Juknis Pedoman FIKSI SMA SMK Tahun 2024

Juknis Pedoman FIKSI SMA SMK Tahun 2024


Juknis Pedoman FIKSI SMA SMK Tahun 2024. Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) adalah sebuah ajang talenta di bidang vokasi yang diselenggarakan untuk peserta didik jenjang SMA/MA dan SMK. Ajang diselenggarakan secara bertingkat mulai dari daerah hingga nasional, untuk menjaring peserta terbaik dari 38 provinsi. Mekanisme bertingkat tersebut merupakan salah satu cara untuk memberikan kesempatan yang sama dan adil bagi peserta didik di seluruh Indonesia untuk berprestasi dan menjadi bibit -bibit talenta potensial.


Juknis atau Pedoman Festival Inovasi Dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) Jenjang SMA/MA/SMK/Sederajat Tahun 2024 ini disusun untuk memberikan informasi dan gambaran berbagai aspek penyelenggaraan ajang FIKSI kepada para peserta, pendamping, pembina, juri, dan para pemangku kepentingan lainnya. Selamat mempersiapkan diri, belajar, dan berlatih hingga mencapai prestasi yang membangga kan.

 

Tujuan diadakannya FIKSI SMA SMK Tahun 2024 adalah untuk: 1) Menumbuhkan generasi wirausaha muda kreatif dengan wawasan sosial; 2) Membangun jiwa wirausaha peserta didik melalui kegiatan Merdeka Belajar; 3) Merupakan wahana bagi peserta didik jenjang SMA/MA dan SMK yang berbasis kearifan lokal untuk mengasah kepedulian, karakter positif dan strategis, produktif, kreatif, dan inovatif; 4) Mempersiapkan peserta didik SMA/MA dan SMK untuk tangguh dan mampu bersaing secara global; 5) Memberikan bekal pengalaman, pengetahuan dan pembinaan kewirausahaan agar siswa kelak dapat memulai dan mengakselerasi wirausaha mandiri; 6) Mengaktivasi empati, daya inovasi, dan membangun rasa tanggung jawab, serta kemandirian ekonomi pada peserta didik; 7) Membentuk jejaring dan kolaborasi yang dapat mendukung kegiatan wirausaha, terutama dalam mempertahankan keberlanjutannya; 8) Mendorong terbentuknya model praktik pembelajaran kewirausahaan di tingkat SMA/MA dan SMK; 9) Menjadi media sosialisasi/diseminasi hasil karya wirausaha muda kreatif kepada masyarakat.

 

Hasil yang diharapkan pelaksaan FIKSI SMA SMK Tahun 2024 adalah: 1) Terwujudnya generasi wirausaha muda kreatif dengan wawasan sosial secara berkelanjutan; 2) Tumbuhnya jiwa wirausaha peserta didik melalui kegiatan merdeka belajar; 3) Terciptanya wahana bagi peserta didik jenjang SMA/MA dan SMK yang berbasis kearifan lokal untuk mengasah kepedulian, karakter positif dan strategis, produktif, kreatif, dan inovatif; 4) Terbentuknya peserta didik SMA/MA dan SMK untuk tangguh dan mampu bersaing secara global; 5) Adanya bekal pengalaman, pengetahuan dan pembinaan kewirausahaan agar siswa kelak dapat memulai dan mengakselerasi wirausaha mandiri; 6) Terbentuk empati, daya inovasi, dan membangun rasa tanggung jawab, serta kemandirian ekonomi pada peserta didik; 7) Terbentuknya jejaring dan kolaborasi yang dapat mendukung kegiatan wirausaha, terutama dalam mempertahankan keberlanjutannya; 8) Terbentuknya model praktik pembelajaran kewirausahaan di tingkat SMA/MA dan SMK; 9) Terwujudnya media sosialisasi/diseminasi hasil karya wirausaha muda kreatif kepada masyarakat.

