Soal SAS Kurikulum Merdeka Kelas 9 Semester 1 Tahun 2023-2024

Latihan Soal SAS PAS Kurikulum Merdeka Kelas 9 SMP MTs Semester 1 Tahun 2023-2024


Latihan Soal SAS PAS Kurikulum Merdeka Kelas 9 SMP MTs Semester 1 Tahun 2023-2024. Penilaian Sumatif Akhir Semester (SAS) adalah penilaian yang dilaksanakan pada akhir semester gasal dengan materi semua materi pada semester tersebut. Penilaian Sumatif Tengah Semester (STS) adalah penilaian yang dilaksanakan pada minggu ke-8 atau ke-9 dalam satu semester. Adapunmateri PTS meliputi semua materi yang sudah dipelajari sampai dengan minggu ke-7 atau ke-8. Sedangkan Penilaian Sumatif Akhir Tahun (SAT) adalah penilaian yang dilaksanakan pada akhir semester genap dengan materi semua KD pada semester genap.

 

Penilaian Sumatif Akhir Semester (SAS) berfungsi sebagai Assessment of learning merupakan penilaian yang dilaksanakan setelahproses pembelajaran selesai. Proses pembelajaran selesai tidak selalu terjadi di akhir tahun atau di akhir peserta didik menyelesaikan pendidikan pada jenjang tertentu. Setiap pendidik melakukan penilaian yang dimaksudkan untuk memberikan pengakuan terhadap pencapaian hasil belajar setelah proses pembelajaran selesai, yang berarti pendidik tersebut melakukan assessment of learning. Asesmen sekolah dan berbagaibentuk penilaian sumatif merupakan assessment of learning (penilaian hasil belajar).

 

Soal SAS Kurikulum Merdeka Kelas 9 Semester 1 Tahun 2023-2024 dibuat mengacu pada prinsip-prinsip agar penilaian yang dilakukan memberikan hasil yang dapat diterima oleh semua pihak, baik yang dinilai, yang menilai, maupun pihak lain yang akan menggunakan hasil penilaian tersebut. Hasil penilaian akan akurat bila instrumen yang digunakan untuk menilai, proses penilaian, analisis hasil penilaian, dan objektivitas penilai dapat dipertanggungjawabkan. Untuk itu perlu dirumuskan prinsipprinsip penilaian yang dapat menjaga agar orientasi penilaian tetap pada framework atau rel yang telah ditetapkan. P Penilaian Sumatif Akhir Semester (SAS) harus memperhatikan prinsip-prinsip berikut.

1. Sahih

Penilaian harus dilakukan berdasar pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur. Untuk memperoleh data yang dapat mencerminkan kemampuan yang diukur harus digunakan instrumen yang sahih, yaitu instrumen yang mengukur apa yang seharusnya diukur.

2. Objektif

Penilaian tidak dipengaruhi oleh subjektivitas penilai. Karena itu perlu dirumuskan pedoman penilaian (rubrik) sehingga dapat menyamakan persepsi penilai dan meminimalisir subjektivitas, apalagi dalam penilaian kinerja yang cakupan, otentisitas, dan kriteria penilaiannya sangat kompleks. Untuk penilai lebih dari satu perlu dilihat reliabilitas atau konsistensi antar penilai (interrater reliability) untuk menjamin objektivitas setiap penilai.

3. Adil

Penilaian tidak menguntungkan atau merugikan peserta didik karena perbedaan latar belakang agama, suku, budaya, adat istiadat, status sosial ekonomi, gender, dan hal-hal lain. Perbedaan hasil penilaian semata-mata harus disebabkan oleh berbedanya capaian belajar peserta didik pada kompetensi yang dinilai.

4. Terpadu

Penilaian merupakan salah satu komponen yang tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran. Penilaian merupakan proses untuk mengetahui apakah suatu kompetensi telah tercapai. Kompetensi tersebut dicapai melalui serangkaian aktivitas pembelajaran. Karena itu penilaian tidak boleh terlepas apalagi melenceng dari pembelajaran. Penilaian harus mengacu pada proses pembelajaran yang dilakukan.

5. Terbuka

Prosedur penilaian dan kriteria penilaian harus jelas dan dapat diketahui oleh siapapun. Pihak yang dinilai (peserta didik) dan pengguna hasil penilaian berhak tahu proses dan acuan yang digunakan dalam penilaian, sehingga hasil penilaian dapat diterima oleh siapa pun

6. Menyeluruh dan Berkesinambungan

Penilaian oleh pendidik mencakup semua aspek kompetensi dengan menggunakan berbagai teknik penilaian yang sesuai, untuk memantau perkembangan kemampuan peserta didik. Instrumen penilaian yang digunakan, secara konstruk harus merepresentasikan aspek yang dinilai secara utuh. Penilaian dilakukan dengan berbagai teknik dan instrumen, diselenggarakan sepanjang proses pembelajaran, dan menggunakan pendekatan assessment as learning, for learning, dan of learning secara proporsional.

7. Sistematis

Penilaian dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah baku. Penilaian sebaiknya diawali dengan pemetaan. Dilakukan identifikasi dan analisis CP, dan indikator ketercapaian CP. Berdasarkan hasil identifikasi dan analisis tersebut dipetakan teknik penilaian, bentuk instrumen, dan waktu penilaian yang sesuai.

