Juknis Penulisan (Pengisian) Blangko Ijazah Tahun 2024

Juknis Penulisan Pengisian Blangko Ijazah SD SMP SMA SMK (Kemendikbud) Tahun 2024


Juknis Penulisan Pengisian Blangko Ijazah SD SMP SMA SMK (Kemendikbud) Tahun 2024 Tahun Pelajaran 2023/2024 tertuang dalam Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 010 Tahun 2024 Tentang Pedoman Pengelolaan Blangko Ijazah Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah Tahun Ajaran 2023/2024

 

Beberapa pertimbangan diterbitkan Keputusan Kepala BSKAP Kemendikbudristek Nomor 010 Tahun 2024 Tentang Pedoman atau Petunjuk Teknis - Juknis Penulisan Pengisian Blangko Ijazah SD SMP SMA SMK (Kemendikbud) Tahun 2024 Tahun Pelajaran 2023/2024 adalah a) bahwa ijazah diberikan kepada peserta didik sebagai pengakuan terhadap prestasi belajar dan/ atau penyelesaian suatu jenjang pendidikan; b) bahwa untuk menjamin ketertiban dan keserasian dalam penerbitan ijazah oleh satuan pendidikan bagi peserta didik pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah, perlu diatur pedoman pengelolaan blangko ijazah pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

 

Pada Diktum KESATU Keputusan Kepala BSKAP Kemendikbudristek Nomor 010 Tahun 2024 Tentang Pedoman atau Petunjuk Teknis - Juknis Penulisan Pengisian Blangko Ijazah SD SMP SMA SMK (Kemendikbud) Tahun 2024 Tahun Pelajaran 2023/2024 , menyatakan mnetapkan pedoman pengelolaan blangko ijazah pendidikan dasar dan pendidikan menengah tahun ajaran 2023 j 2024, yang selanjutnya disebut Pedoman Pengelolaan Blangko ljazah, sebagaimana tercantum dalam Lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Keputusan Kepala Badan ini.

 

Diktum KEDUA Keputusan Kepala BSKAP Kemdikbud Nomor 010 Tahun 2024 Tentang Pedoman atau Petunjuk Teknis - Juknis Penulisan Pengisian Blangko Ijazah SD SMP SMA SMK (Kemendikbud) Tahun 2024 Tahun Pelajaran 2023/2024 menyatakan bahwa Pengelolaan Blangko Ijazah dilakukan dengan prinsip: a) kehati-hatian; b) efisiensi; c) efektivitas; dan d) akuntabilitas.

 

Diktum KETIGA Keputusan Kepala BSKAP Kemendikbudristek Nomor 10 Tahun 2024 Tentang Pedoman atau Petunjuk Teknis - Juknis Penulisan Pengisian Blangko Ijazah SD SMP SMA SMK (Kemendikbud) Tahun 2024 Tahun Pelajaran 2023/2024 , menyatakan bahwa Pedoman Pengelolaan Blangko ljazah sebagaimana dimaksud dalam Diktum KESATU meliputi : a) penetapan kelulusan; b) pengadaan dan pendistribusian blangko ijazah; c) pengisian blangko ijazah; d) penggantian dan pengembalian blangko ijazah; e) pemusnahan blangko ijazah; dan f) penatausahaan ijazah dan blangko ijazah, sebagaimana tercantum dalam Lampiran I yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Keputusan Kepala Badan ini.

 

Diktum KEEMPAt Keputusan Kepala BSKAP Kemdikbudristek Nomor 10 Tahun 2024 Tentang Pedoman atau Petunjuk Teknis - Juknis Penulisan Pengisian Blangko Ijazah SD SMP SMA SMK (Kemendikbud) Tahun 2024 Tahun Pelajaran 2023/2024 menyatakan bahwa pengadaan dan pendistribusian blangk o ijazah sebagaimana dimaksud dalam Diktum KEDUA huruf b sesuai dengan spesifikasi teknis dan bentuk blangko ijazah seb gai ana tercantum dalam Lampiran II yang merupakan bag1an tldak terpisahkan dari Keputusan Kepala Badan ini.

