Soal SJT UKOM Jabatan Fungsional Guru Muda Guru Kelas SD MI

Contoh Soal SJT UKOM Kenaika Jabatan Fungsional Guru Muda Guru Kelas SD Guru Madrasah MI


Contoh Soal SJT UKOM Kenaikan Jabatan Fungsional Guru Muda Guru Kelas SD MI Tahun 2024-2025 dan Jawabannya. Sebelum menjalani Ujian Kompetensi, guru yang akan mengikuti Uji Kenaikan Jabaan dapat mempelajari contoh soal untuk guru SD dan guru madrasah untuk memahami pola pertanyaan dan meningkatkan potensi kelulusan.


Berikut ini kumpulan Contoh Soal Uji Kompetensi (UKOM) SJT Kenaikan Jabatan Fungsional Guru Pertama ke Guru Muda untuk Guru Kelas SD MI Tahun 2024-2025 dan jawabannya:

1. Seorang guru mendapati beberapa siswa yang belum selesai mengumpulkan tugas pada tenggang waktu yang telah diberikan dikarenakan banyaknya tugas yang menumpuk dari mata pelajaran lain, jika seandainya Anda sebagai guru, apa yang anda lakukan?

A. Memberikan fasilitas untuk berdiskusi dan mengajarkan pada siswa bagaimana cara mengatur waktu dengan baik serta bertanggung jawab pada tugas yang diberikan.

B. Mendorong siswa untuk segera menyelesaikan tugas secara maksimal, dengan menyampaikan perkembangan siswa yang sudah dan belum mengumpulkan.

C. Memberikan toleransi tambahan waktu agar siswa yang belum mengumpulkan tugas dapat menyelesaikan tugasnya.

D. Tetap meminta tugas yang telah diberikan dengan sanksi nilai sesuai dengan tugas yang dikerjakan sebagai upaya untuk memberikan efek jera pada siswa.

E. Menolak tugas yang dikumpulkan melewati batas waktu agar tidak mengingkari kesepakatan yang sudah disepakati.

Jawaban: D.


2. Salah satu tugas wali kelas setiap kenaikan kelas harus menentukan 3 siswa terbaik untuk menerima hadiah dari sekolah. jika Anda sebagai wali kelas, maka hal yang akan Anda lakukan dalam menentukan siswa urutan 1, 2, dan 3 berdasarkan...

A. Rata-rata nilai rapor saja

B. Kepribadian dan nilai rapor

C. Nilai rapor dan capaian prestasi non akademik

D. Keterlibatan kepengurusan OSIS dan nilai rapor

E. Prestasi akademik dan non akademik

Jawaban: B.


3. Terdapat peserta didik yang mengadu kepada guru bahwa ia selalu melakukan tugas piket kebersihan kelas sendiri. Anggota yang lain tidak mau terlibat membersihkan kelas. Mereka memaksa dan mengancam jika melaporkan hal tersebut pada wali kelas. Sebagai Guru yang mengetahui hal tersebut, apa yang akan Anda lakukan?

A. Memberikan hukuman pada seluruh anggota piket kebersihan karena tidak dapat membangun kerjasama yang baik dalam tugas yang menjadi tanggung jawabnya.

B. Guru melakukan evaluasi keterlibatan siswa terkait kegiatan piket kebersihan kelas serta menyampaikan hasilnya, agar menjadi perhatian seluruh siswa untuk terlibat dalam tanggung jawab tersebut.

C. Memberikan teguran kepada siswa yang tidak mau terlibat dalam kegiatan piket kebersihan kelas agar siswa yang rajin tidak terpengaruh dan dia tidak mengulangi perbuatannya.

D. Merekomendasikan guru BK untuk melakukan konseling kelompok untuk mengajarkan keterampilan bekerjasama dengan orang lain dalam suatu kelompok.

E. Memfasilitasi pertemuan bersama agar terjadi komunikasi antar anggota kelompok piket kebersihan, sehingga semua anggota menyadari tugas masing-masing ketika jadwal piket kebersihan kelas berlangsung.

