Jadwal Pendaftaran dan Pedoman FeLSI (Festival Literasi Siswa Indonesia) 2022

Jadwal Pendaftaran dan Pedoman FeLSI (Festival Literasi Siswa Indonesia) SMA MA SMK Tahun 2022


Jadwal Pendaftaran dan Pedoman FeLSI (Festival Literasi Siswa Indonesia) SMA MA SMK Tahun 2022, Salah satu kegiatan Puspresnas adalah Festival Literasi Siswa Indonesia (FeLSI) Jenjang SMA/MA/SMK. FeLSI Jenjang SMA/MA/SMK tahun 2022 akan dilaksanakan secara daring (online) karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Pergantian nama kegiatan dari tahun sebelumnya yakni Lomba Jurnalistik Siswa Indonesia (LJSI) menjadi FeLSI diiringi dengan penambahan satu kategori, sehingga saat ini terdapat tiga kategori bidang lomba. Lomba ini dilaksanakan dalam rangka membangun manusia Indonesia berkarakter yang mengutamakan kejujuran, kebenaran, kemandirian, dan persaingan sehat.

 

Berdasarkan Petunjuk Teknis (Juknis) atau Pedoman FELSI (Festival Literasi Siswa Indonesia) SMA MA SMK Tahun 2022, bidang literasi yang dilombakan dalam FeLSI Jenjang SMA/MA/SMK tahun 2022 adalah Jurnalistik Feature Jurnalistik Features, Fotografi, dan Cerita Pendek (Cerpen). Tema mayornya adalah “Pulih Bersama, Bersama,Bangkit Perkasa.” Tema ini diadaptasi dari semangat “G20” dan melalui tema tersebut, diharapkan siswa mampu membawa optimism untuk masa depan Indonesia melalui karya-karya literasi.

 

Buku Pedoman FELSI (Festival Literasi Siswa Indonesia) SMA MA SMK Tahun 2022 diharapkan dapat menjadi pedoman bagi peserta didik untuk berpartisipasi sesuai dengan bidang lomba yang dipilih dan diikutinya. Adapun Tujuan dari kompetisi ini adalah sebagai berikut: 1) Mewadahi peserta didik SMA/MA Mewadahi peserta didik SMA/MA/SMK untuk terus berprest /SMK untuk terus berprestasi dari rumah. asi dari rumah. 2) Melatih peserta didik SMA/MA Melatih peserta didik SMA/MA/SMK untuk mendalami dan mempraktikk /SMK untuk mendalami dan mempraktikkan ilmu an ilmu jurnalisme jurnalisme yang yang tetap tetap memperhatikan memperhatikan kode kode etik etik penulisan, penulisan, menulis menulis secara secara akurat, dan melakukan verifikasi data sebelum menerbitkan berita. akurat, dan melakukan verifikasi data sebelum menerbitkan berita. 3) Menguatkan daya literasi bagi peserta didik SMA/MA/SMK dalam menulis cerita Menguatkan daya literasi bagi peserta didik SMA/MA/SMK dalam menulis cerita pendek. 4) Memperoleh konten-konten positif tentang jurnalistik, fotografi dan cerita Memperoleh konten-konten positif tentang jurnalistik, fotografi dan cerita pendek dari peserta didik SMA/MA/SMK untuk selanjutnya mempersuasi pendek dari peserta didik SMA/MA/SMK untuk selanjutnya mempersuasi peserta didik lainnya untuk peserta didik lainnya untuk terus berkarya secara positif. terus berkarya secara positif. 5) Meningkatkan daya kreatif untuk melahirkan ide-ide cemerlang, karya yang Meningkatkan daya kreatif untuk melahirkan ide-ide cemerlang, karya yang bernas berkualitas, dan pencapaian bernas berkualitas, dan pencapaian prestasi setinggi-tingginya.

 

Berikut Persyaratan Umum Peserta FELSI (Festival Literasi Siswa Indonesia) SMA MA SMK Tahun 2022

1. Siswa berkewarganegaraan Indonesia (WNI).

2. Siswa SMA/MA/SMK yang pada tahap final masih berstatus peserta didik di kelas Siswa SMA/MA/SMK yang pada tahap final masih berstatus peserta didik di kelas X, XI dan/atau XII, negeri ataupun swasta (yang dapat dibuktikan dengan X, XI dan/atau XII, negeri ataupun swasta (yang dapat dibuktikan dengan melampirkan identitas diri melampirkan identitas diri (Kartu Pelajar/K (Kartu Pelajar/KTP/ TP/SIM/Paspor SIM/Paspor), surat ), surat pengantar atau pengantar atau surat tugas dari sekolah dan surat izin orang tua.

