Download Buku Guru dan Buku Siswa SMA MA SMK Kelas 12 (XII) Tahun Pelajaran 2020/2021

Buku Guru dan Buku Siswa SMA MA SMK Kelas 12 (XI) Tahun Pelajaran 2020/2021 Lengkap


Buku Guru dan Buku Siswa SMA MA SMK Kelas 12 (XII) Tahun Pelajaran 2020/2021 adalah buku acuan wajib untuk digunakan di sekolah yang memuat materi pembelajaran dalam rangka peningkatan keimanan dan ketakwaan, budi pekerti dan kepribadian, kemampuan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, kepekaan dan kemampuan estetis, potensi fisik dan kesehatan yang disusun berdasarkan standar nasional pendidikan.

 

Buku Guru dan Buku Siswa SMA MA SMK Kelas 12 (XII) Tahun Pelajaran 2020/2021 adalah buku sekolah yang dijadikan pegangan siswa dalam pembelajaran pada jenjang pendidikan tertentu sebagai sumber belajar siswa dalam menggali kemampuan kognitif siswa yang diharapkan dapat membantu siswa dalam belajar.

 

Sebagai buku pendidikan, Buku Guru dan Buku Siswa SMA MA SMK Kelas 12 (XII) Tahun Pelajaran 2020/2021 memainkan peranan penting dalam pembelajaran. Dengan buku teks, program pembelajaran bisa dilaksanakan secara lebih teratur, sebab guru sebagai pelaksana pendidikan akan memperoleh pedoman materi yang jelas. Dan siswa pun akan lebih mudah memahami materi yang diajarkan serta dapat memperluas pemahaman siswa ditambah pula dengan penjelasan dari guru mata pelajaran terkait. Pada sisi lain, buku teks dapat dipandang sebagai simpanan pengetahuan tentang berbagai segi kehidupan, hal ini dikarenakan buku teks sudah dipersiapkan dari segi kelengkapan dan penyajiannya, buku teks itu memberikan fasilitas bagi kegiatan belajar mandiri, baik tentang isinya maupun tentang caranya. Penggunaan buku teks memang sangat penting dalam pembelajaran.

Buku Guru dan Buku Siswa SMA MA SMK Kelas 12 (XII) Tahun Pelajaran 2020/2021 memiliki banyak fungsi, tujuan dan kegunaan atau manfaat dalam mendukung proses pembelajaran, terdapat beberapa fungsi buku guru dan buku siswa, yaitu fungsi buku teks untuk guru, untuk siswa dan untuk orang tua murid.

 

Fungsi buku teks untuk guru adalah Sebagai pedoman untuk mengidentifikasi apa yang harus diajarkan atau dipelajari oleh siswa, artinya, dengan buku guru dan buku siswa guru mempunyai petunjuk ketika mengajar, agar pembelajaran tidak menyimpang dari pembelajaran yang akan diajarkan; Mengetahui urutan penyajian bahan ajar, dengan adanya buku guru dan buku siswa, seorang guru akan mengetahui urutan mengajar mereka dari materi yang mudah menuju materi yang lebih sulit, dari materi yang sempit menuju materi yang lebih luas; Memperoleh bahan ajar secara mudah, dengan buku guru dan buku siswa guru pun akan lebih mengetahui bahan ajar apa saja atau sumber belajar yang lain yang dibutuhkan siswa dalam materi tertentu. Sehingga dapat mempermudah pemahaman siswa dalam menerima penyampaian materi dari guru.

 

Fungsi Buku Guru dan Buku Siswa SMA MA SMK Kelas 12 (XII) Tahun Pelajaran 2020/2021 untuk siswa adalah Sebagi sarana kepastian tentang apa yang mereka pelajari; Buku guru dan buku siswa akan membantu siswa untuk mengetahui apa saja yang akan siswa pelajari, sehingga siswa akan lebih siap ketika mengikuti pembelajaran; Alat kontrol untuk mengetahui seberapa banyak dan seberapa jauh mereka telah menguasai materi pelajaran. Dalam buku guru dan buku siswa, ada soal-soal evaluasi per-bab dan setiap beberapa bab serta latihan-latihan per-indikator. Ini bisa dijadikan sebagai alat untuk mengukur kemampuan siswa dalam menguasai materi pelajaran dalam hal kognitif siswa; Menarik perhatian siswa dengan adanya gambar, Buku guru dan buku siswa yang dilengkapi pula dengan gambar untuk memperjelas pemahaman materi, akan menarik perhatian siswa; Menumbuhkan minat baca siswa, dengan adanya buku guru dan buku siswa juga diharapkan bisa menumbuhkan minat baca anak-anak Indonesia yang masih sangat rendah, karena dengan adanya buku guru dan buku siswa siswa akan bisa menemukan jawaban dari persoalan yang mereka hadapi dengan membaca buku tersebut.

 

Fungsi buku teks untuk orang tua murid adalah dengan buku teks orang tua bisa memberikan arahan kepada anaknya apabila yang bersangkutan kurang memahami materi yang diajarkan di sekolah. Dari keadaan ini orang tua akhirnya bisa mengetahui daya serap anaknya terhadap materi mata pelajaran tertentu. Apabila daya serapnya kurang, perlu dilakukan langkah-langkah perbaikan; dan apabila daya serapnya baik, perlu juga dilakukan langkah-langkah pemantapan atau pengayaan.

