download Booklet atau Buku Juknis Penguatan Transisi PAUD-SD pdf


Booklet atau Buku Juknis Penguatan Transisi PAUD-SD berisi tentang Pertama terkait Pengertian Penguatan Transisi PAUD-SD. Pada bagian ini Kita akan berangkat dari pengertian transisi PAUD-SD dan konteks kesiapan belajar dalam penguatan transisi PAUD-SD untuk memudahkan kita dalarn memahami penguatan transisi PAUD-SD. Kedua, Kemampuan Fondasi dalam Penguatan Transisi PAUD-SD. Dalam proses menyiapkan anak-anak yang siap berinteraksi dan berkarya di masyarakat, kita dapat ikut membangun enam aspek kemampuan fondasi sejak PAUD hingga SD kelas awal untuk bekal anak sebagai pembelajar sepanjang hayat.


Ketiga, Perubahan yang ingin Dilihat di PAUD dan SD. Terdapat perubahan yang ingin dilihat pada tiga jangka waktu, yaitu pada masa Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB), pada masa dua minggu awal tahun ajaran, serta pada proses pembelajaran PAUD dan SD. Keempat Kolaborasi Penguatan Transisi PAUD-SD. Penguatan Transisi PAUD-SD membutuhkan upaya gotong-royong dari berbagai pihak dengan perannya masing-masing, mulai dari orang tuaj wali murid, guru, Dinas Pendidikan dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Sedangkan terakhir terkai Informasi Alat Bantu Sumber Belajar Bagi PAUD dan SD. Kemendikbudristek menyediakan alat bantu sumber belajar bagi PAUD dan SD untuk mendukung guru dalam proses penguatan transisi PAUD-SD dalam bentuk modul ajar, video inspirasi serta alat bantu lain yang mendukung transisi PAUD-SD

 

A. Pengertian Transisi PAUD-SD.

Apakah Pengertian Transisi PAUD-SD? Berdasarkan Booklet atau Buku Juknis Penguatan Transisi PAUD-SD, yang dimaksud Transisi PAUD-SD adalah penyelarasan pembelajaran PAUD-SD yang bertujuan agar peserta didik PAUD tidak perlu rnelakukan terlalu banyak penyesuaian saat berpindah menjadi peserta didik SD; serta agar peserta didik SD yang tidak pernah mengikuti PAUD, tetap dapat terpenuhi hiaknya untuk mendapatkan pembinaan kemampuan fondasi.

 

Mengapa Perlu Adanya Penguatan Transisi PAUD-SD?

a) Miskonsepsi di Lapangan

Masih banyak praktik PAUD serta pembelajaran yang belum mencerminkan pemahaman bahwa membangun kemampuan fandasi (kematangan sosial emosional, kemampuan literasi dan numerasi dasar, serta kemampuan fondasi lainnya) merupakan suatu proses bertahap dan berkelanjutan yang dibangun sejak PAUD hingga SD kelas awai.

 

b) Fase Fondasi Hak Setiap Anak

Hak setiap anak untuk mendapatkain fase fondasi belum terpenuhi. Masih banyak anak yang langsung masuk kelas 1 SD, sehjngga tidak mendapatkan fase fondasi yang menjadi haknya. Kondisi ini semakin marak terjadi di masa pandemi.

 

Apa Keterkaitan Kesiapan Bersekolah  dan Transisi PAUD-SD? Dalam Booklet atau Buku Juknis Penguatan Transisi PAUD - SD, dinyatakan bahwa Pengertian Kesiapan Bersekolah adalah hasil interaksi anak dengan berbagai pengalaman lingkungan dan budava yang mampu membangun kemampuan fondasi anak sebagai pembelajar sepanjang hayat. Oleh karena itu, kesiapan bersekolah bukan sebuah upaya unkuk memberikan label anak yang "sudah siap" atau "belum siap", namun memastikan setiap anak mendapatkan haknya untuk memiliki kemampuan fondasi di tingkat kelas manapun.

 

Apa Pengertian Kesiapan Bersekolah melalui Transisi PAUD-SD? Transisi PAUD-SD merupakan proses perpindahan peran anak sebagai peserta didik PAUD memasuki peserta didik SD dan penyesuaian diri anak dengan lingkungan belajar baru. Kesiapan bersekolah harus berangkat dari tujuan pembelajaran, yaitu memastikan terpenuhinya hak anak. Sehingga, tranisisi PAUD-SD adalah upaya untuk memastikan setiap anak mendapatkan haknya terlepas dari manapun titik berangkat anak.

 

B. Kemampuan Fondasi dalom Penguatan Transisi PAUD-SD

Membangun kemampuan fondasi merupakan bentuk pengenalan pertama anak terhadap nilai-nilai baik yang dimiliki dan tertuang dalam Profil Pe!ajar Pancasila. Namun, mengingat PAUD belum wajib belajar dan setiap anak berhak mendapatkan pembinaan kemampuan fondasi, maka kemampuan fondasi perlu dan dapat terus dibangun secara berkelanjutan hingga SD kelas awal.

 

Kemampuan fondasi ini dapat dibina menggunakan struktur kurikulum PAUD maupun SD, sehingga secara sistemik menjadi bagian dari pembelajaran dan pembiasaan di satuan PAUD maupun SD. Adapun Aspek Kemampuan tersebut mencakup: 1) Mengenal nilai agama dan budi pekerti; 2) sosial dan bahasa yang memadai untuk berinteraksi sehat dengan teman sebaya dan individu lainnya; 3) emosi yang cukup untuk berkegiatan di lingkungan belajar; 4) Pemaknaan terhadap belajar yang positif; 5) Kematangan kognitif yang cukup untuk melakukan kegiatan belajar, seperti kepemilikan dasar literasi, numerasi serta hal-hal mendasar yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari

 

C. Perubahan yang Ingin Dilihat di PAUD dan SD         

Dalam Booklet atau Buku Juknis Penguatan Transisi PAUD - SD, dijelaskan terkait Perubahan yang Ingin Dilihat di PAUD dan SD, yakni sebagai berikut.

1) Saat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)

SD tidak melakukan tes calistung sebagai dasar penerimaan peserta dldik Baru yang berasal dari satuan PAUD atau belum pernah mengikuti PAUD, SD membina kemampuan literasi dan numerasi yang lebih luas dari kemampuan calistung dan membangun kemampuan fondasi anak.

 

2. Dalam Awal Tahun Ajaran Baru di SD

Satuan pendidikan dapat merancang kegiatan pembelajaran untuk periode dua minggu pertama;  a) Perkenalan peserta didik (dan orang tua) dengan lingkungan belaiar baru selama maksimal 3 hari; b) Perkenalan sekolah dengan peserta didik baru melalui asesmen awal oIeh guru

 

3. Dalam Proses Pembelajaran

Guru PAUD clan SD mampu: a) memilih kegiatan pembelajaran yang memberikan pengalaman menyenangkan dlan membangun kemampuan fondasi; b) melaksanakain kegiatan asesmen di kelas dengan teknik yang menguatkan sikap belajar positif; c) menyusun informasi perkembangan anak yang periling diketahui orang tua/wali murid

 

Selengkapnya silahkan download dan baca Dalam Booklet atau Buku Juknis Penguatan Transisi PAUD - SD. LINK DOWNLOAD DISINI

 

Demikian informasi tentang Link download Booklet atau Buku Juknis Penguatan Transisi PAUD-SD pdf. Semoga ada manfaatnya.




= Baca Juga =