3. Siswa yang telah menjadi pemenang 1,2,3 di ajang sebelumnya tidak boleh Siswa yang telah menjadi pemenang 1,2,3 di ajang sebelumnya tidak boleh mengikuti bidang lomba yang sama.

4. Peserta wajib mengunggah persyaratan administrasi sebagai berikut: Peserta wajib mengunggah persyaratan administrasi sebagai berikut:

a. Identitas diri (pindaian diri (pindaian Kartu Pelajar/K Kartu Pelajar/KTP/ TP/SIM/Paspor) yang masih berlaku; SIM/Paspor) yang masih berlaku;

b. Surat tugas atau b. Surat tugas atau surat izin untuk mengikuti surat izin untuk mengikuti FeLSI dari Kepala Sekolah; FeLSI dari Kepala Sekolah;

c. Surat izin orang tua;

d. Surat pernyataan orisinalitas bermaterai (contoh seperti di lampiran).

 

Seluruh dokumen persyaratan ini diunggah di laman: sma.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/felsi. Sebelum karya yang diunggah dinilai oleh dewan juri, panitia akan melakukan seleksi administrasi. Pastikan seluruh dokumen persyaratan yang diunggah dapat jelas terbaca. Bagi peserta yang tidak lolos seleksi berkas, maka akan dianggap gugur dan karyanya tidak akan masuk ke dashboard penilaian juri.

5. Sekolah boleh mengirimkan lebih dari satu peserta.

6. Karya orisinal dan tidak sedang dilombakan, karya tidak sedang dalam Karya orisinal dan tidak sedang dilombakan, karya tidak sedang dalam sengketa, atau klaim dari pihak lain (harus dibuktikan dengan melampirkan surat pernyataan).

7. Panitia berhak mendiskualifikasi karya jika:

a. karya terbukti tidak orisinal atau menjiplak karya lain,

b. sedang dalam sengketa,

c. mendapatkan klaim dari pihak lain,

d. tidak memenuhi syarat-syarat administrasi.

8. Peserta hanya dapat mengikuti satu kategori lomba (cerpen, jurnalistik atau Peserta hanya dapat mengikuti satu kategori lomba (cerpen, jurnalistik atau fotografi), dan hanya dapat mendaftarkan satu karyanya. Peserta yang telah mendaftar, masih dapat mengganti bidang lomba selama belum mengunggah karya. Karya yang telah diunggah tidak dapat diganti atau dihapus oleh peserta.

9. Keputusan Panitia dan juri FeLSI 2022 mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

10. Pendaftaran dilakukan secara online melalui Portal FeLSI dengan alamat sma.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/felsi

11. Panitia berhak menggunakan karya yang diikutsertakan dalam lomba untuk keperluan publikasi keperluan publikasi Kemendikbudristek.

12. Lomba ini tidak dipungut biaya.

 

Untuk persyaratan khusus perkatagori jenis lomba silahkan baca Petunjuk Teknis (Juknis) atau Pedoman FELSI (Festival Literasi Siswa Indonesia) SMA MA SMK Tahun 2022.

 

Kapan Jadwal Penaftaran FELSI (Festival Literasi Siswa Indonesia) SMA MA SMK Tahun 2022? Jadwal Pendaftaran dan Unggah Karya dimulai tanggal 1 sampai dengan 31 Agustus 2022

 

Selengkapnya silahkan download dan baca Pedoman FELSI (Festival Literasi Siswa Indonesia) SMA MA SMK Tahun 2022. LINK DOWNLOAD DISINI.

 

Demikian informasi tentang Jadwal Pendaftaran dan Pedoman FELSI (Festival Literasi Siswa Indonesia) SMA MA SMK Tahun 2022. Semoga penyelenggaraan FeLSI 2022 jenjang SMA/MA/SMK sederajat tahun 2022 berjalan lancar meski dalam kondisi pandemi Covid-19 sehingga peserta didik dapat terus berprestasi dari rumah.



= Baca Juga =



Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Deejpilot. Diberdayakan oleh Blogger.