Latihan Soal Penilaian Sumatif Tengah Semester 2 Kelas 3 SD Tahun 2024 Kurikulum Merdeka

Latihan Soal Penilaian Sumatif Tengah Semester (PSTS) Kelas 3 Semester 2 Tahun 2024 - Latihan Soal Asesmen Sumatif Tengah Semester (ASTS) Kelas 3


Latihan Soal Penilaian Sumatif Tengah Semester (PSTS) Semester 2 (genap) Kelas 3 SD Tahun 2024 - Latihan Soal Asesmen Sumatif Tengah Semester (ASTS) Semester 2 (genap) Kelas 3 Tahun 2024. Asesmen atau yang disebut juga dengan penilaian adalah suatu penerapan atau penggunaan dalam berbagai cara dan alat guna mendapatkan serangkaian informasi mengenai hasil dari pembelajaran serta pencapaian kompetensi dari peserta didik. Pada dasarnya, assessment merupakan suatu istilah lain dalam penilaian. Istilah Assessment sangat berkaitan erat dengan istilah evaluasi yang merupakan metode dalam mendapatkan hasil belajar dari siswa. Sehingga proses assessment ini dilaksanakan denga tujuan agar dapat mengetahui sejauh mana presatasi belajar dari para peserta didik.

 

Tak hanya itu definisi lain dari assesment merupakan suatu proses dalam memperoleh data atau informasi dari proses pembelajaran serta memberikan umpan baik terhadap guru maupun kepada peserta didik. Dengan demikian, dapat disimpulkan beberapa pengertian sebagai berikut:

1) Asesmen (assessment) adalah upaya untuk mendapatkan data/informasi dari proses dan hasil pembelajaran untuk mengetahui seberapa baik kinerja mahasiswa, kelas/mata kuliah, atau program studi dibandingkan terhadap tujuan/kriteria/capaian pembelajaran tertentu. Setelah diperoleh hasil asesmen maka dilakukan proses penilaian.

2) Penilaian (grading) adalah proses penyematan atribut atau dimensi atau kuantitas (berupa angka/huruf) terhadap hasil asesmen dengan cara membandingkannya terhadap suatu instrumen standar tertentu. Hasil dari penilaian berupa atribut/dimensi/kuantitas tersebut digunakan sebagai bahan evaluasi.

3) Evaluasi (evaluation) adalah proses pemberian status atau keputusan atau klasifikasi terhadap suatu hasil assesmen dan penilaian.

 

Sebagai ilustrasi berikut adalah contoh rangkaian proses asesmen, penilaian, dan evaluasi pembelajaran untuk pemenuhan CPMK mahasiswa pada suatu mata kuliah tertentu. Asesmen dapat dilakukan dengan berbagai teknik asesmen antara lain ujian atau penugasan. Berikutnya dilakukan penilaian dengan bantuan instrumen penilaian tertentu, dapat berupa kunci jawaban, daftar periksa (check list), pedoman penilaian, atau rubrik.

 

Sebelum Admin membagiakan Latihan Soal Penilaian Sumatif Tengah Semester (PSTS) Semester 2 (genap) Kelas 3 SD Kurikulum Merdeka Tahun 2024-2025 - Latihan Soal Asesmen Sumatif Tengah Semester (ASTS) Semester 2 (genap) Kelas 3 Kurikulum Merdeka Tahun 2024-2025, berikut ini penjelasan tentang fungsi penilaian/asesmen sumatif. Assessment atau penilaian mempunyai peranan yang penting dalam proses kegiatanbelajar dan mengajar terhdap peserta didik. Sebab assessment mempunyai dua fungsiyaitu fungsi formatif dan fungsi sumatif, berikut penjelasannya.

1) Fungsi Formatif. Fungsi formatif merupakan assessment yang digunakan dalam memberikan umpan balik atau feedback terhadap para guru untuk dijadikan dasar pada saat memperbaiki serta membenarkan proses pembelajaran dan juga mengadakan remedial bagi para peserta didik.

2) Fungsi Sumatif Fungsi Sumatif merupakan fungsi yang berguna dalam penentuan nilai belajar siswa dalam satu mata pelajaran tertentu, sehingga selanjutnya dapat dijadikan bahan memberikan laporan, untuk menentukan kenaikan kelas serta menentukan lulus atau tidaknya peserta didik.

Adapun tujuan asesmen adalah sebagai  “keeping track”, checking up, finding out and summingup. Berikut adalah penjelasannya :

1) Keeping Track. Keeping track yaitu berguna dalam menelusuri dan melacak proses belajar daripeserta didik yang mana sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah diterapkan. Maka dalam hal ini guru wajib mengumpulkan data dan informasi dalam kurun waktu tertentu dari berbagai jenis dan teknik penilaian agar mendapatkan gambaran suatu pencapaian dan kemajuan belajar dari peserta didik.