 

 

Diktum KELIMA Keputusan Kepala BSKAP Kemendikbudristek Nomor 010 Tahun 2024 Tentang Pedoman atau Petunjuk Teknis - Juknis Penulisan Pengisian Blangko Ijazah SD SMP SMA SMK Tahun 2024 Tahun Pelajaran 2023/2024 Pengisian blangko ijazah sebagaimana dimaksud dalam Diktum KEDUA huruf c sesuai dengan tata cara pengisian blangko ijazah sebagaimana tercantum dalam Lampiran III yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Keputusan Kepala Badan ini.

 

 

Diktum KEENAM Keputusan Kepala BSKAP Kemdikbudristek Nomor 10 Tahun 2024 Tentang Pedoman atau Petunjuk Teknis - Juknis Penulisan Pengisian Blangko Ijazah Kemendikbud Tahun 2024 Tahun Pelajaran 2023/2024 menyatakan Penggantian dan pengembalian blangko ijazah, pemusnahan blangko ijazah, serta penatausahaan ijazah dan blangko ijazah sebagaimana dimaksud dalam Diktum KEDUA huruf d, huruf e, dan huruf f sesuai dengan contoh format surat permohonan, berita acara, dan matriks sebagaimana tercantum dalam Lampiran IV yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Keputusan Kepala Badan ini.

 

Diktum KETUJUH Keputusan Kepala BSKAP Kemdikbudristek Nomor 10 Tahun 2024 Tentang Pedoman atau Petunjuk Teknis - Juknis Penulisan Pengisian Blangko Ijazah Kemendikbud Tahun 2024 Tahun Pelajaran 2023/2024 menyatakan bahwa Keputusan Kepala Badan ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan yakni tanggal 12 Januari 2024

 

Dalam lampiran 1 Keputusan Kepala BSKAP Kemdikbudristek Nomor 10 Tahun 2024 Tentang Pedoman atau Petunjuk Teknis - Juknis Penulisan Pengisian Blangko Ijazah Kemendikbud Tahun 2024 Tahun Pelajaran 2023/2024, terkait Ketentuan dan jadwal pengumuman kelulusan siswa SD SMP SMA SMK tahun 2024 tahun pelajaran 2023/2024, adalah sebagai berikut

1. Satuan Pendidikan menetapkan kelulusan peserta didik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

2. Kepala Satuan Pendidikan menetapkan kelulusan peserta didik dengan ketentuan sebagai berikut:

a. kelulusan SD, SDLB, Program Paket A atau bentuk lain yang sederajat ditetapkan tanggal 10 Juni 2024;

b. kelulusan SMP, SMPLB, Program Paket B atau bentuk lain yang sederajat ditetapkan tanggal 10 Juni 2024; dan

c. kelulusan SMA, SMALB, SMK, Program Paket C atau bentuk lain yang sederajat ditetapkan tanggal 6 Mei 2024.

3. Ketentuan tanggal penetapan kelulusan sebagaimana dimaksud pada angka 2 juga berlaku untuk SILN dan SPK.

4. Kelulusan peserta didik dituangkan dalam bentuk:

a. surat keterangan lulus; dan

b. Ijazah, yang ditandatangani oleh kepala Satuan Pendidikan.

5. Surat keterangan lulus diterbitkan pada tanggal penetapan kelulusan peserta didik.

6. Surat keterangan lulus bersifat sementara sampai dengan diterimanya Ijazah oleh peserta didik.

7. Surat keterangan lulus memuat identitas peserta didik dan rata-rata nilai peserta didik yang sama dengan nilai yang akan ditulis dalam Blangko Ijazah.

8. Satuan Pendidikan, penyelenggara Satuan Pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat, dan/atau Dinas tidak diperkenankan untuk menahan surat keterangan lulus peserta didik yang telah ditetapkan lulus.

