DOWNLOAD MODUL PEMBELAJARAN PPKN SMA SMK KELAS 10 (X) 11 (XI) DAN 12 (XII)



Modul Pembelajaran PPKN SMA SMK Kelas 10 (X), 11 (XI), 12 (XII) Tahun 2021/2022


Modul Pembelajaran PPKN SMA SMK Kelas 10 (X), 11 (XI), 12 (XII) merupakan salah satu sarana pembelajaran guna mendukung kegiatan pembelajaran baik yang berlangsung dengan moda daring/online maupun dengan moda tata muka. Sehingga Modul Pembelajaran PPKN Kelas 10 (X), 11 (XI), 12 (XII) SMA SMK ini digunakan sebagai Modul Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) bagi sekolah yang masih menggunakan Pembelajaran Online atau PJJ serta dapat digunakan untuk pembelajaran reguler bagi sekolah yang sudah mulai melaksanakan pembelajaran tatap muka.

 

Khusus Pada Modul Pembelajaran PPKN Kelas 10 (X) SMA SMK membahas: 1) KD 3.1 adalah Menganalisis nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara; 2) KD 4.1 tentang Menyaji hasil analisis nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara Negara. 3) KD 3.2 Menelaah ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, serta pertahanan dan keamanan. 4) KD 4.2 Menyaji hasil telaah tentang ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, serta pertahanan dan keamanan. 5) KD 3.3 Menganalisis fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga Negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. 6) KD 4.3 Mendemonstrasikan hasil analisis tentang fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga Negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. 7) D. 3.4 : Merumuskan hubungan pemerintah pusat dan daerah menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. 8) KD. 4.4 : Merancang dan melakukan penelitian sederhana tentang hubungan pemerintah pusat dan pemerintah daerah setempat menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. 9) KD 3.5 : Mengidentifikasi faktor-faktor pembentuk integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tungga Ika. 10) KD 4.5 : Mendemonstrasikan faktor-faktor pembentuk integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. 11) KD 3.6 tentang Menganalisis ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. 12) KD 4.6 Menyaji hasil analisis tentang ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan. 13) KD 3.7 Menginterpretasi pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia. 14) KD 4.7 Mempresentasikan hasil interpretasi terkait pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

Modul Pembelajaran PPKN Kelas 10 (X) SMA SMK ini terbagi dalam 7 modul yakni: a) Modul Pembelajaran PPKN Kelas 10 (X) SMA SMK KD 3.1 dan KD 4.1; b) Modul Pembelajaran PPKN Kelas 10 (X) SMA SMK KD.3.2 dan KD 4.2; c) Modul Pembelajaran PPKN Kelas 10 (X) SMA SMK KD 3.3 dan 4.3; d)Link download Modul Pembelajaran PPKN Kelas 10 (X) SMA SMK KD 3.4 dan 4.4; e) Modul Pembelajaran PPKN Kelas 10 (X) SMA SMK 3.5 dan KD 4.5; f) Modul Pembelajaran PPKN Kelas 10 (X) SMA SMK KD 3.6 dan 4.6 dan g) Modul Pembelajaran PPKN Kelas 10 (X) SMA SMK KD 3.7 dan 4.7.

 

Sedangkan khsus Modul Pembelajaran PPKN Kelas 11 (XI) SMA SMK 2021/2022 membahas: 1) KD 3.1 Menganalisis kasus – kasus pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif Pancasila untuk mewujudkan harmoni hak dan kewajiban asasi manusia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara; 2) KD 4.1 Menyaji hasil analisis kasus – kasus pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif Pancasila untuk mewujudkan harmoni hak dan kewajiban asasi manusia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara; 3) KD 3.2 Mengkreasikan sistem dan dinamika demokrasi Pancasila sesuai dengan Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945; 4) KD 4.2 Mendemonstrasikan hasil analisis tentang sistem dan dinamika demokrasi Pancasila sesuai dengan Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945; 5) KD 3.3 Memproyeksikan sistem hukum dan peradilan di Indonesia sesuai dengan Undang – Undang Dasar Negara Tahun 1945; 6) KD 4.3 Menyaji hasil penalaran tentang sistem hukum dan peradilan di Indonesia sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945; 7) KD 3.4 terkait Menganalisis dinamika peran Indonesia dalam perdamaian dunia sesuai Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945; 8) KD 4.4 Mendemontrasikan hasil analisis tentang peran Indonesia dalam perdamaian duniasesuai Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945; 9) KD 3.5 : Mengkaji kasus-kasus ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dan strategi mengatasinya dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika; 10) KD 4.5 Merancang dan melakukan penelitian sederhana tentang potensi ancaman terhadap terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dan strategi mengatasinya dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika; 11) KD 3.6 : Mengidentifikasi faktor pendorong dan penghambat persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia: 12) KD 4.6 : Menyaji hasil indentifikasi tentang faktor pendorong dan penghambat persatuan dan kesatuan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