Jawaban: C

 

4. Para siswa berasal dari berbagai latar belakang yang berbeda mencakup budaya,nilai-nilai, tingkat ekonomi maupun tingkat pendidikan orang tua. Ketika menyikapi berbagai perbedaan itu, sikap guru sebaiknya adalah...

A. Mengelompokkan siswa sesuai dengan kondisi serta latar belakang yang sama.

B. Menampilkan sikap yang wajar terhadap perbedaan-perbedaan pemikiran,sikap dan perilaku anak didiknya.

C. Berpandangan bahwa segala perbedaan siswa merupakan fakta yang tidak dapat dihindari.

D. Mengurangi perbedaan-perbedaan itu dan mengutamakan keseragaman.

E. Peka terhadap perbedaan dan berperan menumbuhkan sikap saling menghargai antara siswa satu dengan lainnya.

Jawaban: E.

 

5. Salah satu tugas guru piket adalah membuat surat keterangan pemberian poin pelanggaran bagi guru, karyawan, dan siswa yang datang terlambat. Poin pelanggaran tersebut pada jumlah tertentu akan diberi sanksi sesuai kesepakatan. Ketika Anda menjadi guru piket, ada seorang guru dan anaknya (kebetulan anak tersebut sekolah di sekolah Anda) datang terlambat 30 menit. Sesuai aturan, datang terlambat 30 menit harus diberi poin pelanggaran sebanyak 30 poin. Tiba-tiba teman Anda yang terlambat meminta kepada Anda agar dia dan anaknya tidak dibuatkan surat keterangan poin pelanggaran karena alasan ban motor pecah. Apa yang akan Anda lakukan?

A. Memenuhi permintaan teman Anda karena alasannya masuk akal tetapi Anda laporkan kasus tersebut kepada kepala sekolah.

B. Tetap membuat surat keterangan poin pelanggaran sesuai aturan, tetapi hanya untuk anaknya dan dilaporkan kepada kepala sekolah.

C. Tetap membuat surat keterangan poin pelanggaran baik kepada teman Anda dan juga anaknya meskipun jumlah poin dikurangi.

D. Tetap membuat surat keterangan poin pelanggaran baik kepada teman Anda dan juga anaknya sesuai aturan.

E. Tetap membuat surat keterangan poin pelanggaran kepada keduanya dan melaporkan kepada kepala sekolah atas kasus ini.

Jawaban: D.

 

6. Seorang siswa bercerita kepada guru bahwa dia merasa ditipu oleh temannya yang sudah menjanjikan akan mengajarkan materi matematika sebagai persiapan ujian tengah semester. Namun, pada hari yang telah disepakati, temannya tidak datang dengan alasan ada urusan mendadak. Siswa tersebut merasa kecewa karena temannya tidak menepati janji, sementara nilainya menjadi jelek. Walaupun sebelumnya keduanya bersahabat, saat ini mereka tidak saling bertegur sapa. Jika Anda menghadapi situasi seperti itu, apa yang akan ada lakukan sebagai guru?

A. Memberitahukan kepada salah satu pihak bahwa temannya tidak membantu karena perihal yang penting. Selain itu, urusan belajar merupakan urusan masing- masing.

B. Memanggil keduanya, serta memberikan nasehat-nasehat agar keduanya bersahabat dan saling membantu.

C. Memberitahu pada salah satu pihak bahwa karena tidak jadi membantu, temannya mendapat nilai jelek serta mendorongnya untuk meminta maaf.

D. Memfasilitasi pertemuan di antara keduanya untuk membangun saling kesepahaman mengenai masalah tersebut dan jalan penyelesaiannya.

E. Cukup didengarkan saja keluhan itu dengan baik, dan menyarankan untuk dapat diselesaikan secara mandiri.

Jawaban: D

 

7. Seorang siswa kedapatan membawa hape ke sekolah. Padahal, sudah ada peringatan serta aturan agar peserta didik tidak membawa handphone ke sekolah. Sebagai guru, bagaimana Anda menanggapi permasalahan tersebut?