2) Checking Up. Checking Up yaitu berguna dalam mengecek suatu pencapaian dan kemampuan dari peserta didik dalam proses belajar dan kekurangan-kekurangan dari peserta didik pada saat mengikuti proses pembelajaran. Dengan kata lain, dalam hal ini guru sangat penting dalam melaksanakan penilaian sehingga mengetahui bagian mana dari materi yang telah dikuasai peserta didik dan bagian dari materi yang belum dikuasai.

3) Finding Out. Finding Out merupakan suatu proses mencari, menemukan dan mendeteksi kekurangan kesalahan atau kelemahan dari peserta didik dalam proses belajar, sehingga guru dapat dengan tanggap dalam mencari alternatif untuk penyelesaiannya.

4) Summing Up. Summing Up merupakan suatu cara dalam menyimpulkan tingkat penguasaan siswa terhadap kompetensi yang telah ditetapkan. Hasil dari penyimpulan ini yang mana dapat digunakan oleh guru dalam menyusun laporan kemajuan belajar ke berbagai pihak yang saling membutuhkan.

 

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa tujuan dilakukannya asesmen, penilaian, dan evaluasi pembelajaran adalah:

1) Memantau perkembangan proses pembelajaran siswa.

2) Mengecek pemenuhan terhadap capaian pembelajaran dan memberikan nilai atas proses dan hasil pembelajaran siswa

3) Memperoleh umpan balik sebagai bagian dari siklus perbaikan berkelanjutan (continuous improvement) bagi: a) Siswa dalam rangka perbaikan pembelajaran; b) Guru dalam rangka perbaikan dan pengembangan mata kuliah; c) Program studi dalam rangka pengembangan kurikulum; d) Sekolah dalam rangka pengembangan institusi;

4) Wahana kontrol kualitas lulusan, dalam artian bahwa melalui asesmen capaian pembelajaran dapat dipastikan seluruh lulusan suatu program studi telah memenuhi standar minimal yang telah ditentukan.

5) Penunjang akuntabilitas institusi, yaitu sumber informasi terkait proses dan hasil pembelajaran kepada pemangku kepentingan terkait.

 

Berikut ini link download  membagiakan Latihan Soal Penilaian Sumatif Tengah Semester (PSTS) Semester 2 (genap) Kelas 3 Tahun Kurikulum Merdeka 2024-2025 - Latihan Soal Asesmen Sumatif Tengah Semester (ASTS) Semester 2 (genap) Kelas 3 Kurikulum Merdeka Tahun 2024-2025

 

Latihan soal PSTS atau ASTS Kelas 3 Semester 2 BAHASA INDONESIA || UNDUH

Latihan soal PSTS atau ASTS Kelas 3 Semester 2 BAHASA JAWA || UNDUH

Latihan soal PSTS atau ASTS Kelas 3 Semester 2 MATEMATIKA || UNDUH

Latihan soal PSTS atau ASTS Kelas 3 Semester 2 PAI dan BUDI PEKERTI || UNDUH

Latihan soal PSTS atau ASTS Kelas 3 Semester 2 PJOK || UNDUH

Latihan soal PSTS atau ASTS Kelas 3 Semester 2 PPKN || UNDUH

Latihan soal PSTS atau ASTS Kelas 3 Semester 2 SBDP || UNDUH

 

BACA JUGA !!!! LATIHAN SOAL PENILAIAN SUMATIF TENGAH SEMESTER 2 KELAS 1 SD TAHUN 2024 (DISINI)

BACA JUGA !!!! LATIHAN SOAL PENILAIAN SUMATIF TENGAH SEMESTER 2 KELAS 2 SD TAHUN 2024 (DISINI)

BACA JUGA !!!! LATIHAN SOAL PENILAIAN SUMATIF TENGAH SEMESTER 2 KELAS 3 SD TAHUN 2024 (DISINI)

BACA JUGA !!!! LATIHAN SOAL PENILAIAN SUMATIF TENGAH SEMESTER 2 KELAS 4 SD TAHUN 2024 (DISINI)

BACA JUGA !!!! LATIHAN SOAL PENILAIAN SUMATIF TENGAH SEMESTER 2 KELAS 5 SD TAHUN 2024 (DISINI)

BACA JUGA !!!! LATIHAN SOAL PENILAIAN SUMATIF TENGAH SEMESTER 2 KELAS 6 SD TAHUN 2024 (DISINI)

 

Demikian informasi tentang Latihan Soal Penilaian Sumatif Tengah Semester (PSTS) Semester 2 (genap) Kelas 3 SD Tahun Kurikulum Merdeka 2024-2025 - Latihan Soal Asesmen Sumatif Tengah Semester (ASTS) Semester 2 (genap) Kelas 3 SD Kurikulum Merdeka Tahun 2024-2025, Semoga ada manfaatnya



= Baca Juga =


No comments

Theme images by ainamulyana. Powered by Blogger.