Latihan Soal Tes Seleksi CPDB Madrasah Aliyah (MAN) Tahun 2023-2024

Soal Tes Potensi Belajar CBT CPDB atau Latihan Soal Tes Seleksi CPDB MAN DKI Jakarta Tahun 2023-2024


Latihan Soal Tes Seleksi CPDB (Calon Peserta Didik Baru) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tahun 2023-2024. Peserta seleksi Calon Peserta Didik Baru pada umumnya diharus mengikuti Uji Computer Based Test (CBT). Adapun Soal Tes atau Uji Computer Based Test (CBT) CPDB (Calon Peserta Didik Baru) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tahun 2023-2024 berupa Tes Potensi Belajar yang meliputi kepribadian kemampuan numeric, verbal dan logika/penalaran.

 

Pada Kesempatan ini admin akan membagikan E-book Latihan soal Tes Potensi Belajar CBT CPDB MAN yang dapat digunakan sebagai bahwa Latihan Soal Tes Seleksi CPDB (Calon Peserta Didik Baru) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tahun 2023-2024. Namun sebelum perlu diketahui bahwa ketentuan lengkap terkait pelaksanaan seleksi dapat dilihat pada Juknis PPDB Madarsah. Berdasarkan juknis tersebut, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Madarsah Tahun Pelajaran 2023/2024 bertujuan untuk : 1) Menjamin penerimaan peserta Didik Baru di madrasah berjalan secara objektif, akuntabel, transparan dan tidak diskriminatif sehingga mendorong peningkatan akses layanan pendidikan yang berkeadilan; 2) Memberikan pedoman bagi Kepala Madrasah, orangtua peserta didik, masyarakat dan para pemangku kepentingan dalam rangka pelaksanaan penerimaan peserta Didik Baru di madrasah.

 

Khusus untuk wilayah DKI Jakarta misalnya, Juknis PPDB Madarasah di lingkungan Kanwil DKI Jakarta diterbitkan Kepala Kanwil Kemenag Jakarta yang dapat didownload melalui laman ppdb-madrasahdki.com. Dijelaskan dalam Petunjuk Teknis (Juknis) PPDB Madrasah Aliyah DKI Jakarta Tahun Pelajaran 2023/2024 bahwa untuk dapat mendaftar dan mengikuti proses PPDB di Madrasah Aliyah, terlebih dahulu Anda harus membuat akun yang akan digunakan selama proses PPDB berlangsung, mulai dari pendaftaran hingga hasil kelulusan. Jika anda belum pernah membuat akun PPDB Madrasah Aliyah , silahkan klik Daftar dan Buat Akun. Jika sudah pernah membuat akun, silahkan klik menu Login. Mohon untuk mencatat email dan password yang anda masukkan ketika membuat akun. Setelah anda melakukan login, anda akan di arahkan ke Dashboard PPDB. Silahkan melengkapi data diri anda dan melengkapi persyaratan guna di verifikasi oleh panitia. Pengumuman hasil seleksi akan di informasikan melalui menu pengumuman pada Dashboard PPDB dengan akun yang telah anda buat.

 

Sebenarnya dalam PPDB Madarasah selain Jalur Tes, terdapat pula Jalur Zonasi, Jalur Afirmasi Prestasi, Jalur Afirmasi, Jalur DTKS, Jalur AGPTO, dan Jalur Tahfidz. Jalur zonasi merup[akan seleksi berdasarkan tempat tinggal Calon Peserta Didik Baru dengan seleksi usia dari yang tertua ke usia termuda selanjutnya berdasarkan waktu mendaftar. Zonasi dibagi: a) Prioritas Pertama adalah CPDB yang berdomisili di RT yang sama dengan RT Madrasah; b) Prioritas Kedua adalah CPDB yang berdomisili di RT yang berbatasan langsung dengan RT Madrasah; c) Prioritas Ketiga adalah CPDB yang berdomisili di Kelurahan yang sama dengan Madrasah.

 

Jalur Afirmasi Prestasi merupakan seleksi bagi Calon Peserta Didik Baru yang memiliki prestasi Akademik, di ajang KSM, KSN MYRES, KOPSI, lomba penelitian/Karya Ilmiah yang diselenggarakan oleh Pemerintah, serta penghargaan dari luar negeri yang merupakan kelanjutan dari KSN seperti; IMO, IBO, IPhO, IChO, IOI, IGeO, IESO, IAO, IOAA, IEO, IEYI dan ASPC.

 

Jalur DTKS adalah Jalur pendaftaran PPDB yang memberikan kesempatan yang lebih besar bagi Calon Peserta Didik Baru dari keluarga tidak mampu untuk mengakses pendidikan bermutu dan disubsidi oleh Pemerintah. Dibuktikan dengan kepemilikan Kartu Indonesia Pintar (KIP)/Program Keluarga Harapan (PKH)/Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)/Terdata aktif di DTKS, anak dari penerima Kartu Pekerja Jakarta (melampirkan SK Kepala Disnakertanse Provinsi DKI Jakarta) dan Anak dari Pengemudi TransJakarta (melampirkan SK Kepala Dishub Provinsi DKI Jakarta).

 

Adapun Jalur AGPTO adalah jalur seleksi bagi anak Guru memilih madrasah tujuan sesuai dengan tempat tugas orangtuanya, dibuktikan dengan SK Pembagian Tugas Mengajar tahun berjalan dari Kepala Madrasah atau Calon Peserta Didik Baru yang orang tuanya (ASN dan TNI/POLRI) mendapatkan surat penugasan pindah tugas, dibuktikan dengan Surat Keputusan Pindah Tugas dari instansi terkait per tanggal 1 Juni 2022 sampai 1 Juli 2023. Seleksi Calon Peserta Didik Baru berdasarkan usia tertua selanjutnya berdasarkan waktu mendaftar;

 

Jalur Tahfidz adalah Seleksi PPDB berdasarkan grading hafalan Al Quran dari hafal juz minimal 3 Juz untuk CPDB MTsN dan 5 Juz untuk CPDB MAN dengan menyertakan Bukti/Sertifikat dari Lembaga Tahfidz atau Keterangan dari Kepala Madrasah/Sekolah. Dalam hal Calon Peserta Didik Baru hafal dengan jumlah juz sama, seleksi berikutnya berdasarkan Tajwid terbaik;

 

Sedangkan Jalur Seleksi berbasis CBT. Calon Peserta Didik Baru dari Madrasah Tsanawiyah/Sekolah Menengah Pertama yang akan melanjutkan Ke Madrasah Aliyah Negeri. Adapun Materi seleksi CPDB menggunakan Tes Potensi Belajar meliputi kepribadian kemampuan numeric, verbal dan logika/penalaran.

 

Bagi Anda yang membutuhkn contoh Soal Tes Potensi Belajar CBT CPDB MAN atau Latihan Soal Tes Seleksi CPDB (Calon Peserta Didik Baru) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tahun 2023-2024. Silahkan mengunduh E-Book Tes Potensi Belajar meliputi kepribadian kemampuan numeric, verbal dan logika/penalaran melalui link yang tersedia di diabwah ini. LINK DOWNLOAD E-BOOK DISINI.

 

Demikian informasi tentang Soal Tes Potensi Belajar CBT CPDB MAN atau Latihan Soal Tes Seleksi CPDB (Calon Peserta Didik Baru) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) DKI Jakarta Tahun 2023-2024. Semoga ada manfaatnya.



= Baca Juga =


No comments

Theme images by ainamulyana. Powered by Blogger.