 

Selanjutnya dalam Pedoman atau Petunjuk Teknis - Juknis Penulisan Pengisian Blangko Ijazah Kemendikbud Tahun 2024 Tahun Pelajaran 2023/2024, dijelaskan terkait Pengadaan dan Pendistribusian Blangko Ijazah yakni sebagai berikut:

1. Pengadaan Blangko Ijazah Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah dilaksanakan oleh Direktorat terkait sesuai dengan data pada Dapodik per tanggal 31 Desember 2023.

2. Pengadaan Blangko Ijazah termasuk pengadaan Blangko Ijazahcadangan sesuai kebutuhan.

3. Pengadaan Blangko Ijazah dilakukan sesuai dengan spesifikasi teknis dan bentuk Blangko Ijazah sebagaimana tercantum dalam Lampiran II Pedoman Pengelolaan Blangko Ijazah ini.

4. Pendistribusian Blangko Ijazah bagi: a) SD/SDLB; b) SMP/SMPLB; c) SMA/SMALB; d) SMK; e) SPK; dan f) Satuan Pendidikan Kesetaraan di Indonesia, dilakukan oleh Direktorat melalui Dinas.

5. Dinas melakukan pendistribusian Blangko Ijazah ke Satuan Pendidikan sesuai dengan data pada Dapodik.

6. Bagi Satuan Pendidikan dengan kondisi geografis yang sulit diakses diberikan tambahan Blangko Ijazah sebagai cadangan.

7. Satuan Pendidikan dengan kondisi geografis yang sulit diakses ditetapkan oleh Dinas.

8. Blangko Ijazah dan tambahan Blangko Ijazah sebagai cadangan bagi Satuan Pendidikan dengan kondisi geografis yang sulit diakses didistribusikan secara bersamaan.

9. Pendistribusian Blangko Ijazah bagi: a) SILN; dan b) Satuan Pendidikan Kesetaraan di luar negeri, dilakukan oleh Direktorat.

10. Direktorat menginformasikan pendistribusian Blangko Ijazah sebagaimana dimaksud pada angka 9 kepada atase pendidikan dan kebudayaan atau kantor perwakilan Republik Indonesia.

11. Pendistribusian Blangko Ijazah sebagaimana dimaksud pada angka 9 diberikan tambahan Blangko Ijazah sebagai cadangan.

12. Blangko Ijazah dan tambahan Blangko Ijazah sebagai cadangan sebagaimana dimaksud pada angka 11 didistribusikan secara bersamaan.

13. Dalam hal Dinas masih membutuhkan tambahan Blangko Ijazah setelah didistribusikan Blangko Ijazah dan Blangko Ijazah cadangan, Blangko Ijazah dan Blangko Ijazah cadangan yang tidak digunakan dapat dialihkan oleh Direktorat dengan memprioritaskan provinsi/kabupaten/kota terdekat.

14. Pengalihan Blangko Ijazah dan Blangko Ijazah cadangan untuk: a) SD, SMP, dan SMA dapat dilakukan pada provinsi yang sama; dan b) SMK, SPK, SDLB, SMPLB, SMALB, dan Program Paket dapat dilakukan lintas provinsi.

 

Adapun Petunjuk Teknis atau Juknis Pengisian – Penulisan Blangko Ijazah SD SMP SMA SMK Tahun 2024 Tahun Pelajaran 2023/2024 berdasakan Keputusan Kepala BSKAP Kemendikbudristek Nomor 010 Tahun 2024 Tentang Pedoman (Juknis) Pengelolaan Blangko Ijazah Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah Tahun 2024 Tahun Pelajaran 2023/2024 adalah sebagai berikut

1. Kepala Satuan Pendidikan bertanggung jawab dalam: a) pengisian Blangko Ijazah; dan b) penerbitan Ijazah.

2. Pengisian Blangko Ijazah dilakukan setelah penetapan kelulusan peserta didik.

3. Tanggal penerbitan Ijazah oleh Satuan Pendidikan paling cepat 1 (satu) hari setelah tanggal penetapan kelulusan peserta didik dan paling lambat tanggal 31 Juli 2024.

4. Dalam hal kepala Satuan Pendidikan tidak dapat menerbitkan Ijazah dikarenakan berhalangan atau terjadi kekosongan jabatan, maka penandatanganan Ijazah dapat dilakukan oleh pelaksana tugas kepala Satuan Pendidikan.

