Jadwal dan Juknis Beasiswa Tahfidz Al Qur'an PTKI Tahun 2023

Jadwal Pendaftaran dan Juknis Beasiswa Tahfidz Al Qur'an PTKI Tahun 2023-2024
 

Jadwal Pendaftaran dan Juknis Beasiswa Tahfidz Al Qur'an PTKI Tahun 2023 disampaikan melalui Surat Edaran Nomor: B-2283/DJ.I/Dt.I.III/PP.04/05/2023 tentang Pendaftaran Beasiswa Tahfizh Al Qur’an dan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 6308 Tahun 2022 Tentang Petunjuk Teknis Pendaftaran Beasiswa Tahfizh Al Qur’an Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Tahun Anggaran 2023

 

Isi Surat Edaran Dirjen Pendis dan Keputusan Dirjen Pendis tentang Jadwal Pendaftaran dan Juknis Beasiswa Tahfidz Al Qur'an PTKI Tahun 2023, menyatakan bahwa dalam rangka pelaksanaan Beasiswa Tahfizh Al Qur’an Tahun Anggaran 2023 Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama menyampaikan hal-hal sebagai berikut:

1. Pengumuman Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Nomor 6309 Tahun 2022 tanggal 7 November 2022 tentang Petunjuk Teknis Beasiswa tahfizh Al Qur’an Tahun Anggaran 2023, sebagaimana terlampir.

2. Kopertais melakukan koordinasi dengan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) di wilayah masing-masing untuk melaksanakan sosialisasi pendaftaran beasiswa.

3. PTKIS melakukan sosialisasi beasiswa kepada mahasiswa terkait persyaratan dan pendaftaran beasiswa.

4. Persyaratan Beasiswa tahfizh Al Qur’an tahun anggaran 2022:

a. Warga Negara Indonesia;

b. Mahasiswa aktif Strata 1 (S1) atau Diploma 3 (D3) dan memiliki Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang masih aktif.

c. hafal Al-Qur’an minimal 10 Juz untuk beasiswa Tahfizh PTKIS.

d. Fotokopi ijazah atau surat keterangan (bermaterai) dari lembaga/ustadz/Guru/Kyai yang menerangkan mahasiswa tersebut hafizh Al Qur’an minimal 10 Juz.

e. Pakta Integritas yang ditandatangani oleh mahasiswa.

f. Mahasiswa tidak terlibat dalam organisasi atau aktifitas anti Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Pemerintah dibuktikan dengan surat pernyataan.

5. Mahasiswa mendaftar melalui aplikasi. Batas akhir pendaftaran pada tanggal 30 Juni 2023. Jadwal lengkap sebagaimana terlampir.

6. PTKIS melakukan seleksi mahasiswa dan mengusulkan hasil seleksi melalui sistem informasi https://pendis.kemenag.go.id/sarprasmahasiswa/v3/

7. Pengusulan dari PTKIS harus mendapatkan rekomendasi Kopertais. Kopertais memberikan rekomendasi usulan PTKIS melalui aplikasi beasiswa.

 

Adapun Jadwal Pendaftaran Beasiswa Tahfidz Al Qur'an PTKI Tahun 2023/2024 adalah sebagai berikut

1. Pendaftaran Beasiswa tahfizh Al Qur’an oleh mahasiswa 1-30 Juni 2023

2. Seleksi Beasiswa tahfizh Al Qur’an oleh PTKIS 20-30 Juni 2023

3. Rekomendasi Usulan PTKIS oleh Kopertais 3-7 Juli 2023

4. Seleksi dan verifikasi berkas usulan calon penerima beasiswa dari PTKI 10-21 Juli 2023

5. Penetapan Penerima Beasiswa tahfizh Al Qur’an 24-28 Juli 2023

6. Proses pencairan Beasiswa tahfizh Al Qur’an 1 – 25 Agustus 2023

7. Proses penyaluran Beasiswa tahfizh Al Qur’an 28 Agustus-15 September 2023

 

Dinyatakan dalam Jadwal Pendaftaran dan Juknis Beasiswa Tahfidz Al Qur'an (BTQ) PTKI Tahun 2023 bahwa Maksud penyelenggaraan Beasiswa Tahfizh Al-Qur’an (BTQ) bagi mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) adalah meningkatkan pemahaman dan penguasaan ilmu-ilmu ke-Islaman khususnya bidang Tahfizhul Quran sehingga dapat meningkatkan keimanan, ketaqwaan dan kepribadian mahasiswa Islam.

 

Sedangkan tujuan Beasiswa Tahfizh Al-Qur’an bagi mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) adalah sebagai berikut: a) Memberikan apresiasi dan penghargaan kepada mahasiswa yang telah dan sedang menghafal Al-Qur’an; b) Memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk menjaga nilai-nilai ke-Islaman dan meningkatkan kapasitas mahasiswa PTKI dalam menghafal Al- Qur’an; c) Meningkatkan kualitas akademik mahasiswa penghafal Al-Qur’an di lingkungan PTKI sehingga mampu bersaing dengan mahasiswa lainnya; d) Mendorong PTKI untuk mengembangkan iklim kehidupan kampus yang dapat mendukung berkembangnya mahasiswa yang menghafalkan Al-Qur’an.

 

Adapun Tujuan diterbitkan Petunjuk Teknis Juknis Beasiswa Tahfidz Al Qur'an PTKI Tahun 2023 adalah untuk: a) Menstandarisasi pelaksanaan Beasiswa Tahfizh Al-Qur’an di lingkungan PTKI; b) Meningkatkan akuntabilitas dan transparansi pelaksanaan program Beasiswa Tahfizh Al-Qur’an di lingkungan PTKI; c) Mempermudah dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian program Beasiswa Tahfizh Al-Qur’an di PTKI.

 

Selengkapnya silahkan download dan baca Jadwal Pendaftaran dan Juknis Beasiswa Tahfidz Al Qur'an PTKI Tahun 2023. LINK DOWNLOAD DISINI

 

Demikian informasi tentang Jadwal Pendaftaran dan Juknis Beasiswa Tahfidz Al Qur'an Tahun 2023/2024. Semoga ada manfaatnya,

 


= Baca Juga =


Post a Comment

Previous Post Next Post

Most Popular



































Free site counter


































Free site counter