Latihan Soal ASPD SMP MTs Tahun 2024 dan Pembahasan

Latihan Soal ASPD SMP MTs Tahun 2024 dan Pembahasan atau Kunci Jawaban


Latihan Soal ASPD SMP MTs Tahun 2024 dan Pembahasan atau Kunci Jawaban. Asesmen Standardisasi Pendidikan Daerah yang selanjutnya disebut ASPD adalah kegiatan pengukuran capaian kompetensi lulusan pada mata pelajaran tertentu di Daerah Istimewa Yogyakarta dengan mengacu pada standar kompetensi lulusan.


Asesmen Standardisasi Pendidikan Daerah (ASPD) dilakukan untuk mendapatkan data sekunder perihal peningkatan mutu Pendidikan dan dirancang untuk menghasilkan informasi akurat tentang perkembangan mutu dari waktu ke waktu dan kesenjangan antar wilayah dalam sistem pendidikan dalam rangka memperbaiki kualitas belajar mengajar dan meningkatkan hasil belajar peserta didik.

 

Sebelum admin membagikan Latihan Soal ASPD SMP MTs Tahun 2024 Bahasa Indonesia  atau Literasi Bahasa Indonesia, Matematika (Nuemarsi), Bahasa Inggris atau Literasi Bahasa Inggris,dan IPA (Literasi Sain). Perlu diketahui bahwa tujuan diadakannya Asesmen Standardisasi Pendidikan Daerah (ASPD) adalah a) Pengembangan kompetensi peserta didik; b) Tidak dipergunakan untuk menentukan kelulusan, tetapi menjadi dasar dilakukan perbaikan pembelajaran; c) Memantau perkembangan mutu dan kesenjangan antar bagian di dalam sistem pendidikan; d) Dapat dipergunakan sebagai salah satu alat ukur seleksi masuk ke jenjang pendidikan berikutnya


Persyaratan Peserta ASPD jenjang SMP MTs Tahun 2024 adalah

1. Umum

a. Peserta didik memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) yang valid dan tercatat dalam Dapodik atau EMIS.

b. Peserta didik telah atau pernah berada pada tahun terakhir pada suatu Jenjang Pendidikan di satuan pendidikan tertentu.

c. Peserta didik memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar pada suatu Jenjang Pendidikan di satuan pendidikan tertentu mulai semester I tahun pertama sampai dengan semester pertama pada tahun terakhir.

d. Peserta didik memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar pada Pendidikan Kesetaraan.


2. Pendidikan Formal

a. Peserta didik terdaftar pada lembaga pendidikan formal tingkat SMPjMTs dan yang sederajat.

b. Peserta didik yang memiliki ijazah atau surat keterangan lain yang setara, atau berpenghargaan sama dengan ijazah dari satuan pendidikan yang setingkat lebih rendah.

c. Khusus peserta didik yang merupakan lulusan dari luar negeri, harus memiliki dokumen penyetaraan danjatau pengakuan ijazah luar negeri yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

d. Peserta ASPD dari program SKS harus berasal dari satuan pendidikan formal yang terakreditasi A dan memiliki izin penyelenggaraan program SKS.


3. Pendidikan Kesetaraan

a. Peserta didik terdaftar pada PKBM, SKB, Pondok Pesantren penyelenggara Program Wustha, atau kelompok belajar sejenis yang memiliki izin.

b. Peserta didik telah mengikuti proses pembelajaran untuk mencapai seluruh kompetensi dasar pada setiap mata pelajaran sesuai dengan satuan kredit kompetensi yang telah ditetapkan dalam bentuk tatap muka, tutorial, dan pembelajaran mandiri.

c. Peserta didik memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar setiap derajat kompetensi pada masing-masing Jenjang Pendidikan kesetaraan.

d. Peserta didik dari Program Paket BjWustha harus memiliki ijazah atau surat keterangan lain yang setara, atau berpenghargaan sama dengan ijazah dari satuan pendidikan yang setingkat lebih rendah dengan minimum usia ijazah 3 (tiga) tahun.

e. Peserta didik yang terdaftar pada satuan pendidikan non-formal yang belum terakreditasi dapat mengikuti ASPD pada satuan pendidikan non formal atau formal yang terakreditasi yang ditetapkan oleh Dinas.