 

Selain fungsi buku teks tersebut, ada pula tujuan diadakannya buku guru dan buku siswa untuk siswa, beberapa tujuan tersebut adalah: ntuk meningkatkan perhatian dan motivasi belajar siswa, salah satu tujuan buku teks adalah agar para siswa dapat termotivasi dalam belajar, mereka bisa membaca terlebih dahulu materi apa yang akan mereka pelajari, sehingga ketika mereka telah tertarik oleh satu materi, maka mereka akan termotivasi untuk mempelajari lebih lanjut materi tersebut; Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, ketika siswa telah termotivasi dan semangat dalam belajar, maka hasil belajar siswa pun akan lebih meningkat; Agar pembelajaran menjadi lebih bervariasi, Tujuan dari buku teks selanjutnya adalah membuat pembelajaran lebih bervariasi, guru bisa menggunakan beragai metode dan langkah yang ada di buku guru dan buku siswa, sehingga guru tidak hanya menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran dan siswa tidak lagi merasa jenuh atau bosan ketika belajar.

 

Dengan banyaknya fungsi, tujuan serta manfaat dan kegunaan buku guru dan buku siswa, sudah selayaknya pemerintah lebih memperhatikan penyediaan dan pengiriman buku-buku tersebut di sekolah. Permasalahan yang terjadi saat ini adalah keterlambatan pengiriman buku guru dan buku siswa, sehingga sedikit menyulitkan kegiatan belajar mengajar, dan referensi serta pengetahuan yang diperoleh siswa pun hanya sebatas dari apa yang disampaikan oleh guru. Dengan keadaan yang seperti ini, pihak penerbit pun tidak mau disalahkan atas keterlembatan yang terjadi. Dengan demikian sekolah harus rela menggandakan sendiri buku ajar sesuai dengan jumlah siswa yang ada. Tak hanya itu, sebagian buku bahkan harus dicetak sendiri oleh orang tua karena ketiadaan biaya yang dimiliki oleh sekolah, karena terkadang biaya operasional untuk sekolah pun sering mengalami keterlambatan.

 

Keterlambatan buku membuat beban tersendiri bagi guru dan peserta didik terlambatnya buku kurikulum memiliki pengaruh besar terutama bagi kegiatan belajar mengajar (KBM). Selain itu juga berpengaruh pada siswa, tanpa buku proses belajar mengajar tak maksimal. Guru tak bisa menyampaikan materi dan siswa juga tak bisa mengerjakan tugas yang diberikan guru lantaran bahan tugas berasal dari buku yang belum datang. Untuk menjaga keberlangsungan pembelajaran tersebut, tak ada jalan lain bagi pemerintah selain mengambil alih proses pengadaan dan pemesanan buku ajar untuk seluruh sekolah. Dengan dana dan sumber daya yang dimilikinya, pemerintah seharusnya mampu menyediakan buku ajar sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan.

 

Berikut ini Link download Buku Guru dan Buku Siswa SMA MA SMK Kelas 12 (XII) Tahun Pelajaran 2020/2021 Lengkap


Link download Buku siswa MA/SMA Kelas 12 Tahun 2020/2021

Download Buku Guru PAI SMA/SMK Kelas 12 (disini)

Download Buku Siswa PAI SMA/SMK Kelas 12 (disini)

Download Buku Guru PPKn Kelas 12 MA/SMA/SMK (disini)

Download Buku Siswa PPKn Kelas 12 MA/SMA/SMK (disini)

DownloadBuku Guru Bahasa Indonesia Kelas 12 MA/SMA/SMK (disini)

Download Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas 12 MA/SMA/SMK (disini)

Download Buku Guru Bahasa Inggris Kelas 12 MA/SMA/SMK (disini)

Download Buku Siswa Bahasa Inggris Kelas 12 MA/SMA/SMK  (disini)

Download Buku Guru Matematika Kelas 12 MA/SMA/SMK (disini)

Download Buku Siswa Matematika Kelas 12 MA/SMA/SMK (disini)

Download Buku Guru Sejarah Indonesia Kelas 12 MA/SMA/SMK (disini)

Download Buku Siswa Sejarah Indonesia Kelas 12 MA/SMA/SMK (disini)

Download Buku Siswa Simulasi dan Komunikasi Digital (Disini)

Download Buku Siswa Seni Budaya  MA/SMA/SMK Semester 1 Kelas 12 (disini)

Download Buku Siswa Seni Budaya  MA/SMA/SMK Semester 2 Kelas 12 (disini)

Download Buku Siswa Prakarya dan Kewirausahaan Semester 1 MA/SMA/SMK Kelas 12 (disini)

Download Guru Siswa PJOK MA/SMA/SMK Kelas 12 (disini)

Download Buku Siswa PJOK MA/SMA/SMK Kelas 12 (disini)

Download Buku Kelas 12 Aqidah Akhlak

Download Buku Kelas 12 Bahasa Arab

Download Buku Kelas 12 Fiqih

Download Buku Kelas 12 Quran Hadis

Download Buku Kelas 12 Sejarah Kebudayaan Islam

Kumpulan Buku Keagamaan (Buku PAI dan Bahasa Arab) Milik KSKK Tingkat MA Download Disini


 

Demikian informasi tentang Buku Guru dan Buku Siswa SMA MA SMK Kelas 12 (XI) Tahun Pelajaran 2020/2021 Lengkap. Semoga ada manfaatnya, terima kasih



3 comments:

  1. Informasinya sangat bermanfaat dan menginspirasi, terima kasih banyak.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih pak telah berbagi info yang menarik dan sangat kami butuhkan.

    ReplyDelete
  3. It's no surprise that this blog is amazing. Thank you for sharing that has helped many teachers and students as well as the general public.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.