A. Memanggil siswa dan menasehatinya agar dia tidak membawa handphone ketika di lingkungan sekolah karena akan mengganggu konsentrasi belajarnya.

B. Apabila mengetahui siswa yang membawa handphone, segera menyampaikan hal ini pada wali kelas serta guru Bimbingan dan Konseling untuk memperoleh penanganan lebih lanjut.

C. Saya akan lebih aktif dalam mencegah agar siswa tidak membawa handphone ketika di sekolah dengan cara melakukan pemeriksaan sebelum bel masuk kelas dan menyita handphone untuk sementara waktu.

D. Saya menemui siswa yang membawa handphone saat di sekolah maupun di kelas, serta memberikan teguran langsung dengan harapan tidak mengulangi pelanggaran tersebut.

E. Merampas handphone dan memanggil orang tua siswa tersebut agar ikut mengingatkan anaknya jangan sampai membawa handphone ke sekolah.

Jawaban: D

 

8. Sekolah Anda pada akhir libur semester mengadakan study tour ke luar kota selama tiga hari dan Anda menjadi salah satu guru pendamping kegiatan study tour itu. Sesuai rencana, rombongan study tour akan tiba kembali di sekolah hari Minggu sore pukul 17.00 karena hari Senin adalah hari pertama masuk sekolah. Namun, karena sesuatu dan lain hal, rombongan baru tiba kembali ke sekolah hari Senin pukul 03.00 pagi. Beberapa guru berencana untuk izin tidak masuk pada hari pertama karena kelelahan. Apa yang akan Anda lakukan jika menghadapi situasi seperti itu?

A. Tetap masuk sekolah meskipun tidak seharian penuh sebagaimana hari-hari biasa.

B. Tetap masuk sekolah sebagaimana hari-hari biasa meskipun banyak guru yang izin.

C. Menyarankan kepada guru yang berencana untuk tidak masuk untuk tetap masuk sekolah.

D. Menyampaikan kepada kepala sekolah agar menghimbau para guru untuk tetap masuk sekolah.

E. Menyarankan kepada peserta didik yang ikut study tour untuk tetap masuk sekolah.

Jawaban: B.

 

9. Dalam perjalanan menuju sekolah, pada pemberhentian di perempatan, Anda melihat siswa SMA pengendara motor berhenti melewati garis marka jalan. Anda akan melakukan apa?

A. Menegur dengan tegas agar siswa tersebut tidak melampaui garis marka jalan demi keselamatannya.

B. Menjelaskan di depan kelas tentang kasus yang Anda alami agar siswa Anda tidak melakukan pelanggaran lalu lintas.

C. Menegur dengan santun agar siswa tersebut tidak melampaui garis marka jalan demi keselamatannya.

D. Berteriak dengan keras agar siswa tersebut tidak melampaui garis marka jalan demi keselamatannya.

E. Memotret kejadian itu dan menyampaikan pelanggaran itu kepada para siswa di sekolah agar tidak melakukan hal seperti itu.

Jawaban: C.

 

10. Terdapat peserta didik yang mengadu kepada guru, bahwa ia selalu melakukan tugas piket kebersihan kelas sendiri. Anggota yang lain tidak mau ikut terlibat membersihkan kelas. Mereka memaksa dan mengancam jika melaporkan pada wali kelas. Sebagai guru yang mengetahui hal tersebut, apa yang akan Anda lakukan?

A. Memberikan hukuman kepada seluruh anggota piket kebersihan karena tidak dapat membangun kerjasama yang baik dalam tugas yang menjadi tanggung jawabnya.

B. Guru melakukan evaluasi keterlibatan siswa terkait kegiatan piket kebersihan kelas serta menyampaikan hasilnya, agar menjadi perhatian seluruh siswa untuk terlibat dalam tanggung jawab tersebut.