5. Pengisian Blangko Ijazah menggunakan tinta warna hitam yang tidak mudah luntur dan tidak mudah dihapus.

6. Blangko Ijazah diisi dengan tulis tangan dengan tulisan huruf yang benar, jelas, rapi, bersih, dan mudah dibaca.

7. Jika terjadi kesalahan dalam pengisian, Blangko Ijazah tidak boleh dicoret, ditimpa, atau dihapus, melainkan harus diganti dengan Blangko Ijazah yang baru.

8. Ijazah yang mengalami kesalahan pengisian disilang dengan tinta warna hitam pada kedua sudut yang berlawanan pada halaman depan dan belakang.

9. Pengisian Blangko Ijazah dilaksanakan sesuai dengan: a) petunjuk pengisian halaman depan Blangko Ijazah; dan b) petunjuk pengisian halaman belakang Blangko Ijazah. sebagaimana tercantum dalam Lampiran III Pedoman Pengelolaan Blangko Ijazah ini.

10. Daftar mata pelajaran pada halaman belakang Blangko Ijazah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, kecuali untuk SPK hanya berisi 3 (tiga) mata pelajaran wajib.

11. Selain menerbitkan Ijazah yang memuat 3 (tiga) mata pelajaran wajib, SPK juga menerbitkan transkrip nilai yang memuat nilai mata pelajaran lain yang ditempuh peserta didik.

12. SPK mengadakan dan memberikan Ijazah bagi peserta didik yang tidak mengikuti 3 (tiga) mata pelajaran wajib.

13. Satuan Pendidikan, penyelenggara Satuan Pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat, dan/atau Dinas tidak diperkenankan untuk menahan Ijazah peserta didik yang telah ditetapkan lulus.

 

Sedangkan Tata Penggantian dan Pengembalian Blangko Ijazah berdasarakan Keputusan Kepala BSKAP Kemendikbudristek Nomor 10 Tahun 2024 Tentang Pedoman atau Petunjuk Teknis - Juknis Penulisan Pengisian Blangko Ijazah Kemendikbud Tahun 2024 Tahun Pelajaran 2023/2024 adalah sebagai berikut:

1. Dalam hal terjadi kesalahan pengisian Blangko Ijazah dan/atau kerusakan Blangko Ijazah selama proses pengisian, Satuan Pendidikan harus mengembalikan Blangko Ijazah dimaksud ke Dinas untuk diganti dengan Blangko Ijazah cadangan.

2. Satuan Pendidikan mengajukan permohonan tertulis penggantian Blangko Ijazah sebagaimana dimaksud pada angka 1 kepada Dinas terkait.

3. Pengembalian dan penggantian Blangko Ijazah sebagaimana dimaksud pada angka 1 dilengkapi dengan berita acara serah terima yang ditandatangani oleh kepala Satuan Pendidikan dan kepala Dinas/cabang Dinas.

4. Dalam hal terjadi kesalahan pengisian dan/atau kerusakan selama proses pengisian Blangko Ijazah SILN, Satuan Pendidikan Kesetaraan di luar negeri, dan Satuan Pendidikan dengan kondisi geografis yang sulit diakses, Satuan Pendidikan mengganti dengan Blangko Ijazah cadangan yang ada pada Satuan Pendidikan.

5. Penggantian Blangko Ijazah sebagaimana dimaksud pada angka 3 dilengkapi dengan berita acara penggantian Blangko Ijazah yang ditandatangani oleh kepala Satuan Pendidikan.

6. Bagi SILN dan Satuan Pendidikan Kesetaraan di luar negeri, berita acara sebagaimana dimaksud pada angka 4 dilaporkan kepada Direktorat terkait.

7. Bagi Satuan Pendidikan dengan kondisi geografis yang sulit diakses, berita acara sebagaimana dimaksud pada angka 4 dilaporkan kepada Dinas/cabang Dinas.

