INI PANDUAN PENGISIAN DAPODIK PADA SEKOLAH IKM

Panduan Pengisian Dapodik pada Sekolah Pelaksana IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka) ppt pdf


Panduan Pengisian Dapodik pada Sekolah Pelaksana IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka) ppt pdf. Kurikulum Merdeka dikembangkan sebagai kerangka kurikulum yang lebih fleksibel, sekaligus berfokus pada materi esensial dan pengembangan karakter dan kompetensi peserta didik. Karakteristik utama dari kurikulum ini yang mendukung pemulihan pembelajaran adalah: 1) Pembelajaran berbasis projek untuk pengembangan soft skills dan karakter sesuai profil pelajar Pancasila; 2) Fokus pada materi esensial sehingga ada waktu cukup untuk pembelajaran yang mendalam bagi kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi; 3) Fleksibilitas bagi guru untuk melakukan pembelajaran yang terdiferensiasi sesuai dengan kemampuan peserta didik dan melakukan penyesuaian dengan konteks dan muatan lokal.


Salah satu ciri khas Kurikulum Merdeka adalah adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengeksplorasi ilmu pengetahuan, mengembangkan keterampilan, serta menguatkan pengembangan enam dimensi profil pelajar Pancasila. Melalui projek ini, peserta didik memiliki kesempatan untuk mempelajari secara mendalam tema-tema atau isu penting seperti gaya hidup berkelanjutan, toleransi, kesehatan mental, budaya, wirausaha, teknologi, dan kehidupan berdemokrasi. Projek ini melatih peserta didik untuk melakukan aksi nyata sebagai respon terhadap isu-isu tersebut sesuai dengan perkembangan dan tahapan belajar mereka. Projek penguatan ini juga diharapkan dapat menginspirasi peserta didik untuk memberikan kontribusi dan dampak bagi masyarakat dan lingkungan sekitarnya.

 

Kurikulum Merdeka terbuka untuk digunakan seluruh satuan pendidikan PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, Pendidikan Khusus, dan Kesetaraan. Namun saat ini bersifat optional (pilihan). Satuan Pendidikan menentukan pilihan sendiri berdasarkan Kesiapan Implementasi Kurikulum Merdeka yang mengukur kesiapan guru, tenaga kependidikan dan satuan pendidikan dalam pengembangan kurikulum. Hal ini karena, Implementasi Kurikulum Merdeka dipandang semakin efektif jika makin sesuai kebutuhan.

 

Bagaimana Panduan Pengisian Dapodik pada Sekolah Implementasi Kurikulum Merdeka ? Sebagaimana diketahui dalam Aplikasi Dapodik Versi 2023, yang telah diupdate dengan Aplikasi Dapodik Versi 2023a dan Aplikasi Dapodik Versi 2023b. Pada awal rilis Dapodik 2023 disampikan bahwa dalam rangka pemutakhiran Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah telah melakukan integrasi data serta pembaruan pada Aplikasi Dapodik versi 2023 untuk satuan pendidikan, sehingga dapat digunakan untuk pengumpulan data semester 1 tahun ajaran 2022/2023 di bidang Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah, Pendidikan Khusus, dan Pendidikan Kesetaraan. Terdapat beberapa pembaruan yang penting.

 

Pembaharuan Aplikasi Dapodik Versi 2023a dan Aplikasi Dapodik Versi 2023b antara lain: 1) pembaruan pada menu sarana dan prasarana terkait kondisi kerusakan bangunan yang dijadikan satu pada komponen nilai akhir; 2) Penambahan pengisian Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5); 3) Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). Semua perubahan dan pembaruan ini merupakan upaya untuk menyelaraskan prosedur dan mekanisme pendataan Dapodik.

 

Pada kesempatan in admin akan menshare Panduan Pengisian Dapodik pada Sekolah Implementasi Kurikulum Merdeka ppt pdf yang antara lin berisi: Cara memastikan implementasi kurikulum yang terdapat di beranda Dapodik adalah Merdeka; Pengisian Program Keahlian bagi SMA Pelaksana IKM, Pengisian Konsentrasi Keahlian bagi SMK Pelaksana IKM, Pengisian Rombongan Belajar pada SD SMP SMA SMK Pelaksana IKM, Pengisian Pembelajaran SD SMP SMA SMK Pelaksana IKM, Pengisian Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Perekaman Koordinator P5, Perekaman Tugas Tambahan Koordinator P5, Pilih Rombongan Belajar yang akan diisikan Mapel Tema P5, dan lainnya.

 

Bagi yang membutuhkan silahkan unudh Panduan Pengisian Dapodik pada Sekolah Implementasi Kurikulum Merdeka ppt pdf (DISINI). Sehingga diharapkan para operator sekolah tidak mengalami kesulitan dalam penginputan Dapodik pada Sekolah pelaksana IKM.

 

Demikian informasi tentang Panduan Pengisian Dapodik pada Sekolah IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka). Semoga ada manfaatnya, terima kasih. Selamat Bekerja dan semoga selalu sukses.

 



= Baca Juga =



No comments

Theme images by Deejpilot. Powered by Blogger.