Tema Logo HGN 2023 dan Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2023

Tema dan Logo Hari Guru Nasional 2023


Tema dan Logo HGN (Hari Guru Nasional) 2023 dan Pedoman Peringatan HGN (Hari Guru Nasional) Tahun 2023. Sebagaimana diketahui pada tahun 1945, Kongres I PGRI diselenggarakan dari tanggal 24-25 November 1945. Pada kongres itu disepakati berdirinya PGRI sebagai wahana persatuan dan kesatuan segenap guru di seluruh Indonesia. Maka, sebagai penghormatan kepada para guru, pemerintah menetapkan hari lahir PGRI tersebut sebagai Hari Guru Nasional dan diperingati setiap tanggal 25 November tiap tahunnya. Namun, Hari Guru Nasional bukan menjadi hari libur nasional. Biasanya pada Hari Guru dan Hari PGRI, tiap sekolah merayakannya dengan upacara. Tidak hanya itu, ada pula kegiatan pemberian tanda jasa kepada para guru.

 

Apa Tema dan Logo HGN (Hari Guru Nasional) Tahun 2023? Logo Hari Guru Nasional Tahun 2023 seperti tampak pada gambar di bawah ini. Adapun Tema Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2023 adalah “Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar”.



Adapun makna Logo HGN (Hari Guru Nasional) Tahun 2023 adalah 1) Elemen-elemen desain Logo HGN (Hari Guru Nasional) Tahun 2023 yang terdiri dari figur Pak Guru, Ibu Guru serta siswa dan siswi tampak dinamis dan ceria dalam menjalankan pembelajaran; 2) Pemanfaatan teknologi digambarkan dengan simbol-simbol Wifi, Laptop, Handphone serta Aplikasi Zoom, yang memiliki relevansi kuat sebagai alat penunjang kegiatan belajar mengajar; 3) Sementara bentuk hati, menggambarkan seluruh komponen pendidikan mulai dari Guru, Peserta Didik hingga Orang Tua, yang bersinergi menciptakan semangat belajar yang merdeka dan penuh cinta guna memberikan hasil yang terbaik untuk dunia pendidikan di Indonesia.

 

Disampaikan dalam Surat Edaran Mendikbud tentang Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2023 bahwa Satuan pendidikan, kantor instansi pusat dan daerah, serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri diimbau untuk turut memeriahkan peringatan Hari Guru Nasional 2023 melalui berbagai media publikasi cetak, elektronik, serta media sosial dengan menggunakan logo dan tema di atas. Terkait unggahan konten media sosial, dapat mencantumkan tagar #HGN2023 dan #terimakasihguruku dalam unggahan konten peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2023 di media sosial.

 

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menyelenggarakan berbagai acara antara lain Apresiasi GTK, Sapa GTK, Pekan Raya Belajar dan Berkarya, Simposium Program Organisasi Penggerak, serta Puncak Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2023 pada tanggal 25 November 2023 yang akan disiarkan langsung melalui kanal Youtube Kemendikbud RI.

 

Satuan pendidikan, kantor instansi pusat dan daerah, serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri diimbau untuk menyelenggarakan aktivitas/kegiatan dalam rangka memperingati dan memeriahkan Hari Guru Nasional Tahun 2023 secara kreatif serta mendorong pelibatan dan partisipasi publik dengan muatan kegiatan yang mendorong semangat para guru dan memberikan apresiasi kepada guru karena telah berjasa membersamai anak-anak Indonesia dalam menemukan minat, bakat, dan potensi terbaiknya.


Tema dan Logo Hari Guru Nasional 2023 dan Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2023.


Berdasarkan Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2023, Susunan acara upacara bendera peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2023 adalah sebagai berikut.

- Pemimpin upacara memasuki lapangan upacara;

- Pembina upacara tiba di tempat upacara;

- Penghormatan kepada pembina upacara;

- Laporan pemimpin upacara;

- Pengibaran bendera Merah Putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh korsik/paduan suara;

- Mengheningkan cipta dipimpin oleh pembina upacara;

- Pembacaan teks Pancasila diikuti oleh seluruh peserta upacara;

- Pembacaan naskah Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945;

- Penganugerahan Tanda Kehormatan Satya Lancana Pendidikan (jika ada);

- Menyanyikan lagu Hymne Guru;

- Amanat pembina upacara (Pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, iset, dan Teknologi);

- Menyanyikan lagu Terima Kasih Guruku;

- Pembacaan do’a*);

- Laporan pemimpin upacara;

- Penghormatan kepada pembina upacara;

- Pembina upacara meninggalkan mimbar upacara;

- Upacara selesai, barisan dibubarkan.

 

Selengkapnya silahkan download dan baca Tema dan Logo Hari Guru Nasional (HGN) 2023 dan Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2023 (DISINI)

 

Demikian informasi tentang Tema dan Logo Hari Guru Nasional (HGN) 2023 dan Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2023. Semoga ada manfaatnya.

 


= Baca Juga =


Post a Comment

Previous Post Next Post

Most Popular



































Free site counter


































Free site counter