JUKNIS PENYALURAN BANTUAN PROGRAM SEMBAKO PERIODE JANUARI, FEBRUARI, DAN MARET TAHUN 2022

Juknis Penyaluran Bantuan Program Sembako Tahun 2022


ainamulyana.com Juknis Penyaluran Bantuan Program Sembako Periode Januari, Februari, dan Maret Tahun 2022 disampaikan melalu Keputusan Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin Nomor : 29/6/SK/HK.01/2/2022 Tentang Petunjuk Teknis Percepatan Penyaluran Bantuan Program Sembako Periode Januari, Februari, Dan Maret Tahun 2022

 

Dalam rangka memberikan penguatan perlindungan sosial dan meningkatkan efektivitas program bantuan sosial pangan, maka program Bantuan Pangan Nontunai (BpNT) berubah menjadi program sembako dengan penambahan besaran jumlah ninai bantuan dan variasi jenis bahan palgan serta penambahan target sasaran jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

 

Indeks bantuan program sembako yang semula senilai Rpl10.o00/KPM/bulan menjadi Rp150.000/KpM/bulan dan terakhir dengan adanya pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) naik menjadi Rp200.000/KpM/bulan. Adapun jenis komoditas yang dapat dibeli tidak hanya berupa beras dan terur seperti pada program BPNT, narnun juga komoditas lainnya yang merupakan sumber karbohidrat, protein hewani, protein nabati maupun vitamin dan mineral. Hal ini sebagai upaya dari Pemerintah untuk memberikan akses kepada KPM agar dapat membeli bahan pangan pokok yang memenuhi kebutuhan gizi.

 

Adanya program sembako bertujuan akan mengurangi beban pengeluaran keluarga miskin dalam hal pemenuhan gizi, sehingga dapat memenuhi salah satu kebutuhan dasar masyarakat miskin berupa bahan pangan termasuk  kebutuhan gizi anak sejak dini untuk mencegah dan menurunkan sfunting.

 

Untuk menindaklanjuti arahan presiden Republik Indonesia dalam Rapat Terbatas tersebut, khususnya terkait dengan percepatan penyalural bantuan sosial yang dilaksanakan melalui pos penyalur dalam hal ini ada-lah bantuan program sembako maka dibutuhkan adanya petunjuk teknis percepatan penyaluran bantuan program sembako periode Januari, Februari, dan Maret tahun 2022.

 

Berdasarkan uraian penjelasan di atas, maka diterbitkan Keputusan Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin Nomor : 29/6/SK/HK.01/2/2022 Tentang Petunjuk Teknis Percepatan Penyaluran Bantuan Program Sembako Periode Januari, Februari, Dan Maret Tahun 2022

 

Diktum KESATU Kepdirjen PFM tentang Juknis Penyaluran Bantuan Program Sembako Periode Januari, Februari, dan Maret Tahun 2022 menyatakan  Menetapkan petunjuk teknis percepatarr penyaluran bantuanprogram sembako periode Januari, Februari, dan Maret Tahun 2022.

 

Diktum KEDUA Kepdirjen PFM tentang Juknis Penyaluran Bantuan Program Sembako Periode Januari, Februari, dan Maret Tahun 2022, menyatakan bahwa Petunjuk teknis percepatan penyaluran bantuan program sembako periode Januari, Februari, dan Maret Tahun 2022 sebagaimana dimaksud dalam Diktum KESATU sebagai acuan bagi: a) direlrtorat yang menajlgani bantuan program sembako sesuai dengan wilayah kerja; b) pos penyalur; c_  tim koordinasi bantuan sosial pangan daerah provinsi; d) tim  koordinasi bantuan sosia-l palgan daerah kabupaten/kota; dan e) keluarga penerima manfaat, agar dapat melaksanakan program sembako secara tepat sasaran, tepat waktu, tepat  jumlah,  dan tepat administrasi.

 

Diktum KETIGA Kepdirjen PFM Nomor : 29/6/SK/HK.01/2/2022  tentang Juknis Penyaluran Bantuan Program Sembako Periode Januari, Februari, dan Maret Tahun 2022, menyatakan bahwa Petunjuk teknis percepatan penyaluran bantuan program sembako periode Januari, Februari, dan Maret Tahun 2022 sebagaimana dimaksud dalam Diktum KESATU tercantum dalam Lampiran merupakan bagian tidak terpisahkan  dari Keputusan Direktur Jenderal ini.

 

Lampiran sebagaimana dimaksud dalam Diktum KETIGA terdiri atas: pendahuluan; pelaksanaan percepatan penyaluran bantuan program sembako;  pertanggungiawaban dan pengawasan percepatan penyaluran bantuan program sembako; pemantauan dan evaluasi; dan  penutup. Pelaksanaan percepatan penyaluran bantuan program sembako periode Januari, Februari, dan Maret Tahur. 2022 dibebankan pada Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran Direktorat Jenderal Penanganan Fakir Miskin Tahurl 2022.

 

Petunjuk teknis percepatan penyaluran bantuan program sembako periode Januari, Februari, dan Maret tahun 2022 dimaksudkan untuk: 1) sebagai instrumen hukum dalam pelaksanaan percepatan penyaluran  bantuan program sembako periode Januari, Februari, dan Maret tahun 2022; dan 2) meningkatkan efektifitas, efesiensi, transparansi, dan akuntabilitas dalam pelaksanaan percepatan penyaluran bantuan program sembako periode Januari, Februari, dan Maret tahtn 2022.  Selain itu petunjuk  teknis percepatan penyaluran bantuan program sembako periode Januari, Februari, da, Maret tahun 2022 bertujuan untuk: 1) memberikan informasi dan pemahaman tentang percepatan penyaluran  bantuan program sembako periode Januari, Februari, dan Maret tahun  2022; dan 2. memberikan petunjuk terhadap kendala atau permasarahan dalam percepatan penyaluran  bantuan program sembako periode Januari, Februari, dan Maret tahun 2022

 

Selengkapnya bagi yang membutuhkan Juknis Penyaluran Bantuan Program Sembako Periode Januari, Februari, dan Maret Tahun 2022 silahkn akses DISINI

 

Demikin informasi tentang Juknis Penyaluran Bantuan Program Sembako Periode Januari, Februari, dan Maret Tahun 2022. Semoga ada manfaatnya. ainamulyana.com



= Baca Juga =



1 comment:

  1. Terima kasih atas posting yang sangat bermanfaat bagi kami. Semoga sukses.

    ReplyDelete

Theme images by Deejpilot. Powered by Blogger.