Modul Pembelajaran PPKN SMA SMK Kelas 11 (XI) ini terbagi dalam 6 modul yakni: a) Modul Pembelajaran PPKN Kelas 11 (XI) SMA SMK KD 3.1 dan KD 4.1; b) Modul Pembelajaran PPKN Kelas 11 (XI) SMA SMK KD.3.2 dan KD 4.2; c) Modul Pembelajaran PPKN Kelas 11 (XI) SMA SMK KD 3.3 dan 4.3; d) Modul Pembelajaran PPKN Kelas 11 (XI) SMA SMK KD 3.4 dan 4.4; e) Modul Pembelajaran PPKN Kelas 11 (XI) SMA SMK 3.5 dan KD 4.5; f) Modul Pembelajaran PPKN Kelas 11 (XI) SMA SMK KD 3.6 dan 4.6

 

Adapun Modul Pembelajaran PPKN Kelas 12 (XII) SMA SMK membahas: 1) KD. 3.1 SMA/SMK Kelas 12 membahas bagaimana Menganalisis nilai-nilai Pancasila terkait dengan kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 2) KD 4.1: Menyaji hasil analisis nilai-nilai Pancasila terkait dengan kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 3) KD 3.2 : Mengevaluasi praktik perlindungan dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian. 4) KD 4.2 : Mendemonstrasikan hasil evaluasi praktik perlindungan dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian. 5) KD. 3.3 : Mengidentifikasi pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap negara dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. 6) KD. 4.3 : Mempresentasikan hasil identifikasi pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap negara dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. 7) KD. 3.4 : Mengevaluasi dinamika persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 8) KD. 4.4 : Merancang dan mengkampanyekan persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

Modul Pembelajaran PPKN SMA SMK Kelas 12 (XII) ini terbagi dalam 4 buah modul yakni: a) Modul Pembelajaran PPKN SMA SMK Kelas 12 (XII) KD 3.1 dan KD 4.1; b) Modul Pembelajaran PPKN SMA SMK Kelas 12 (XII) KD.3.2 dan KD 4.2; c) Modul Pembelajaran PPKN SMA SMK Kelas 12 (XII) KD 3.3 dan 4.3; d) Modul Pembelajaran PPKN SMA SMK Kelas 12 (XII) KD 3.4 dan 4.4.

 

Bagi Anda yang membutuhkan silahkan download melalui link yang tersedia di bawah ini.

Link download Modul Pembelajaran PPKN Kelas 10 (X) SMA SMK Lengkap (disini)

Link download Modul Pembelajaran PPKN Kelas 11 (X) SMA SMK Lengkap (disini)

Link download Modul Pembelajaran PPKN Kelas 12 (XI) SMA SMK Lengkap (disini)


Demikian informasi tentang Modul Pembelajaran PPKN SMA SMK Kelas 10 (X), 11 (XI), 12 (XII). Semoga dapat membantu Bapak/Ibu guru yang membutuhkan media pembelajaran. Akhirnya admin mengucapkan terima kasih atas kunjungan Bapak/Ibu. 





= Baca Juga =



2 comments:

  1. Terima kasih telah membagi posting tentang Modul Pembelajaran untuk SMA. Terima kasih posting Anda luar biasa dan telah mewarnai sebagai salah satu blog berbahasa Indonesia yang keren dan hebat. Saya salut, ditengah – tengah persaingan artikel blog dihalaman pertama Google, tidak membuat para blogger menjadi mundur, malah semakin kuat untuk maju dengan menambah jumlah blog yang kita kenal dengan Ternak Blog. Sekali lagi kita ucapkan terima kasih pada Anda dan semua blogger tanah Air.

    ReplyDelete
  2. Terima telah berbagi info yang menarik dan bermanfaat. Semoga infonya menjadi berkah buat pembaca lainnya dan semoga admin diberi keberkahan dan kesehatan. Selamat untuk terus berkaya, saya secara pribadi sangat menunggu update informasi dari admin

    ReplyDelete

Theme images by ainamulyana. Powered by Blogger.