 

Berdasarkan Juknis Pedoman FIKSI SMA SMK Tahun 2024, tema umum FIKSI SMA/SMK Tahun 2024 adalah “Merdeka Berprestasi, Talenta Wirausaha Menginspirasi”. Sedangkan Tema Khusus aalah “Eksplorasi Peluang Penerapan Ekonomi Sirkular dengan Semangat Inovasi dan Kreativitas Wirausaha Siswa Indonesia” Arti dari tema ini adalah mengajak generasi muda untuk berani mengambil sikap pemimpin dalam gelombang inovasi dan kreativitas kewirausahaan dan memicu semangat untuk melakukan perubahan berkelanjutan. WIrausaha siswa Indonesia berbekal semangat eksplorasi untuk menggali peluang untuk menerapkan ekonomi sirkular. Dengan pemiikiran inventif untuk meramu solusi yang menjembatani kesadaran lingkungan dengan kelayakan ekonomi. Para visioner muda menjelajahi inovasi terbaik dalam menggali peluang untuk mendorong pertumbuhan lanskap perekonomian negara. Dengan berkolaborasi lintas disiplin ilmu, ekonomi sirkular tidak hanya menjadi sebuah konsep namun menjadi sebuah kekuatan nyata yang didorong oleh antusiasme yang tiada henti dari siswa Indonesia yang bertekad untuk membentuk masa depan di mana keberlanjutan dan kewirausahaan berdampak secara harmonis.

 

Kategori Lomba terdiri dari: 1) Kompetisi Rencana Usaha. Kompetisi rencana usaha adalah kompetisi yang bisa diikuti peserta didik jenjang SMA/MA dan SMK yang baru memiliki ide usaha dan dapat dituangkan dalam format perencanaan usaha dan diimplementasikan; 2) Kompetisi Pengembangan Usaha. Kompetisi pengembangan usaha adalah kompetisi yang ditujukan kepada peserta didik jenjang SMA/MA dan SMK yang sudah menjalankan usaha pribadi (bukan merupakan produk usaha sekolah) sesuai dengan bidang lomba yang diambil.

 

Mengacu pada Juknis Pedoman FIKSI SMA SMK Tahun 2024, Persyaratan administrasi peserta FIKSI Jenjang SMA/MA dan SMK Tahun 2024 dengan ketentuan sebagai berikut:

1. Berstatus peserta didik aktif maksimal kelas 11 pada saat mendaftar sebagai peserta FIKSI 2024;

2. Memiliki NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) dan terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik);

3. Jumlah Peserta lomba dengan kategori:

● Rencana Usaha: Perorangan atau Kelompok (maksimal 2 Orang);

● Pengembangan Usaha: Perorangan atau Kelompok (maksimal 2 Orang);

4. Setiap siswa hanya boleh ada dalam 1 kelompok, baik sebagai ketua tim atau anggota tim pada sekolah yang sama;

5. Bidang lomba yang diikuti tidak harus sesuai dengan program keahlian yang diselenggarakan sekolah masing -masing;

6. Mengunggah Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah ke laman https://smk.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/fiksi/ untuk SMK dan https://smk.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/fiksi/;

7. Mengunggah Surat Pernyataan yang ditandatangani oleh Orang Tua/Wali tentang persetujuan mengikuti lomba ke laman https://smk.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/fiksi/

8. Peserta tidak diperbolehkan mengajukan produk sekolah/teaching factory (TEFA), usaha keluarga/orang lain

 

Selengkapnya silahkan download dan baca Juknis Pedoman FIKSI SMA SMK Tahun 2024. Link download Pedoman FIKSI SMA SMK Tahun 2024(disini)

 

Demikian informasi tentang Juknis Pedoman FIKSI SMA SMK Tahun 2024. Semoga ada manfaatnya. Selamat mempersiapkan diri, belajar dan berlatih hinggai mencapai prestasi yang membanggakan.

 


= Baca Juga =


No comments

Theme images by ainamulyana. Powered by Blogger.