Tata Cara atau Panduan Pendaftaran IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka) Tahun 2023 Melalui PMM (Platform Merdeka Mengajar)


Bagaimana Tata Cara atau Panduan Pendaftaran Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Tahun 2023 Tahun Pelajaran 2023/2024 Melalui PMM (Platform Merdeka Mengajar) ? Pemerintah melalui Kemendikbudristek kembali membuka Pendaftaran Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) mulai tanggal 6 Februari 2023 sampai dengan 31 Maret 2023. Selama masa pendaftaran, Satuan Pendidikan bisa merubah opsi Kurikulum Merdeka maksimal sebanyak 3 kali.


Sebelum melakukan pendaftaran IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka) tahun 2023 atau Tahun Ajaran 2023/2024, pendaftar terlebih dahulu haru memamahi status pendaftaran Satuan Pendidikan apakah sebagai pendaftar baru atau Sudah mendaftar di tahun 2022. Selanjutnya download aplikasi PMM (minimal versi 1.25.0) atau akses ke laman guru.kemdikbud.go.id. Pendaftar harus memiliki Akun belajar.id yang terdata sebagai kepala sekolah (tidak mesti berstatus sebagai admin.belajar.id). Pendaftar harus mengikuti alur pendaftaran hingga selesai Selain itu, bagi Satuan Pendidikan swasta diharus mengupload surat izin dari yayasan dengan format surat bisa diunduh di PMM.


Khusus bagi satuan pendidikan yang sudah mendaftar di tahun 2022, maka 1) Seluruh satuan pendidikan yang sudah mendaftar di tahun 2022 dapat melakukan refleksi dan melanjutkan atau mengubah opsinya; 2) Satuan pendidikan yang sudah terdaftar Mandiri Belajar di tahun 2022 bisa memilih seluruh opsi Kurikulum Merdeka di tahun 2023; 3) Satuan pendidikan yang terdaftar Mandiri Berubah di tahun 2022 bisa memilih opsi Mandiri Berubah dan Mandiri Berbagi di tahun 2023; 4) 4. Satuan pendidikan yang sudah terdaftar Mandiri Berbagi di 2022 hanya bisa melanjutkan opsi Mandiri Berbagi di 2023.


Berikut ini tata cara atau Panduan Pendaftaran Implementasi Kurikulum Merdeka  (IKM) Tahun 2023 Tahun Ajaran 2023/2024 Melalui PMM (Platform Merdeka Mengajar) ? Bagi satuan pendidikan yang baru akan mendaftar, langkah-langkah yang dilakukan adalah 1) Masuk ke PMM dengan Akun belajar.id; 2)  Masuk ke halaman utama PMM dan klik bagian Pengumuman & Jadwal Terkini. Klik Daftar di sini; 3) Klik Mulai Pendaftaran, pastikan data diri dan Satuan Pendidikan sudah sesuai; 4)  Pelajari Kurikulum Merdeka dengan menonton 2 video mengenai Kurikulum Merdeka dan pilih opsi awal Kurikulum Merdeka; 5) Isi kuesioner untuk mendapatkan rekomendasi kategori yang sesuai dengan kondisi sekolah Anda. Khusus Satuan Pendidikan swasta, unggah surat izin dari yayasan; 6) Pilih kategori Kurikulum Merdeka. Bisa berdasarkan rekomendasi atau sesuai pilihan yang diinginkan; 7) Pendaftaran selesai. Anda akan mendapatkan rekap pendaftaran setelah berhasil mendaftar.

 

Bagi satuan pendidikan yang sudah mendaftar di tahun 2022 dan ingin mengubah opsi, langkah-langkah yang dilakukan adalah; 1) Masuk ke PMM dengan Akun belajar.id; 2) Buka halaman utama PMM dan klik bagian Pengumuman & Jadwal Terkini. 3) Klik Mulai Pendaftaran, pastikan data diri dan Satuan Pendidikan sudah sesuai; 4) Lakukan refleksi dengan mengisi kuesioner untuk mendapatkan rekomendasi kategori yang sesuai dengan kondisi sekolah Anda; 5) Pilih kategori Kurikulum Merdeka. Bisa berdasarkan rekomendasi atau sesuai pilihan yang diinginkan; 6)  Pendaftaran selesai. Anda akan mendapatkan rekap pendaftaran setelah berhasil mendaftar.

 

Bagaimana jika Anda sudah memahami tata cara atau Panduan Pendaftaran IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka) Tahun Ajaran 2023/2024 Melalui PMM (Platform Merdeka Mengajar) namun mengalami kendala teknis saat pendaftaran ? Jika saat mendaftar Kurikulum Merdeka mengalami kendala dengan keterangan “Maaf pendaftaran/refleksi hanya untuk Kepala Sekolah” walau sudah masuk/login menggunakan Akun belajar.id kepala sekolah atau Plt kepala sekolah, silakan ajukan akses pendaftaran melalui formulir http://bit.ly/KendalaAksesPendaftaranKM dengan menyertakan data berikut:

1. Akun belajar.id yang aktif saat ini.

3. NPSN

3. Surat Keputusan (SK) penunjukan Anda menjadi kepala sekolah atau Plt kepala sekolah.

Selanjutnya, data Anda akan diperiksa.

4. Jika lulus pemeriksaan, maka akses pendaftaran akandiberikan setelah 3-5 hari mengisi formulir. Harap cek secara berkala sampai Anda bisa mengakses tombol Mulai Pendaftaran atau Lakukan Refleksi. Bagi yang tidak lulus pemeriksaan akan diberikan informasi melalui email.

5. Jika dalam 3-5 hari setelah mengirim formulir, Anda masih belum bisa melakukan pendaftaran, silakan keluar/logout dan masuk/login kembali ke platform Merdeka Mengajar.

Namun, apabila kendala masih dialami setelah mencoba langkah nomor 5, silakan hubungi bantuan dengan menekan tombol Pusat Bantuan di https://bit.ly/halamanbantuanPMM.

 

Bagi yang membutuhkan Panduan Pendaftaran IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka) Tahun Ajaran 2023/2024 Melalui Platform Merdeka Mengajar (pdf). Silahkan download DISINI.

 

Demikian informasi tentang tata cara atau Panduan Pendaftaran Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Tahun 2023 Tahun Pelajaran 2023/2024 Melalui PMM (Platform Merdeka Mengajar) pdf. Semoga ada manfaatnya. Terima kasih atas kesempatan Anda berkunjung ke laman blog ini.

 



= Baca Juga =