DOWNLOAD PEDOMAN PENDATAAN SARANA DAN PRASARANA SMP

Buku Pedoman Pendataan Sarana Dan Prasarana Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau Buku Pedoman Pendataan Sarpras SMP


Download Buku Pedoman Pendataan Sarana Dan Prasarana SMP (Sekolah Menengah Pertama). Dalam rangka mengupayakan peningkatan mutu pendidikan, salah satu upayanya adalah dengan pemberian pedoman tentang penatakelolaan data sarana dan prasarana SMP bagi Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan pada satuan pendidikan. Sejalan dengan hal tersebut, diharapkan semua pemangku kepentingan akan dapat dengan mudah membuat rumusan perencanaan Pendidikan, khususnya dalam bidang sarana dan prasarana yang lebih baik, akurat dan efektif baik di tingkat daerah maupun di tingkat nasional.

 

Buku Pedoman Pendataan Sarana Dan Prasarana SMP (Sekolah Menengah Pertama) ini juga diharapkan dapat menjadi acuan dalam meningkatkan kapasitas Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dalam melakukan pembinaan tentang pengelolaan data sarana dan prasarana sekolah bagi satuan Pendidikan, meningkatkan kemampuan pengelola sekolah dalam penatakelolaan data aset sarana dan prasarana sesuai dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

 

Penyusunan Buku Pedoman Pendataan Sarana Dan Prasarana SMP (Sekolah Menengah Pertama) ini dilaksanakan oleh Direktorat Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan memperhatikan peraturan yang berlaku, termasuk masukan dari pihak akademisi, pihak Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan sekolah terkait tata cara pengelolaan data sarana prasarana.

 

Maksud diterbitkannya Buku Pedoman Pendataan Sarana Dan Prasarana Sekolah Menengah Pertama (SMP) adalah agar penatakelolaan sarana dan prasana sekolah dapat berjalan dengan baik dan berkesinambungan, Direktorat SMP, Ditjen Pauddikdasmen, Kemdikbud bermaksud memberi pengetahuan dan pedoman terkait pendataan sarana dan prasarana sekolah yang baik, sebagai sumber data untuk kepentingan perencanaan pendidikan pada tingkat yang lebih tinggi.

 

Sedangkan tujuan dari disusunnya Pedoman Pendataan Sarana dan Prasarana SMP ini adalah:

a. Memberi pedoman tentang penatakelolaan data sarana dan prasarana bagi Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan sekolah menengah pertama;

b. Membantu merumuskan perencanaan pendidikan khususnya bidang sarana dan prasarana yang lebih baik dan tepat bagi pemangku kepentingan di tingkat daerah maupun nasional;

c. Meningkatkan kapasitas Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dalam melakukan pembinaan tentang pengelolaan data sarana dan prasarana sekolah bagi satuan pendidikian;

d. Meningkatkan kemampuan pengelola sekolah dalam penatakelolaan data sarana dan prasarana;

e. Meningkatkan kualitas pengelolaan aset sarana dan prasarana sekolah menengah pertama;

f. Meningkatkan kualitas data sarana dan prasarana pendidikan di tingkat sekolah menengah pertama;

g. Membantu mempermudah sekolah dalam mengisi Data Pokok Pendidikan (Dapodik) khususnya data sarana dan prasarananya.

 

Apa Ruang Lingkup Buku Pedoman Pendataan Sarana Dan Prasarana Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau Buku Pedoman Pendataan Sarpras SMP? Hal-hal yang akan disampaikan dalam Pedoman Pendataan Sarana dan Prasarana SMP ini tidak lepas dari tata cara pengelolaan aset yang telah diatur dalam ketentuan yang lebih tinggi. Dalam hal ruang lingkup untuk tingkat satuan pendidikan akan lebih dipertajam pada beberapa hal yaitu tentang:

1. Pengelolaan sarana dan prasarana sekolah

Menjelaskan tentang bagaimana mekanisme pengelolaan data sarana dan prasarana sekolah yang ideal dan dapat berkelajutan.

2. Peran dan tanggung jawab

Pada tingkat satuan pendidikan, akan dijelaskan para pihak yang terlibat, peran dan tugasnya serta tanggung jawabnya dalam pengelolaan data sarana dan prasarana sekolah.

3. Mekanisme tata kelola data sarana dan prasarana sekolah

Dalam lingkup pembahasannya, penatakelolaan data sarana dan prasarana sekolah dikaitkan dengan kegiatan penatakelolaan aset yang lain yaitu perencanaan kebutuhan, pengadaan, penyimpanan dan pemeliharaan, penginventarisasian serta penghapusan.

4. Pendataan sarana dan prasarana sekolah

Pada lingkup yang lebih teknis akan dijelaskan bagaimana melakukan pencatatan sarana dan prasarana sekolah dari aspek kuantitas maupun kualitasnya.

5. Kodefikasi data sarana dan prasarana sekolah

Salah satu bagian yang penting dalam pendataan sarana dan prasarana sekolah adalah pemberian kodefikasi pada asetnya, dimana akan dijelaskan tata cara pengkodeannya mengacu pada ketentuan yang berlaku.

6. Pengisian lembar pendataan sarana dan prasarana sekolah

Tata cara pengisian lembar data sarana dan prasarana sekolah yang baik dan pengembangan aplikasinya.

Buku Pedoman Pendataan Sarpras SMP atau Buku Pedoman Pendataan Sarana Dan Prasarana Sekolah Menengah Pertama (SMP)


Bagi yang membutuhkan salinan Buku Pedoman Pendataan Sarana Dan Prasarana SMP (Sekolah Menengah Pertama). LINK DOWNLOAD DISINI


Baca juga!!! Buku Pedoman Manajemen Dan Pemeliharaan Aset SMP (DISINI)

 

Demikian informasi tentang Buku Pedoman Pendataan Sarana Dan Prasarana SMP (Sekolah Menengah Pertama). Semoga ada manfaatnya, terima kasih.

 



= Baca Juga =



No comments

Theme images by Deejpilot. Powered by Blogger.