LATIHAN SOAL PTS SEMESTER 1 KELAS 2 SD MI KURIKULUM 2013 TAHUN 2021/2022

Latihan Soal PTS Semester 1 (Ganjil) Kelas 2 SD MI Kurikulum 2013 Tahun 2021/2022


Latihan Soal PTS Semester 1 (Ganjil) Kelas 2 SD MI Kurikulum 2013 Tahun 2021/2022. Penilaian dapat disebut sebagai proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar Peserta Didik (Permendikbud No. 66 Tahun 2013). Penilaian merupakan serangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan. Penilaian dapat dilakukan selama pembelajaran berlangsung (penilaian proses) dan setelah pembelajaran usai dilaksanakan (penilaian hasil/produk).

 

Pendekatan penilaian yang digunakan adalah penilaian acuan kriteria (PAK). PAK merupakan penilaian pencapaian kompetensi yang didasarkan pada kriteria ketuntasan minimal (KKM). KKM merupakan kriteria ketuntasan belajar minimal yang ditentukan oleh satuan pendidikan dengan mempertimbangkan karakteristik Kompetensi Dasar yang akan dicapai, daya dukung, dan karakteristik peserta didik.

 

Standar penilaian pada kurikulum 2013 lebih menekankan pada pada prinsif-prisif kejujuran, yang mengedepankan aspek-aspek berupa knowledge, skill dan attitude. Salah satu Â bentuk dari penilaian itu adalah penilaia otentik. Penilaian otentik disebutkan dalam kurikulum 2013 adalah model penilaian yang dilakukan saat proses Â pembelajaran berlangsung berdasarkan tiga komponen di atas. Diantara teknik dan isntrumen penilaian dalam kurikulum 2013 adalah 1) Penilaian kompetensi sikap. Pendidik melakukan penilaian kompetensi sikap melalui observasi, penilaian iri, penilaian “teman sejawat”(peer evaluation) oleh peserta didik dan jurnal. Instrumen yang digunakan untuk observasi, penilaian Diri, dan penilaian antarpeserta didik adalah daftar cek atau skala penilaian (rating scale) yang disertai rubrik, sedangkan pada jurnal berupa catatan  pendidik. 2) Penilaian Kompetensi Pengetahuan, menilai kompetensi pengetahuan melalui tes tulis, tes lisan, dan  penugasan. 3) Penilaian Kompetensi Keterampilan, Pendidik menilai kompetensi keterampilan melalui penilaian kinerja, yaitu  penilaian yang menuntut peserta didik mendemonstrasikan suatu kompetensi tertentu dengan menggunakan tes praktik, projek, dan  penilaian portofolio. Instrumen yang digunakan berupa daftar cek atau skala penilaian (rating scale) yang dilengkapi rubrik.

 

Merujuk pada Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Revisi Kurikulum 2013, ada beberapa istilah yang sering digunakan dalam kegiatan penilaian oleh guru di sekolah:

 

1.Ketuntasan Belajar Minimal(KBM)

KBM adalah kriteria pencapaian ketuntasan minimal pada satu atau dua kompetensi dasar. Sebagai contoh, ketuntasan mata pelajaran IPA pada kompetensi dasar 1 adalah 65.

Setelah diadakan ulangan pada kompetensi dasar tersebut, siswa memperoleh nilai 65 atau menguasai materi pada kompetensi dasar tersebut 65%. Siswa tersebut sudah memenuhi ketunasan belajar minimal.

Sebelumnya digunakan istilah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang tertuang dalam permendikbud Nomor 53 Tahun 2015. Jika Anda ingat, istilah ini sudah pernah digunakan sebelumnya seperti pada KTSP (Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan) atau kurikulum 2006.. Ada juga yang menggunakan istilah SKBM (Syarat Ketuntasan Belajar Minimal).

 

2.Penilaian Harian(PH)

Kegiatan pengukuran pencapaian kompetensi siswa secara berkala setelah menyelesaikan satu atau lebih kompetensi dasar. Penilaian harian lebih kompleks dan tidak hanya sebagai ujian.

Sebelumnya dikenal dengan istilah UH (Ulangan Harian). Semacam kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa dan dijadikan acuan sebagai prestasi belajar.

