi secara menyeluruh dan seimbang pada semua aspek kecerdasan.

 

Sehubungan dengan adanya pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia, hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Pusat Prestasi Nasional untuk menyiasati kondisi tersebut agar kompetisi debat tetap dapat dilaksanakan. Oleh sebab itu, Pusat Prestasi Nasional akan menyelenggarakan kompetisi LDBI dan NSDC secara daring (online) .

Juknis atau Pedoman Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) National Schools Debating Championship (NSDC) Tahun 2022 ini menjelaskan langkah-langkah yang menjadi pilihan terbaik pelaksanaan seleksi dengan tetap memperhatikan dan mewajibkan pelaksanaan Protokol Covid-19, yang ditetapkan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Program ini diharapkan mampu memperoleh potensi-potensi peserta didik yang unggul di bidang debat, dan berkesempatan untuk tampil menunjukan kemampuannya di tingkat internasional.

 

Tema Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) dan National Schools Debating Championship (NSDC) tahun 2022 adalah “Speak of Your Mind, Speak for Indonesia”. Sasaran kegiatan ini adalah peserta didik SMA/MA/sederajat di seluruh Indonesia dan Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) yang memiliki bakat dan minat di bidang debat.

 

Tujuan Kegiatan Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) dan National Schools Debating Championship (NSDC) tahun 2022 adalah a) Membangun antusiasme dan motivasi yang tinggi dari para peserta didik untuk berprestasi di bidang debat; b) Membangun kesadaran dan kepedulian peserta didik akan pentingnya toleransi, kerjasama, dan perbedaan opini sebagai sikap yang harus tumbuh dalam demokrasi yang sehat; c) Mendorong peserta didik untuk terus memperluas wawasan/pengetahuan umum agar semakin percaya diri dalam bergaul dan berkomunikasi; d) Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam menyampaikan pendapat, sekaligus berlatih menjadi pendengar yang baik dengan lawan bicara; e) Mengembangkan kemampuan berkomunikasi secara efektif dan efisien, dalam bahasa Indonesia ataupun bahasa Inggris; f) Melatih kemampuan berpikir kritis, kreatif, analitis, konstruktif dan responsif terhadap isu-isu aktual yang sedang berkembang, baik nasional maupun internasional; g) Memperkuat karakter peserta didik untuk dapat bersikap sportif, berani, konsisten, serta bertanggungjawab atas pendapat dan keputusan menentukan pilihan.

 

Berdasarkan Juknis atau Pedoman Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) National Schools Debating Championship (NSDC) Tahun 2022, persyaratan peserta lomba, adalah: 1) Peserta merupakan Warga Negara Indonesia yang bertempat tinggal dan menempuh pendidikan di wilayah Republik Indonesia, atau sedang menempuh pendidikan pada Satuan Pendidikan Indonesia di Luar Negeri; 2) Peserta pada saat mendaftar merupakan peserta didik aktif kelas X dan XI di SMA/MA Negeri, Swasta, dan Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Kepala Sekolah yang bersangkutan; 3) Peserta belum pernah menjadi delegasi Tim Indonesia untuk World Schools Debating Championship (WSDC).

 

Selengkapnya silhkan baca Juknis atau Pedoman Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) National Schools Debating Championship (NSDC) Tahun 2022 melalui salinan dokumen yang tersedia di bawah ini.

 



Link download 


Demikian informasi tentang Juknis atau Pedoman Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) National Schools Debating Championship (NSDC) Tahun 2022. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.



= Baca Juga =



No comments

Theme images by Deejpilot. Powered by Blogger.