8. Kepala Satuan Pendidikan mengembalikan Blangko Ijazah yang tidak terpakai kepada Dinas dengan disertai berita acara serah terima pengembalian Blangko Ijazah yang ditandatangani oleh kepala Satuan Pendidikan dan kepala Dinas/cabang Dinas.

9. Kepala Satuan Pendidikan dengan kondisi geografis yang sulit diakses mengembalikan Blangko Ijazah yang mengalami kesalahan pengisian, kerusakan, dan/atau yang tidak terpakai kepada Dinas dengan disertai berita acara serah terima pengembalian Blangko Ijazah yang ditandatangani oleh kepala Satuan Pendidikan dan kepala Dinas/cabang Dinas.

10. Kepala SILN dan kepala Satuan Pendidikan Kesetaraan di luar negeri menyimpan Blangko Ijazah yang mengalami kesalahan pengisian, kerusakan, dan/atau yang tidak terpakai di Satuan Pendidikan masing-masing untuk dimusnahkan.

11. Contoh format surat permohonan, berita acara penggantian dan pengembalian Blangko Ijazah, dan berita acara serah terima pengembalian Blangko Ijazah tercantum dalam Lampiran IV Pedoman Pengelolaan Blangko Ijazah ini.

 

Sedangkan Tata Cara Pemusnahan Blangko Ijazah Tahun 2024 berdasarkan Keputusan Kepala BSKAP Kemdikbudristek Nomor 010 Tahun 2024 Tentang Pedoman atau Petunjuk Teknis - Juknis Penulisan Pengisian Blangko Ijazah Kemendikbud Tahun 2024 Tahun Pelajaran 2023/2024 adalah sebagai berikut

1. Blangko Ijazah yang dikembalikan oleh Satuan Pendidikan dan Blangko Ijazah cadangan yang terdapat di Dinas dikembalikan ke Direktorat untuk dimusnahkan.

2. Pengembalian Blangko Ijazah dituangkan dalam berita acara serah terima pengembalian yang ditandatangani oleh Dinas dan Direktorat.

3. Pemusnahan Blangko Ijazah dituangkan dalam berita acara pemusnahan yang ditandatangani oleh Direktorat.

4. Blangko Ijazah yang salah pengisian dan/atau rusak dan Blangko Ijazah cadangan yang terdapat di SILN dan Satuan Pendidikan kesetaraan di luar negeri dimusnahkan oleh Satuan Pendidikan yang bersangkutan dengan disaksikan oleh atase pendidikan dan kebudayaan atau kantor perwakilan Republik Indonesia.

5. Pemusnahan Blangko Ijazah sebagaimana dimaksud pada angka 4 dituangkan dalam berita acara pemusnahan yang ditandatangani oleh kepala Satuan Pendidikan dan perwakilan atase pendidikan dan kebudayaan atau kantor perwakilan Republik Indonesia.

6. Pemusnahan Blangko Ijazah dilakukan paling lambat tanggal 31 Desember 2024.

7. Direktorat menyediakan anggaran biaya pemusnahan Blangko Ijazah.

8. Contoh format berita acara pemusnahan Blangko tercantum dalam Lampiran IV Pedoman Pengelolaan Blangko Ijazah ini.

 

Sedangkan Tata Cara Penatausahaan Ijazah dan Blangko Ijazah Tahun 2024 Tahun Pelajaran 2023/2024 berdasarkan Keputusan Kepala BSKAP Kemendikbudristek Nomor 10 Tahun 2024 Tentang Pedoman (Juknis) Pengisian - Penulisan Blangko Ijazah SD SMP SMA SMK Tahun 2024 Tahun Pelajaran 2023/2024 adalah sebagai berikut

1. Satuan Pendidikan, termasuk SILN dan Satuan Pendidikan Kesetaraan di luar negeri, melakukan penatausahaan Ijazah dengan: a) mendata nomor Ijazah yang diberikan kepada peserta didik; dan b) menyimpan fotokopi Ijazah secara fisik dan/atau hasil pindai (scan) secara digital.