 

3.Penilaian Tengah Semester(PTS)

Kegiatan pengukuran pencapaian kompetensi siswa setelah melaksanakan beberapa minggu kegiatan pembelajaran. Penilaian mencakup seluruh indikator pada KD tersebut.  Sebelumnya UTS (Ujian Tengah semester)

 

4.Penilaian Akhir Semester(PAS)

Kegiatan pengukuran pencapaian kompetensi siswa di akhir semester ganjil/gasal atau semester genap. Mencakup seluruh indikator pada semua KD. Sebelumnya digunakan istilah UAS (Ujian Akhir Semester). PAS untuk semester gasal/ganjil dan semester genap

 

5.Penilaian Akhir Tahun (PAT)

Sebelum PAT digunakan istilah UKK (Ujian Kenaikan Kelas). PAT terdiri dari materi soal pada semester ganjil (25%) dan semester genap (75%). Kenaikan kelas ditentukan oleh PAT

 

Tujuan diadakannya Penilaian Tengah Semester(PTS) antara lain: Mengukur kemajuan belajar siswa setelah setengah semester; Mengukur pencapaian kompetensi siswa setelah proses pembeljaran selama setengah semester; Menentukan nilai hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran beberapa KD (Kompetensi Dasar); Melakukan perbaikan pembelajaran pada setengah semester berikutnya.


Adapun prinsip dalam penyusunan Soal PTS (Penilaian Tengah Semester), adalah: 1) Objektif yakni penilaian pelajar tidak terpengaruhi oleh subyektivitas pemberi nilai, perbedaan latar belakang hingga hubungan emosional; 2) Valid, penilaian hasil belajar oleh para guru harus mengukur pencapaian yang sudah ada dalam aturan standar yang berlaku; 3) Adil, penilaian hasil belajar satu semester tidak bersifat menguntungkan maupun merugikan para belajar; 4) Menyeluruh dan Berkesinambungan, penilaian hasil belajar harus mencakup semua aspek dengan menggunakan teknik penilaian yang sesuai dengan aturan; 5) Sistematis, penilaian yang ada sudah berjalan sesuai dengan langkah-langkah baku.

 

Untuk mempersiapkan diri menghadapi Soal PTS Semester 1 (Ganjil) Kelas 2 SD MI Kurikulum 2013 Tahun 2021/2022 sebaiknya pelajar mulai mengerjakan latihan soal yang menunjang pada saat Penilaian Tengah Semester dari pihak sekolah. Bagi yang membutuhkan berikut ini beberapa link download latihan Soal PTS Semester 1 (Ganjil) Kelas 2 SD MI Kurikulum 2013 Tahun 2021/2022

 

Latihan Soal PTS UTS Bahasa Indonesia Kelas 2 SD MI Kurikulum 2013 Semester 1 (Ganjil) ---disini---

Latihan Soal PTS UTS Bahasa Jawa Kelas 2 SD MI Kurikulum 2013 Semester 1 (Ganjil) ---disini---

Latihan Soal PTS IPA Kelas 2 SD MI Kurikulum 2013 Semester 1 (Ganjil) ---disini---

Latihan Soal PTS UTS IPS Kelas 2 SD MI Kurikulum 2013 Semester 1 (Ganjil) ---disini---

Latihan Soal PTS UTS Matematika Kelas 2 SD MI Kurikulum 2013 Semester 1 (Ganjil) ---disini---

Latihan Soal PTS UTS PJOK – Penjas Orkes  Kelas 2 SD MI Kurikulum 2013 Semester 1 (Ganjil) ---disini---

Latihan Soal PTS UTS PPKn  Kelas 2 SD MI Kurikulum 2013 Semester 1 (Ganjil) ---disini---

Latihan Soal PTS UTS PAI BK (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) Kelas 2 SD MI Kurikulum 2013 Semester 1 (Ganjil) ---disini---

Latihan Soal PTS UTS Seni Budaya dan Prakraya (SBP - SBdP) Kelas 2 SD MI Kurikulum 2013 Semester 1 (Ganjil) ---disini---

 

Demikian informasi tentang Latihan Soal PTS Semester 1 (Ganjil) Kelas 2 SD MI Kurikulum 2013 Tahun 2021/2022. Semoga ada manfaatnya.




1 comment:

Powered by Blogger.