Latihan Soal SMM PTN BARAT Tahun 2020/2021

Soal SMM PTN Barat Tahun 2020 (Soal SMMPTN Barat Tahun 2020/2021)


Soal SMM PTN Barat Tahun 2020/2021 (Soal SMMPTN Barat Tahun 2020/2021). Ada kabar baik bukan Kamu yang belum lulus SNMPTN dan SBMPTN, yakni dengan mengikuti Seleksi Jalur Ujian Mandiri. Khusus untuk PTN yang tergabung di wilayah Barat, Seleksi Mandiri dilakukan secara bersama-sama yang dikenal dengan istilah SMM PTN Barat. Dengan waktu yang masih ada ini, maka persiapkanlah segala sesuatunya untuk mengikuti seleksi jalur SMM PTN Barat (Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat Indonesia Tahun 2020) dengan sebaik mungkin.


Ada 16 PTN Wilayah barat yang mengadakan seleksi mandiri secara bersama-sama yang tergabung dalam SMM PTN Barat (Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat Indonesia Tahun 2020). Keenambelas PTN tersebut adalah Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Universitas Andalas (Unand), Universitas Jambi (Unja), Universitas Lampung (Unila), Universitas Bengkulu (Unib), Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang, Universitas Palangkaraya (UPR), Universitas Malikussaleh (Unimal), Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), Universitas Bangka Belitung (UBB), Universitas Teuku Umar (UTU), Institut Teknologi Sumatera (ITERA), Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Aceh, dan Universitas Samudera (Unsam)

Apa saja persyaratan mengikuti SMM PTN Barat (Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat Indonesia Tahun 2020)? Untuk mengikuti pendaftaran SMM PTN Barat tahun 2020, kamu harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:  1) Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C, harus memiliki ijazah. 2) Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2020, telah memiliki Surat Keterangan Lulus yang memuat sekurang-kurangnya informasi jati diri, pas foto yang bersangkutan, serta dibubuhi cap yang sah. 3) Peserta seleksi dalam kondisi kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu proses pembelajaran pada program studinya. 4) Ijazah adalah 3 tahun terakhir 2018, 2019, dan 2020 kecuali untuk UMRAH, Unja, UPR, dan Unimal tahun ijazah 5 tahun yaitu 2016, 2017, 2018, 2019, dan 2020 dan Paket C maksimal umur 25 tahun. Khusus untuk Institut Seni Budaya Indonesia Aceh (ISBI), tahun ijazah 10 tahun terakhir. 5) Ujian TOEFL bagi peserta yang memilih Program Studi Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Andalas.

Apabila kamu sudah dinyatakan lulus seleksi SMM PTN Barat tahun 2020,  maka kamu harus sudah dinyatakan lulus pendidikan menengah, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditetapkan oleh masing-masing PTN penerima, termasuk besaran nilai UKT dan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) / Biaya Pengembangan Institusi (BPI) yang besarnya dapat dilihat pada website perguruan tinggi masing-masing.

Apa saja materi Soal SMM PTN Barat Tahun 2020. Materi Soal Ujian SMMPTN Barat Tahun 2020 sama seperti SBMPTN yakni terdiri atas Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA), Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) terdiri atas mata uji Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika. Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas mata uji Sosiologi, Sejarah, Geografi dan Ekonomi. Namun ada juga materi Ujian Keterampilan yang diperuntukkan bagi peserta yang memilih program studi bidang seni dan keolahragaan terdiri dari :
          Ujian keterampilan seni rupa dengan mata tes menggambar, tes pengetahuan dan wawasan seni rupa.
          Ujian keterampilan seni tari dengan mata tes tari bentuk, tes kreatifitas tari, tes imitasi gerak, serta tes pengetahuan dan wawasan seni tari (dalam bentuk wawancara)
          Ujian keterampilan seni musik dengan mata tes musikalitas, tes praktek instrumen, serta tes pengetahuan dan wawasan seni musik (dalam bentuk wawancara)
          Ujian keterampilan seni drama/teater dengan mata tes praktek monolog, tes praktek pantomim, serta tes pengetahuan dan wawasan seni drama/teater (dalam bentuk wawancara).
          Ujian keterampilan olah raga dengan mata tes kesehatan dan tes keterampilan motorik.
          Ujian TOEFL bagi peserta yang memilih Program Studi Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Andalas.

Sudah Kamu mendaftar menjadi peserta seleksi SMM PTN Barat ? Jika sudah mendaftar ayo persiapkan diri dengan mempelajari soal latihan Soal SMM PTN Barat Tahun 2020/2021. Bisa dengan mempelajari soal latihan Soal SMM PTN Barat Tahun 2020, soal latihan Soal SMM PTN Barat Tahun 2019, soal latihan Soal SMM PTN Barat Tahun 2018 dengan meminat pada kakak kelasmu yang pernah mengikuti SMM PTN Barat. Jika kamu mengalami kesulitan memperoleh soal tahun sebelumnya jangan khawatir, kamu pelajari saja soal-soal SBMPTN karena berdasarkan informasi resmi dilaman http://smmptnbarat.id Soal  Soal SMMPTN Barat hampir sama dengan SBMPTN, polanya pun mengadopsi model SBMPTN

Sebagai bahan persiapan menghadapi Soal SMM PTN Barat Tahun 2020/2021 dalam pelaksanaan Ujian SMM PTN Barat 2020 berikut admin bagikan Link Soal dan pembahasan SBMPTN tahun 2020 dan tahun sebelumnya semoga ada manfaatnya sebagai Latihan menghadapi Soal seleksi SMM PTN Barat Tahun 2020

Unduh Soal dan Pembahasan SBMPTN 2020 (Saintek)
Unduh Soal dan Pembahasan SBMPTN 2020 (Soshum)
Unduh Soal SBMPTN 2020 (Lengkap TKPA - Saintek - Soshum)

Demikian info tentang latihan Soal SMM PTN Barat Tahun 2020/2021. Mudah-mudahan bermanfaat. Selamat belajar, semoga sukses. Jangan lupa berdo’a agar hasilnya maksimal. Terima kasih.

6 comments:

  1. Terima kasih pak telah berbagi info yang menarik dan sangat kami butuhkan.

    ReplyDelete
  2. Extraordinary. This ainamulyana.com website has the advantage of being easily accessible. The website can be accessed quickly. Also this website is very useful.

    ReplyDelete
  3. Terima kasih banyak informasinya sangat bermanfaat. Jazakallahu Khairan Katsiran

    ReplyDelete
  4. It's no surprise that this blog is amazing. Thank you for sharing that has helped many teachers and students as well as the general public.

    ReplyDelete
  5. Terima kasih banyak, postingnya sangat membantu

    ReplyDelete
  6. Terima kasih posting sangat menginspirasi, luar biasa dan banyak manfaatnya.

    ReplyDelete

Theme images by ainamulyana. Powered by Blogger.