Latihan Soal Penilaian Sumatif antar Jenjang Matematika SMP Tahun 2023

Latihan Soal Asesmen-Penilaian Sumatif antar Jenjang Matematika, IPA dan Bahasa Indonesia SMP Tahun 2023


Berikut ini Latihan Soal Asesmen/Penilaian Sumatif antar Jenjang Matematika, IPA dan Bahasa Indonesia SMP dan Kunci Jawababan (Soal Semi AKM-ANBK). Sebagaimana diketahui salah satu ciri soal yang menunjukkan asesmen sumatif adalah soal-soal yang dibuat oleh guru telah mendekati soal-soal yang hampir mirip dengan AKM atau ANBK. Soal-soal ANBK atau AKM berciri banyak kasus yang perlu dianalisis yang disertai dengan berbagai gambar yang menarik.


Untuk sekedar informasi Soal Asesmen/Penilaian Sumatif antar Jenjang merupakan istilah baru yang mengganti Ujian Sekolah. Namun dibeberapa daerah ada yang menggunakan istilah lain, seperti Asesmen Sumatif Sekolah (ASS) untuk wilayah DKI Jakarta, dan ada juga yang menggunakan istilah Asesmen Sumatif Satuan Pendidikan (ASSP). Pada intinya memang Permendikbudristek Nomor 21 Tahun 2022 Tentang Standar Penilaian Pendidikan, menggunakan istilah penilaian Sumatif. Namun yang membedakan dengan pedoman penilaian sebelumnya adalah bahwa dalam terminology permendikbudristek 21/2022 sifat pelaksanaan ujian sumatif baik sumatif antar jenjang maupun sumatif akhir semester dan sumatif akhir tahun tidak wajib, apabila guru menganggap nilai formatif dan sumatif yang sudah ada sebelumnya telah dianggap mencukupi.

 

Sebagaimana diketahui dalam termenilogi Permendikbudristek Nomor 21 Tahun 2022 Tentang Standar Penilaian Pendidikan, terdapat dua jenis penilaian yakni penilaian formatif dan penilaian sumatif. Lalu apa bedanya? Pertama dari segi waktu pelaksanaan. Pada penilaian formatif, umumnya dilakukan saat proses pembelajaran suatu unit/bab/kompetensi berlangsung. Dapat dilakukan di awal maupun sepanjang proses pembelajaran berlangsung. Sedangkan untuk penilaian sumatif, dapat dilakukan pada akhir pembelajaran. Kedua dari segi tujuan penilaian. Tujuan dari penilaian formatif adalah mengetahui perkembangan penguasaan siswa terhadap suatu unit/bab/kompetensi yang sedang dipelajari. Berbeda dengan penilaian formatif, penilaian sumatif bertujuan untuk mengetahui pencapaian pembelajaran siswa pada pembelajaran suatu unit/bab/kompetensi yang telah berakhir.

 

Ketiga dari segi Output. Output akhir dari penilaian formatif adalah sebagai dasar untuk memperbaiki proses pembelajaran suatu unit/bab/kompetensi yang sedang dipelajari agar peserta didik mencapai penguasaan yang optimal. Sedangkan output akhir penilaian sumatif adalah sebagai bukti mengenai apa yang dikuasai oleh siswa. Dan Keempat dari dari segi hasil penilaian. Hasil penilaian formatif tidak digunakan untuk menentukan nilai rapor keputusan kenaikan kelas, kelulusan, atau keputusan-keputusan penting lainnya. Untuk penilaian sumatif, justru untuk menentukan hal-hal tersebut.

 

Untuk para siswa yang akan menghadapi Asesmen/Penilaian Sumatif antar Jenjang khusus pada Matematika SMP Tahun 2023 ini ada baiknya untuk mempelajari soal-soal latihan ini karena akan membantu meningkatkan wawasan dan pengetahuan tentang kompetensi minimal yang harus dikuasi oleh siswa SMP dalam bidang studi matematika. Untuk yang ingin mengetahui berikut ini admin bagi Latihan Soal Asesmen/Penilaian Sumatif antar Jenjang Matematika, IPA dan Bahasa Indonesia SMP dan Kunci Jawababan Tahun 2023 (Soal Semi AKM-ANBK) yang sudah dibuat oleh guru-guru hebat.

 

Berikut Latihan Soal Asesmen/Penilaian Sumatif antar Jenjang Matematika SMP MTs

 



Untuk Latihan Soal Asesmen/Penilaian Sumatif antar Jenjang IPA SMP MTs (lihat disini)

Untuk Latihan Soal Asesmen/Penilaian Sumatif antar Jenjang Bahasa Indonesia SMP MTs (lihat disini)

Untuk Latihan Soal Asesmen/Penilaian Sumatif antar JenjangMata Pelajaran Lainnya jenjang SMP MTs (lihat disini)

 

Demikian informasi tentang Latihan Soal Asesmen/Penilaian Sumatif antar Jenjang Matematika, IPA dan Bahasa Indonesia SMP dan Kunci Jawababan (Soal Semi AKM-ANBK). Semoga ada manfaatnya

 



= Baca Juga =


No comments

Theme images by ainamulyana. Powered by Blogger.