8. Beracuan Kriteria

Penilaian pada kurikulum berbasis kompetensi menggunakan acuan kriteria. Penentuan seorang peserta didik telah kompeten atau belum bukan dibandingkan terhadap capaian teman-teman atau kelompoknya, melainkan dibandingkan terhadap kriteria minimal yang ditetapkan. Peserta didik yang sudah mencapai kriteria minimal disebut tuntas, dapat melanjutkan pembelajaran untuk mencapai kompetensi berikutnya, sedangkan peserta didik yang belum mencapai kriteria minimal wajib menempuh remedial.

9. Akuntabel

Penilaian dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya. Akuntabilitas penilaian dapat dipenuhi bila penilaian dilakukan secara sahih, objektif, adil, dan terbuka, sebagaimana telah diuraikan di atas. Bahkan perlu dipikirkan konsep meaningful assessment. Selain dipertanggungjawabkan teknik, prosedur, dan hasilnya, penilaian juga harus dipertanggungjawabkan kebermaknaannya bagi peserta didik dan proses belajarnya.

 

Bentuk Soal SAS Kurikulum Merdeka Kelas 9 Semester 1 Tahun 2023-2024 mirip AKM. Adapun bentuk soal AKM bervariasi, yaitu pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian, dan esai atau uraian.

1. Pilihan Ganda

Soal pilihan ganda terdiri atas pokok soal dengan beberapa pilihan jawaban. Peserta didik diminta menjawab soal dengan memilih satu jawaban benar dari beberapa pilihan jawaban yang disediakan. Jumlah pilihan jawaban disesuaikan dengan jenjangnya.

2. Pilihan Ganda Kompleks

Soal pilihan ganda kompleks terdiri atas pokok soal dan beberapa pernyataan yang harus dipilih atau direspons. Pernyataan-pernyataan atau pilihan-pilihan jawaban harus merupakan satu kesatuan konsep/rincian kompetensi. Ada dua model soal pilihan ganda kompleks yang digunakan dalam AKM yaitu:

a. Peserta didik memilih pada kotak atau kolom yang disediakan di depan setiap pernyataan yang sesuai dengan permasalahan pada pokok soal.

b. Peserta didik memilih pada kolom Ya/Tidak, Benar/Salah, atau kategori lain di belakang setiap pernyataan yang sesuai dengan permasalahan pada pokok soal.

3. Menjodohkan

Bentuk soal menjodohkan mengukur kemampuan peserta didik dalam mencocokkan dan menghubungkan antardua pernyataan yang disediakan. Soal ini terdiri atas dua lajur. Lajur pertama (sebelah kiri) berupa pokok soal dan lajur kedua (sebelah kanan) berupa jawaban.

4. Isian atau jawaban singkat

Soal isian dan jawaban singkat adalah soal yang menuntut peserta didik untuk memberikan jawaban secara singkat, berupa kata, frasa, angka, atau simbol. Perbedaannya adalah soal isian disusun dalam bentuk kalimat berita, sementara itu soal jawaban singkat disusun dalam bentuk pertanyaan.

5. Uraian

Soal uraian adalah soal yang jawabannya menuntut peserta didik untuk mengingat dan mengorganisasikan gagasan-gagasan dengan cara mengemukakan atau mengekspresikan gagasan tersebut dalam bentuk uraian tertulis. Pada soal uraian disediakan pedoman penskoran yang merupakan acuan dalam pemberian skor. Jawaban peserta didik akan diskor berdasarkan kompleksitas jawaban.

Pemberian skor soal pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, dan isian/uraian singkat dilakukan secara objektif. Sementara itu, untuk soal uraian, penskoran dilakukan oleh penskor dengan mengacu pada pedoman penskoran. Pedoman penskoran dibuat oleh penulis soal ketika menulis soal.

 

Bagi Anda yang membutuhkan berikut ini link Latihan Soal SAS PAS - PSAS Kurikulum Merdeka Kelas 9 Semester 1 Tahun 2023-2024 terbaru mirip dengan soal AKM yang banyak dipergunakan si sekolah. PSAS = Penilaian Sumatif Akhir Semester


Link download Latihan Soal PSAS Bahasa Indonesia Kelas 9 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024

Link download Latihan Soal PSAS Bahasa Inggris Kelas 9 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024

Link download Latihan Soal PSAS Informatika Kelas 9 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024

Link download Latihan Soal PSAS IPA Kelas 9 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024

Link download Latihan Soal PSAS IPS Kelas 9 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024

Link download Latihan Soal PSAS Matematika Kelas 9 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024

Link download Latihan Soal PSAS PAI BP Kelas 9 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024

Link download Latihan Soal PSAS Pendidikan Seni Kelas 9 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024

Link download Latihan Soal PSAS Pendidikan Pancasila Kelas 9 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024

Link download Latihan Soal PSAS PJOK - Penjaskes Kelas 9 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024

Link download Latihan Soal PSAS Prakarya Kelas 9 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024

Link download Latihan Soal PSAS BTQ Kelas 9 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024

 

Demikian informasi tentang Latihan Soal SAS Kurikulum Merdeka Kelas 9 SMP MTs Semester 1 Tahun 2023-2024 terbaru mirip dengan soal AKM. Semoga ada manfaatnya

 

 


= Baca Juga =


Post a Comment

Previous Post Next Post


































Free site counter


































Free site counter