 

4. Pendaftaran Peserta ASPD

1. Pendidikan Formal

a. Sekolah/Madrasah pelaksana ASPD melaksanakan pendataan calon peserta menggunakan aplikasi yang dibuat oleh Dinas.

b. Sekolah pelaksana ASPD mengirimkan data calon peserta ke pangkalan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi

c. Sekolah mengirimkan tembusan data calon peserta sebagaimana dimaksud pada huruf b ke Panitia ASPD Tingkat DIY /KabupatenjKota sesuai dengan kewenangannya.

d. Madrasah pelaksana ASPD mengirimkan data calon peserta ke Education Management Information System (EMIS) Kementerian Agama

e. Madrasah mengirimkan tembusan data calon peserta sebagaimana dimaksud pada huruf d ke Panitia ASPD Tingkat DIY /Kemenag KabupatenjKota sesuai dengan kewenangannya.

f. Panitia ASPD Tingkat DIY /KabupatenjKota sesum dengan kewenangannya melakukan pemutakhiran data;

 

2. Pendidikan Non Formal

a. Lembaga penyelenggara Program Paket B mendata peserta didik yang memenuhi persyaratan melalui Dapodik Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

b. Lembaga penyelenggara Program Paket B mengirimkan tembusan data peserta sebagaimana dimaksud pada huruf a ke Panitia ASPD Tingkat DIY jKabupatenjKota

c. Lembaga penyelenggara Program Wustha mendaftarkan peserta didik yang memenuhi persyaratan melalui EMIS Kementerian Agama.

d. Lembaga penyelenggara Program Wustha mengirimkan tembusan data peserta sebagaimana dimaksud pada huruf c ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten/ Kota.

e. Unit pelaksana ASPD untuk Pendidikan Kesetaraan pada Dinas Pendidikan KabupatenjKota melakukan verifikasi berkas pendaftaran dan menyusun Daftar Calon Peserta.

f. Dinas mengumpulkan, menggabungkan, menyusun daftar dan merekapitulasi data calon peserta.

g. Dinas menetapkan dan mendistribusikan data data peserta ke Panitia ASPD Tingkat KabupatenjKota.

h. Panitia ASPD Tingkat Kabupaten/Kota mendistribusikan data peserta ke Unit pelaksana ASPD Pendidikan Kesetaraan dan Kantor Kementerian Agama KabupatenjKota.

i. Data peserta yang telah ditetapkan tidak dapat diubah lagi.

 

Berikut ini Latihan Soal dan Pembahasan Soal ASPD SMP MTs Tahun 2024 untuk Jenis Asesmen Literasi Membaca Bahasa Indonesia, Literasi Membaca Bahasa Inggris, Literasi Numerik (Matematika), dan Literasi Sain (IPA)

 

Link download Latihan Soal ASPD SMP MTs Tahun 2024 Literasi Membaca Bahasa Indonesia dan Pembahasan (DISINI)

Link download Latihan Soal ASPD SMP MTs Tahun 2024 Literasi Membaca Bahasa Indonesia dan Pembahasan (DISINI)

 

Link download Latihan Soal ASPD SMP MTs Tahun 2024 Literasi Membaca Bahasa Inggris dan Pembahasan (DISINI)

Link download Latihan Soal ASPD SMP MTs Tahun 2024 Literasi Membaca Bahasa Inggris dan Pembahasan (DISINI)

 

Link download Latihan Soal ASPD SMP MTs Tahun 2024 Matematika (Numerik) dan Pembahasan (DISINI)

Link download Latihan Soal ASPD SMP MTs Tahun 2024 Matematika (Numerik) dan Pembahasan (DISINI)

 

Link download Latihan Soal ASPD SMP MTs Tahun 2024 IPA (Literasi Sain) dan Pembahasan (DISINI)

Link download Latihan Soal ASPD SMP MTs Tahun 2024 IPA (Literasi Sain) dan Pembahasan (DISINI)

 

Dermikian infomasi tentang Link download Latihan Soal ASPD SMP MTs Tahun 2024 dan Pembahasan atau Kunci Jawaban. Semoga ada manfaatnya



= Baca Juga =


No comments

Theme images by ainamulyana. Powered by Blogger.