C. Memberikan teguran kepada siswa yang tidak mau terlibat dalam kegiatan piket kebersihan kelas agar siswa yang rajin tidak terpengaruh dan dia tidak mengulangi perbuatannya.

D. Merekomendasikan guru BK untuk melakukan konseling kelompok untuk mengajarkan keterampilan bekerjasama dengan orang lain dalam suatu kelompok.

E. Memfasilitasi pertemuan bersama agar terjadi komunikasi antar anggota kelompok piket kebersihan, sehingga semua anggota menyadari tugas masing-masing ketika jadwal piket kebersihan kelas berlangsung.

Jawaban: C.

 

11. Kelas akselerasi adalah untuk memenuhi kebutuhan siswa yang memiliki potensi dan bakat akademis luar biasa. Makna dan istilah 'akselerasi' di kalimat tersebut adalah...

A. Unggulan

B. Peningkatan

C. Percepatan

D. Tambahan

E. Khusus

Jawaban: C.

 

12. “Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih kosakata baku.” Ruang lingkup materi Bahasa Indonesia yang terkandung pada kompetensi dasar tersebut adalah...

A. Makanan dan rantai makanan, teks laporan

B. Teks laporan, kosakata baku

C. Kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem

D. Kosakata baku, pengaruh kesehatan manusia

E. Bahasa lisan, tulisan, makanan dan rantai makanan

Jawaban: B.

 

13. Perhatikan pernyataan di bawah ini! (1) Refleksi (analisis dan interpretasi) (2) Penetapan fokus permasalahan (3) Perencanaan tindak lanjut (4) Perencanaan tindakan perbaikan (5) Pelaksanaan tindakan (6) Pengumpulan data (pengamatan/observasi)

Dari daftar di atas, urutan langkah penelitian tindakan yang benar menurut Kurt Lewin ialah...

A. (2), (4), (5), (6), (1), (3)

B. (4), (5), (6), (2), (1), (3)

C. (3), (2), (1), (4), (6), (5)

D. (1), (3), (4), (6), (5), (2)

E. (1), (4), (2), (3), (5), (6)

Jawaban: A.

 

14. Transmisi listrik dari pembangkit listrik ke daerah lain berjarak ribuan kilometer, menggunakan kabel yang memiliki hambatan kecil. Hal ini dimaksudkan untuk...

A. Meminimalkan energi listrik yang hilang

B. Memaksimalkan kuat arus listrik yang dihasilkan

C. Mencegah timbulnya energi panas pada kabel

D. Menjaga tegangan listrik yang dihasilkan tetap tinggi

E. Menghemat biaya transmisi jaringan

Jawaban: A.

 

15. Jika dalam ujian fisika Andi mendapat nilai 75 dengan rata-rata kelas 70 dan simpangan baku 10, sedangkan dalam ujian statistika ia mendapat nilai 80 dengan rata-rata kelas 75 dan simpangan baku 12, artinya.....

A. Kemampuan fisika dan statistika di kelas Andi sama variasinya

B. Kemampuan fisika di kelas Andi lebih beragam daripada kemampuan statistika

C. Kemampuan fisika di kelas Andi lebih seragam daripada kemampuan statistika

D. Kemampuan statistika di kelas Andi lebih seragam daripada kemampuan fisika

E. Kemampuan fisika dan statistika di kelas Andi tak dapat dibandingkan variasinya

Jawaban: E.

 

16. Suyono berangkat pukul 10.00 pagi saat akan mengunjungi rumah orang tuanya. Dia bepergian dengan mengendarai mobil. Jika Suyono menyetir mobil dengan kecepatan 60 km/jam dan tiba di rumah orang tuanya pada pukul 11.30, berarti jarak tempuh dalam perjalanannya adalah . . . km.

A. 70

B. 75

C. 80

 D. 90

E. 120

Jawaban: D.

