Pacth Aplikasi Dapodik 2022.C Untuk Sekolah Penggerak

Download Pacth Aplikasi Dapodik 2022.C Untuk Sekolah Penggerak


Download Pacth Aplikasi Dapodik 2022.C Untuk Sekolah Penggerak. Dapodik adalah sebuah aplikasi komputer yang dibuat oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia agar sekolah-sekolah dapat melaporkan dapodiknya langsung ke kementerian secara online melalui jaringan internet tanpa perlu terkendala masalah jarak maupun waktu.

 

Dapodik digunakan untuk menjaring semua data terkait data kelembagaan dan kurikulum sekolah, data siswa, data guru dan karyawan, serta data sarana dan prasarana setiap sekolah di seluruh Indonesia bahkan hingga sekolah-sekolah Indonesia yang berada di luar negeri. Data aplikasi Dapodik digunakan sebagai acuan data program-program Kemendikbud, oleh karena itu apabila sekolah tidak mengisi Dapodik maka sekolah tersebut tidak akan mendapatkan bantuan-bantuan temasuk dana BOS, tunjangan guru, bantuan sarana dan prasarana bagi sekolah, serta semua yang telah dijelaskan pada manfaat dan fungsi yang diterima jika mengisi Dapodik, karena sekolah tersebut tidak terdaftar di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

 

Jadi Fungsi aplikasi Dapodik, antara lain: 1) Alokasi dana BOS bagi sekolah sesuai jumlah siswanya; 2) Alokasi kuota penerima tunjangan-tunjangan bagi guru yang memenuhi syarat; 3) Alokasi bantuan sarana dan prasarana bagi sekolah yang fasilitasnya belum memadai; 4) Pengajuan dan perbaikan data kelembagaan sekolah; 5) Pengajuan dan VerVal (Verifikasi dan Validasi) data dan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK); 6) Pengajuan dan VerVal data Peserta Didik (Siswa) dan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN); 7) Pengajuan dan Verval data Satuan Pendidikan dan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN); 8) Pemetaan dan pemerataan guru; 9) Monitoring dan Evaluasi kebijakan-kebijakan dan program-program Kemdikbud; 10) Mempercepat dan meningkatkan efektifitas pelaporan yang dilakukan dari sekolah ke kementerian serta dengan mengurangi resiko penyimpangan atau pelanggaran yang ada sebelumnya.

 

Update Dapodikdasmen versi terbaru adalah dengan dirilisnya Pacth Aplikasi Dapodik 2022.C Untuk Program Sekolah Penggerak. Menindaklanjuti penambahan kurikulum dan fitur baru rapor khusus untuk sekolah penggerak pada Aplikasi Dapodik yang dapat mengganggu kelancaran satuan pendidikan dalam melakukan pemutakhiran data semester 1 Tahun Ajaran 2021/2022, maka saat ini dirilis Aplikasi Dapodik versi 2022.c yang telah dilakukan perbaikan dan penambahan kurikulum untuk sekolah Penggerak jenjang Pendidikan Khusus dan PAUD.

 

Adapun perbaikan dan penambahan yang dilakukan pada Aplikasi Dapodik versi 2022.c adalah sebagai berikut:

·          Terakomodirnya kurikulum Sekolah Penggerak utk jenjang SLB dan TK.

·          Penambahan fitur baru cetak rapor bagi satuan pendidikan penyelenggara kurikulum sekolah penggerak

·          Bugs fixing pada saat menyimpan isian pada formulir sekolah.

·          Penyesuaian validasi pengecekan yayasan pada sekolah swasta.

 

Bagi Satuan pendidikan yang sudah Instal Aplikasi Dapodik versi 2022.a, 2022.b dan 2022.a-sp sekolah tidak perlu melakukan uninstall pada aplikasi tersebut. Agar dapat melakukan pembaruan Aplikasi Dapodik versi 2022.c, Satuan Pendidikan dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

·          Unduh file patch dapodik 2022.c di sini atau disini

·          Install patch dapodik 2022.c;

·          Refresh browser (ctrl+F5);

·          Login Aplikasi Dapodik. Pastikan tampilan aplikasi sudah versi 2022.c;

 

Bagi Sekolah Penggerak jenjang Pendidikan Khusus dan PAUD agar dapat mengupdate pembelajaran menjadi Kurikulum Sekolah Penggerak dapat mengikuti Langkah berikut:

 

Login Aplikasi Dapodik;

·          Gunakan fitur tarik data untuk pembaruan referensi aplikasi;

·          Pilih Menu Rombongan Belajar;

·          Klik Tambah Rombongan Belajar;

·          Isi semua kolom dan pastikan kolom kurikulum dipilih Kurikulum Sekolah Penggerak;

·          Klik Simpan.

 

Klik disini untuk link 1: Patch Dapodik Versi 2022.c (disini)

Klik disini untuk link 2: Patch Dapodik Versi 2022.c (disini)

Klik disini untuk Panduan Pembaruan Dapodik Versi 2022.c dan Panduan Pengisian Nilai Rapor Sekolah Penggerak Pada Aplikasi Dapodik 2022.C (disini)

 

Demikian informasi tentang Link Download Pacth Aplikasi Dapodik 2022.C Untuk Program Sekolah Penggerak. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.



= Baca Juga =



No comments

Theme images by Deejpilot. Powered by Blogger.