LATIHAN SOAL UJIAN SEKOLAH (US) SENI BUDAYA DAN PRAKARYA (SBP SBDP SBK) SD TAHUN 2022 - 2023


Latihan Soal Ujian Sekolah (US) Seni Budaya dan Prakarya (SBP SBdP SBK) SD Tahun 2022 – 2023
 

Latihan Soal Ujian Sekolah (US) Seni Budaya dan Prakarya (SBP SBdP SBK) SD Tahun 2022 – 2023. Anda yang duduk di kelas terakhir pada jenjang pendidikan tertentu. Pasti sudah, dan akan melewati beberapa jenis ujian lagi di sekolah. Ujian yang dijalani tersebut merupakan rangkaian proses penilaian dalam pembelajaran. Penilaian yang dilaksanakan oleh siswa menjadi alat untuk memperoleh hasil belajar berupa nilai. Nilai yang dicantumkan pada rapor hasil belajar, Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) dan Daftar Nilai Evaluasi Murni (Danem), akan menjadi dokumen penting bagi siswa. Untuk melanjutkan pendidikan maupun untuk mencari pekerjaan.  

 

Masing-masing jenis penilaian yang dilaksanakan siswa akan mempunyai fungsi tersendiri. Nah, berikut ini akan kita bahas jenis dan fungsi penialian yang dilaksanakan oleh siswa di sekolah.

1. Penilaian harian

Penilaian harian dikenal juga dengan ulangan harian (UH). Fungsinya adalah untuk mengetahui tingkat penguasaan materi siswa terhadap satu atau lebih konsep/tema/pokok bahasan. Nilai ujian harian akan digabung dengan nilai tugas dan nilai lainnya menjadi nilai harian siswa. Nilai ini akan menjadi unsur penilaian pada rapor siswa.


2. Penilaian mid-semester

Penilaian mid-semester atau dikenal juga dengan Penialian atau ujian tengah semester (PTS atau UTS) dilaksanakan pada pertengahan semester.  Berfungsi untuk mengetahui tingkat penguasaan siswa terhadap beberapa konsep/tema/pokok bahasan. Hasil ujian UTS ini akan menentukan nilai pada rapor siswa.

 

3. Penilaian semester

Penilaian semester merupakan ujian yang dilaksanakan pada akhir semester setelah siswa menyelesaikan semua materi pada semester bersangkutan. Penilaiann semester terbagi dua, semester satu (semester ganjil) dan ujian semester dua (semester genap). Ujian semester genap disebut juga ujian kenaikan kelas.

 

4.Penilaian Akhir atau Ujian sekolah

Ujian sekolah (US) dilaksanakan setelah siswa menyelesaikan seluruh materi pembelajaran. Ujian yang dilaksanakan oleh  siswa kelas terakhir pada sebuah jenjang pendidikan sekolah ini berfungsi untuk menentukan kelulusan siswa dari suatu sekolah.

 

Ujian yang diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan (ujian sekolah) bertujuan menilai pencapaian standar kompetensi lulusan untuk semua mata pelajaran. Ujian dilakukan sesuai kurikulum yang digunakan satuan pendidikan, dan dapat dilaksanakan pada semester genap dan/atau ganjil oleh satuan pendidikan masing-masing.

 

Aturan yang melandasi pelaksanaan ujian sekolah adalah Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayan Nomor 43 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ujian yang Diselenggarakan Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional; Surat Edaran Nomor I Tahun 2021 Tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan serta Pelaksanaan Ujian Sekolah Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19); serta peraturan lain yang relevan.

 

Ujian sekolah dapat berbentuk: portofolio; penugasan; tes tertulis; dan/atau bentuk kegiatan lain yang ditetapkan Satuan Pendidikan sesuai dengan kompetensi yangdiukur berdasarkan Standar Nasional Pendidikan.

 

Peserta didik dinyatakan lulus dari satuan pendidikan setelah: menyelesaikan program pembelajaran di masa pandemi СOVID-19 yang dibuktikan dengan rapor tiap semester; memperoleh nilai sikap/perilaku minimal baik; dan mengikuti ujian sekolah.

 

Sebagai bahan latihan berikut ini Latihan Soal Ujian Sekolah (US) Seni Budaya dan Prakarya (SBP SBdP SBK) SD Tahun 2022 – 2023, yang dapat digunakan sebagai bahan latihan guna mempersiapkan diri dalam pelaksanaan Ujian Sekoah US SD tahun pelajaran 2021/2022 yang akan datang

 



Link download Latihan Soal Ujian Sekolah (US) Seni Budaya dan Prakarya (SBP SBdP SBK) SD Tahun 2022 – 2023 (disini)

 

Demikian informasi tentang Latihan Soal Ujian Sekolah (US) Seni Budaya dan Prakarya (SBP SBdP SBK) SD Tahun 2022 – 2023. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.




No comments

Theme images by ainamulyana. Powered by Blogger.