 

17. Kemampuan untuk menciptakan, memiliki daya cipta, atau mampu menciptakan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun alat yang relatif berbeda dengan apa yang telah ada sebelumnya dalam pembelajaran merupakan sikap kreatif guru ketika menyampaikan ilmu kepada siswa. Model yang sesuai dengan sikap kreatif memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar IPS SD adalah...

A. Problem Based Learning

B. Contextual Teaching Learning

C. Project Based Learning

D. Open Inquiry

E. Cooperative Learning

Jawaban: B.

 

18. Kepada anak kelas 5 SD diberikan soal berikut. Ibu memotong kue tart berbentuk persegi menjadi dua bagian yang sama besar, salah satu bagian dipotong lagi sama besar dan salah satu hasilnya dipotong lagi sama besar, sehingga terdapat potongan kue yang besarnya berbeda-beda. Gambarlah empat potongan kue yang ukuran berbeda-beda? Soal tersebut tepat untuk mengukur kemampuan...

A. Pemecahan masalah

B. Representasi

C. Penalaran

D. Berargumentasi

E. Generalisasi

Jawaban: A.

 

19. Dua buah sendok dimasukkan ke dalam gelas yang berisi air dingin. Sendok yang satu terbuat dari stainless steel dan yang lainnya berbahan plastik. Setelah beberapa lama, suhu sendok plastik adalah...

A. Lebih dingin daripada sendok stainless steel

B. Sama dengan sendok stainless steel

C. Lebih panas dari sendok stainless steel

D. Tergantung suhu airnya dan kepekaan tangan

E. Tergantung suhu lingkungan dan kepekaan tangan

Jawaban: E.

 

20. Perhatikan pernyataan berikut! (1) Tersedia sarana media daring (2) Tersedia media penelusuran materi pembelajaran (3) Tejalin komunikasi antar-kelompok (4) Tersedia aplikasi piranti software untuk berbagai kebutuhan (5) Tersedia media bagi guru untuk mengumumkan suatu hal penting Manfaat perkembangan IPTEK bagi siswa SD pada era digital seperti sekarang adalah...

A. (1), (2), dan (3)

B. (1), (2), dan (5)

C. (2), (3), dan (4)

D. (2), (4), dan (5)

E. (3), (4), dan (5)

Jawaban: A

 

Berikut ini lanjutan Contoh Soal SJT Uji Kompetensi (UKOM) Jabatan Fungsional Guru Muda Guru Kelas SD MI Tahun 2024-2025 dan jawabannya:

 

21. Lulu dan Ika akan melakukan percobaan. Bahan dan alat yang disediakan adalah batang yang terbuat dari plastik, kayu, tembaga, dan besi dengan panjang dan besar yang sama yang setiap ujungnya diolesi mentega, gelas berisis air panas. Variabel bebas percobaan Lulu dan Ika adalah...

A. Jenis batang

B. Mentega

C. Besar kecilnya batang

D. Air panas E. Suhu air

Jawaban: E.

 

22. Perhatikan pernyataan berikut! (1) Letak astronomis Indonesia 6o LU – 11o LS (2) Ibu kota Indonesia adalah Jakarta (3) Penghasil tembakau wilayah yang bersuhu udara panas (4) Cerita rakyat mengandung majas narasi (5) Institut Teknologi Bandung berada di Bandung Dari daftar di atas, yang termasuk fakta dalam pembelajaran IPS SD adalah...

A. (1), (2), dan (3)

B. (2), (3), dan (4)

C. (3), (4), dan (5)

D. (1), (3), dan (4)

E. (1), (2), dan (5)

Jawaban: E.

 

23. Dalam melakukan pembelajaran IPS, guru dituntut untuk memberikan pembelajaran pada siswa dengan pendekatan project Based Learning. Ciri utama pendekatan Project Based Learning adalah...