2. Pendataan nomor Ijazah sebagaimana dimaksud pada angka 1 huruf a paling sedikit memuat informasi: a) nama Satuan Pendidikan; b) Nomor Pokok Sekolah Nasional; c) nama provinsi; d) nama kabupaten/kota; e) nomor surat keputusan penetapan kelulusan; f) identitas peserta didik penerima Ijazah; dan g) tanggal penerbitan Ijazah.

3. Identitas peserta didik penerima Ijazah sebagaimana dimaksud pada angka 2 huruf f meliputi: a) nama peserta didik; b) Nomor Induk Siswa; c) Nomor Induk Siswa Nasional; dan d) nomor Ijazah.

4. Satuan Pendidikan menyampaikan hasil pendataan nomor Ijazah kepada Dinas.

5. SILN dan Satuan Pendidikan Kesetaraan di luar negeri menyampaikan hasil pendataan nomor Ijazah sebagaimana dimaksud pada angka 2 kepada Direktorat dengan tembusan atase pendidikan dan kebudayaan atau kantor perwakilan Republik Indonesia.

6. Pendataan nomor Ijazah sebagaimana dimaksud pada angka 2 dituangkan dalam bentuk matriks sebagaimana tercantum dalam Lampiran IV Pedoman Pengelolaan Blangko Ijazah ini.

7. Satuan Pendidikan melakukan pemutakhiran data pada Dapodik dengan memasukkan nomor Ijazah yang diterima peserta didik.

8. Satuan Pendidikan melakukan penatausahaan Blangko Ijazah dengan mendata penggunaan, penggantian, dan pengembalian Blangko Ijazah.

9. SILN dan Satuan Pendidikan Kesetaraan di luar negeri melakukan penatausahaan Blangko Ijazah dengan mendata penggunaan, penggantian, pengembalian, dan pemusnahan Blangko Ijazah.

10. Dinas melakukan pencatatan, penyimpanan, serta membuat rekapitulasi hasil pendataan nomor Ijazah dan penatausahaan Blangko Ijazah yang disampaikan oleh Satuan Pendidikan.

11. Pencatatan, penyimpanan, serta pembuatan rekapitulasi sebagaimana dimaksud pada angka 10 dilaksanakan terhadap data penggunaan, penggantian, pengembalian , dan pemusnahan Blangko Ijazah.

12. Dinas menyampaikan rekapitulasi hasil penatausahaan Blangko Ijazah kepada Direktorat terkait.

13. Direktorat melakukan pencatatan, penyimpanan, serta membuat rekapitulasi hasil penatausahaan Blangko Ijazah sebagaimana dimaksud pada angka 12.

14. Informasi penatausahaan Blangko Ijazah sebagaimana dimaksud pada angka 8, angka 9, angka 10, dan angka 13 dituangkan dalam bentuk matriks sebagaimana tercantum dalam Lampiran IV Pedoman Pengelolaan Blangko Ijazah ini.

 

Selengkapny silahkan download salinan dan lampiran Keputusan Kepala Badan Standar , Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 010 Tahun 2024 Tentang Pedoman Pengelolaan Blangko Ijazah Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah Tahun Ajaran 2023/2024. Link download Keputusan Kepala BSKAP Kemendikbudristek Nomor 010 Tahun 2024 Tentang Pedoman atau Petunjuk Teknis - Juknis Penulisan Pengisian Blangko Ijazah Kemendikbud Tahun 2024 Tahun Pelajaran 2023/2024 (disini)

 

Link download Keputusan Kepala BSKAP Nomor 012Atentang Perubahan Juknis Penulisan Ijazah SD SMP SMA SMK Tahun 2024 Tahunpelajaran 2023/2024


Demikian informasi tentang Keputusan Kepala BSKAP Kemendikbudristek Nomor 010 Tahun 2024 Tentang Pedoman atau Petunjuk Teknis - Juknis Penulisan Pengisian Blangko Ijazah Kemendikbud Tahun 2024 Tahun Pelajaran 2023/2024. Semoga ada manfaatnya



= Baca Juga =


No comments

Theme images by ainamulyana. Powered by Blogger.