DOWNLOAD BUKU PEDOMAN MANAJEMEN DAN PEMELIHARAAN ASET SMP

Download Buku Pedoman Manajemen Dan Pemeliharaan Aset SMP


Download Buku Pedoman Manajemen Dan Pemeliharaan Aset SMP. Salah satu permasalahan pendidikan di Indonesia saat ini adalah masih banyaknya sarana dan prasarana pendidikan di sekolah yang kondisinya tidak memadai. Hal ini memberi berdampak pada rendahnya kualitas pembelajaran oleh guru dan bagi siswa. Sarana dan prasarana pendidikan sebagai salah satu aset sekolah, harus dapat dikelola dan dipelihara dengan sebaik mungkin agar dapat menunjang terciptanya suasana lingkungan belajar yang kondusif, sehat dan dapat memperpanjang usia pakainya.

 

Tanggung jawab pengelolaan dan pemeliharaan aset sekolah tentunya bukan hanya berada di pundak kepala sekolah saja, tetapi menjadi amanah bagi seluruh warga sekolah (guru, tenaga kepedidikan, siswa) untuk merawat dan menjaganya. Dengan pengelolaan yang baik pada akhirnya akan dapat memenuhi tercapainya kondisi sarana dan prasaranan yang sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan.

 

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, melalui Direktorat Sekolah Menengah Pertama, Ditjen PAUD Dikdasmen, memandang perlu menyusun sebuah pedoman yang dapat menjadi acuan bagi pengelola sekolah khususnya SMP dalam melakukan pengelolaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana yang baik dan mengatur antara lain: manajemen aset sekolah, pemeliharaan bangunan dan lingkungan sekolah, serta pemeliharaan dan perawatan sarana sekolah.

 

Penyusunan Buku Pedoman Manajemen Dan Pemeliharaan Aset SMP (Sekolah Menengah Pertama) ini dilakukan dengan memperhatikan peraturan-peraturan terkait yang berlaku, termasuk masukan dari Dinas Pendidikan, sekolah, serta para ahli dibidangnya terkait manajemen aset sekolah, pemeliharaan bangunan dan lingkungan sekolah.

 

Sarana dan prasarana pendidikan merupakan salah satu dari delapan Standar Nasional Pendidikan (SNP) sebagai penunjang untuk menjamin lancarnya penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Oleh karenanya, sarana dan prasarana sebagai aset sekolah harus dikelola dan dipelihara dengan baik agar selalu siap pada saat akan dipergunakan. Pengelolaan dan pemeliharaan aset yang baik, akan membantu menciptakan lingkungan belajar mengajar yang kondusif dan sehat, selanjutnya dapat memperpanjang usia pemakaian, bisa menunjang efisiensi biaya dan pada akhirnya akan meningkatkan mutu pendidikan serta prestasi siswa.

 

Manajemen aset sekolah merupakan upaya untuk mengelola sarana prasarana sekolah agar nilai gunanya tidak menurun, dimana meliputi kegiatan inventarisasi atau penyusunan data sarana prasarana sekolah, penyusunan program pemeliharaan, perawatan, perbaikan dan pembangunan gedung sekolah, perangkat dan lingkungannya yang dilakukan oleh warga sekolah (siswa, guru, penjaga, komite sekolah dan masyarakat sekitar).

 

Sekolah sebagai sebuah institusi agen perubahan, diharap dapat meningkatkan kapasitas karakter dan kesadaran warganya tentang budaya “memiliki, menggunakan, merawat dan memelihara” melalui manajemen dan pemeliharaan aset. Proses pembiasaan budaya tersebut memerlukan penatakelolaan yang mumpuni baik aspek sumber daya manusia maupun sumber daya lainnya. Oleh karenanya agar pengelolaan dan pemeliharaan aset yang berupa sarana prasarana sekolah ini dapat berjalan baik, Direktorat Sekolah Menengah Pertama, Kemdikbudristek memberikan panduan manajemen dan pemeliharaan aset sekolah bagi pengelola sekolah maupun stakeholder pendidikan lainnya.

 

Buku Pedoman Manajemen Dan Pemeliharaan Aset SMP (Sekolah Menengah Pertama) ini dimaksudkan untuk: 1) Memberi panduan bagi sekolah tentang pentingnya pengelolaan dan pemeliharaan aset yang baik agar tercapainya tujuan yang diharapkan; 2) Memberi pemahaman bagi sekolah tentang pengelolaan aset sekolah yang baik dan benar; 3) Memberi pemahaman bagi sekolah tentang pentingnya pemeliharaan aset sekolah yang rutin dan berkelanjutan.

 

Tujuan yang diharapkan dengan adanya pedoman manajemen dan pemeliharaan aset sekolah ialah: 1) Menumbuhkan kepedulian dan kesadaran warga sekolah terhadap budaya “memiliki, menggunakan, merawat dan memelihara; 2) Mempertahankan kondisi sarana dan prasarana agar tetap berfungsi dan memenuhi keandalan bangunan; 3) Menjaga dan meningkatkan wujud sarana dan prasarana serta menghindarkan dari pengaruh yang merusak; 4) Meningkatkan masa pakai (lifetime) sarana dan prasarana agar lebih lama, ditinjau dari aspek: ekonomis, kekuatan, keamanan, kenyamanan dan penampilan bangunan; 5) Mewujudkan efisiensi/ekonomis kebutuhan besaran anggaran yang diperlukan.

 

Buku Pedoman Manajemen Dan Pemeliharaan Aset Sekolah Menengah Pertama (SMP) ini ditujukan bagi pengelola satuan pendidikan jenjang SMP di seluruh Indonesia dan pemangku kepentingan dalam bidang pendidikan, khususnya Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota selaku pembina sekolah di wilayahnya.

Download Buku Pedoman Manajemen Dan Pemeliharaan Aset SMP


Bagi yang membutuhkan salinan Buku Pedoman Manajemen Dan Pemeliharaan Aset Sekolah Menengah Pertama (SMP). LINK DOWNLOAD DISINI


Baca Juga!!!! Buku Pedoman Pendataan Sarana Dan Prasarana SMP (Sekolah Menengah Pertama) ----(DISINI)

 

Demikian informasi tentang Buku Pedoman Manajemen Dan Pemeliharaan Aset SMP (Sekolah Menengah Pertama). Semoga ada manfaatnya, terima kasih.

 



= Baca Juga =



No comments

Theme images by Deejpilot. Powered by Blogger.