A. Siswa memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab sosial untuk mengubah perilaku peserta didik dalam bekerja sama dan bergotong royong

B. Siswa bekerja secara nyata, seolah-olah ada di dunia nyata yang dapat menghasilkan produk secara realistis

C. Siswa menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya

D. Siswa memunculkan pertanyaan penuntun (a guiding question)

E. Guru membimbing peserta didik baru kolaboratif yang mengintegrasikan berbagai subjek (materi)

Jawaban: B.

 

24. Adanya integrasi sosial berdasarkan pada nilai dan norma yang disepakati bersama dan memberi tuntutan cara individu berperilaku. Berikut ini faktor yang memengaruhi terbentuknya integrasi sosial adalah...

A. Semangat gotong royong yang semakin bergeser sebagai makhluk sosial

B. Kebutuhan telah terpenuhi dan adanya persamaan kebudayaan

C. Adanya konsensus nilai dalam masyarakat dan sikap terbuka pada perubahan

D. Menurunnya tantangan dari pihak luar dan persamaan visi, misi, dan tujuan

E. Bergesernya nilai toleransi dan munculnya sikap individualisme

Jawaban: C.

 

25. Perhatikan pola bilangan berikut! 13, 25, 37, 49, 511, 613, 715, 817, 919, . . . Bilangan selanjutnya adalah...

A. 1021

B. 1012

C. 1032

D. 1023

E. 1031

Jawaban: A.

 

26. Untuk kompetensi dasar "Membandingkan dua bilangan sampai dua angka dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret,” tugas yang sesuai adalah...

A. Menghitung banyak antrean untuk mencuci tangan

B. Merinci banyak kegiatan saat makan

C. Merinci tugas masing-masing anggota keluarga

D. Menghitung banyak siswa kelas 5 dan kelas 6 saat upacara hari Senin

E. Menghitung banyak anak yang tidak masuk sekolah dalam dua hari

Jawaban: E.

 

27. Penggunaan tanda baca yang tidak tepat terdapat pada paragraf...

A. Pada abad ke XXI ini kita harus semakin peduli. Masih banyak saudara kita hidupnya serba kekurangan. Mereka sangat membutuhkan bantuan seperti bahan makanan, pakaian, obat-obatan, dan tempat tinggal.

B. Pada abad ke XXI ini kita harus semakin peduli. Masih banyak saudara kita hidupnya serba kekurangan. Mereka sangat membutuhkan bantuan seperti, bahan makanan, pakaian, obat-obatan, dan tempat tinggal.

C. Pada abad ke-21 ini kita harus semakin peduli. Masih banyak saudara kita hidupnya serba kekurangan. Mereka sangat membutuhkan bantuan seperti: bahan makanan, pakaian, obat-obatan, dan tempat tinggal.

D. Pada abad kedua puluh satu ini kita harus semakin peduli. Masih banyak saudara kita hidupnya serba kekurangan. Mereka sangat membutuhkan bantuan seperti bahan makanan, pakaian, obat-obatan, dan tempat tinggal.

E. pada abad ke-XXI ini kita harus semakin peduli. Masih banyak saudara kita hidupnya serba kekurangan. Mereka sangat membutuhkan bantuan seperti bahan makanan; pakaian; obat-obatan; dan tempat tinggal.

Jawaban: E.

 

28. Terdapat argumen yang menyatakan bahwa: (1) Memegang teguh hal-hal yang dibawa sejak kecil (2) Mengenal baik tradisi dan adat istiadat dalam lingkungan pertamanya (3) Meyakini kepercayaan yang diperoleh sejak lahir Merupakan konsep pembelajaran IPS SD dalam hal......

A. Etnosentrisme

B. Stereotipe

C. Eksklusivisme

D. Fanatisme

E. Primordialisme

Jawaban: E.

 

29. Salah satu sifat bahasa adalah bersifat manasuka. Maksud dari sifat manasuka tersebut adalah...

A. Bahasa memiliki pola dan kaidah yang harus ditaati agar dapat dipahami pemakainya

B. Tidak ada hubungan logis antara bunyi dan makna yang disimbolkannya

C. Bentuk dasar bahasa adalah ujaran karena media bahasa yang terpenting adalah bunyi

D. Bahasa menjadi berfungsi selama manusia yang memanfaatkannya, bukan makhluk lainnya

E. Bahasa adalah sebagai alat berkomunikasi atau alat perhubungan antara anggota-anggota masyarakat

Jawaban: B.

 

30. Seorang siswa kelas I diminta gurunya untuk menulis contoh-contoh kalimat majemuk berdasarkan gambar yang ada di papan tulis. Hal ini menandakan guru tersebut tidak memahami karakteristik perkembangan....siswa.

A. Kognitif

B. Bahasa

C. Moral

D. Sosial

E. Emosional

Jawaban: A.

 

31. Siswa mampu berpidato. Aspek yang dapat dinilai untuk mengukur ketercapaian KD tersebut adalah...

A. Lafal, intonasi, tanda baca, penampilan

B. Lafal, ejaan, ekspresi, penampilan

C. Lafal, diksi, ekspresi, percaya diri

D. Lafal, intonasi, ekspresi, penampilan

E. Lafal, intonasi, penguasaan topik, penampilan

Jawaban: E.

 

32. Manusia bisa disebut sebagai komponen abiotik yang memiliki akal pikiran sehingga dapat mengubah alam. Salah satu peranan manusia yang memberikan manfaat bagi alam adalah....

A. Mengadakan reboisasi dan penghijauan dalam rangka menjaga kelestarian alam

B. Mengubah ekosistem alami menjadi ekosistem binaan sehingga biota dapat terpelihara

C. Memberikan senyawa tertentu untuk meningkatkan flora dan fauna

D. Melakukan sistem pertanian dengan menggunakan mesin modern

E. Melakukan perubahan tata guna lahan dan desain lingkungan

Jawaban: A

 

33. Perhatikan argumen di bawah ini! P1: Jika Yono lulus ujian maka ia pergi ke luar negeri. P2: Jika Yono tidak menukar uang dolar maka ia tidak pergi ke luar negeri. Kesimpulan yang tepat adalah....

A. Jika Yono tidak pergi ke luar negeri maka ia menukar uang dolar

B. Jika Yono menukar uang dolar maka ia lulus ujian

C. Yono lulus ujian tetapi tidak menukar uang

D. Jika Yono tidak menukar uang dolar maka ia tidak lulus ujian

E. Jika Yono tidak pergi ke luar negeri maka ia tidak menukar uang dolar

jawaban: D

 

34. Alat peraga yang tepat untuk memberikan pemahaman tentang konsep perpangkatan bilangan adalah....

A. Menggunakan kartu bilangan yang dibuat khusus untuk permainan dan alat hitung

B. Memotong sedotan sama panjang dan dilakukan berulang-ulang untuk setiap sedotan hasil potongan sebelumnya

C. Memotong kertas berbentuk persegi panjang menurut diagonalnya secara berulang dan sama besar

D. Melipat kertas berbentuk persegi panjang beberapa kali dan menghitung kelilingnya

E. Menggunakan kertas berpetak dan kemudian diberi arsiran menurut arah horisontal dan vertikal

Jawaban: E

 

35. Apabila kemampuan yang diharapkan oleh guru IPS SD adalah siswa bisa menguasai memberikan pendapat tentang hakikat permasalahan sosial di lingkungan sekitar, jenis tes yang tepat untuk diberikan adalah.....

A. Uji kinerja

B. Uraian

C. Menjodohkan

D. Objektif pilihan ganda

E. Benar-salah

Jawaban: B Donwload

 

Demikian info Contoh Soal Uji Kompetensi (UKOM) SJT Kenaikan Jabatan Fungsional Guru Pertama ke Guru Muda untuk Guru Kelas SD MI Tahun 2024-2025 dan jawabannya. Semoga ada manfaatnya.

 




= Baca Juga =



No comments

Theme images by ainamulyana. Powered by Blogger.