Pedoman Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen dan Keuangan 2023

Pedoman Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen dan Keuangan 2023 (Pedoman KBMK Tahun 2023)


Pedoman Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen dan Keuangan 2023 (Pedoman KBMK Tahun 2023). Dalam kebijakan dan program Manajemen Talenta Nasional (MTN), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) menjadi bagian dari melaksanakan tugas pengembangan talenta dalam rangka menyiapkan bibit-bibit talenta yang bersumber dari peserta didik yang memiliki minat dan bakat di bidang bisnis, manajemen, dan keuangan. Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) kemudian bertugas melakukan identifikasi, pengembangan, dan aktualisasi untuk menghasilkan peserta didik berprestasi, dimana salah satunya adalah memprogramkan kegiatan Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen, dan Keuangan (KBMK).

 

Menandai semangat Merdeka Belajar, Merdeka Berprestasi, untuk pulih sepenuhnya dari keterpurukan karena pandemi, setelah adaptasi terobosan pelaksanaan KBMK di masa pandemi, pada tahun ini BPTI kembali akan melaksanakan ajang talenta KBMK dalam berbagai cabang, untuk mahasiswa, secara luring bertahap dan secara hibrid. Pelaksanaan melalui mekanisme luring secara bertahap diharapkan dapat menjadi berita baik untuk anak-anak Indonesia yang sudah merindukan untuk dapat berinteraksi dan berekspresi seutuhnya, sekaligus menjalin persahabatan antar talenta emas bangsa.

 

Rangkaian penyelenggaraan KBMK dilakukan melalui proses adaptasi berbagai kompetisi bidang bisnis dan manajemen internasional dan bekerjasama dengan praktisi dan asosiasi profesi terkait. Pada tahun 2023 ini direncanakan dilaksanakan dalam 5 cabang kompetisi yaitu: 1) kompetisi bidang perencanaan bisnis, 2) kompetisi bidang riset investasi, 3) kompetisi bidang keuangan audit investigatif, 4) kompetisi bidang komersialisasi riset dan teknologi tepat guna dan 5) kompetisi bidang penulisan karya tulis ilmiah.

 

Pedoman Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen dan Keuangan 2023 ini disusun untuk memberikan gambaran kepada para peserta, pendamping, pembina, juri, dan panitia dalam melaksanakan tugas dan koordinasi serta pengambilan kebijakan lebih lanjut, baik yang bersifat teknis maupun administratif. Dengan demikian, diharapkan semua pihak yang terkait dalam penyelenggaraan KBMK dapat memahaminya sehingga ajang ini dapat terselenggara dengan lancar dan baik.

 

Dinyatakan dalam Petunjuk Teknis (Juknis) atau Pedoman Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen dan Keuangan 2023 (Pedoman KBMK Tahun 2023) bahwa Tema Lomba adalah Manifestasi Konsep ESG Dalam Mendukung Chairmanship Indonesia Di ASEAN Tahun 2023 Untuk Pengembangan Ekonomi Biru dan Penguatan Pembangunan Maritim di Kawasan Indo Pasifik Dalam Kerangka Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen dan Keuangan.

 

Pelaksanaan rangkaian kegiatan pada kompetisi ini dibagi menjadi dua yakni rangkaian kegiatan utama dan rangkaian kegiatan pendamping. Rangkaian kegiatan utama terdiri dari 5 kategori kompetisi yang mencakup Kompetisi Bidang Perencanaan Bisnis, Kompetisi Bidang Komersialisasi Riset dan Teknologi Tepat Guna, Kompetisi Bidang Riset Investasi, Kompetisi Bidang Keuangan Audit Investigatif, dan Kompetisi Bidang Penulisan Karya Tulis Ilmiah.

 

Proses seleksi rangkaian kompetisi dimulai dengan seleksi administratif di mana setiap perguruan tinggi mengirimkan maksimal 5 kelompok peserta dengan melampirkan surat pengantar resmi dari perguruan tinggi yang bersangkutan dengan catatan bahwa 1 kategori kompetisi hanya dapat diikuti oleh maksimal 2 kelompok dari Perguruan Tinggi tersebut (termasuk tim Lintas Kampus yang beranggotakan Perguruan Tinggi yang berbeda). Format Surat Pengantar diberikan pada Lampiran. Setelah proses administrasi selesai, panitia akan mengirimkan informasi akun ke setiap peserta yang lolos syarat administrasi agar mereka bisa mengunggah jawaban mereka. Jawaban setiap kelompok dibuat dalam bentuk naskah/tulisan/makalah dan video presentasi (kecuali submisi untuk Kategori Penulisan Karya Tulis Ilmiah yang berbentuk naskah tanpa video) terkait dengan tugas dari kompetisi yang kemudian diunggah ke situs resmi melalui akun yang sudah diberikan. Seluruh jawaban peserta kompetisi akan dinilai oleh tim penilai untuk dapat menentukan tim peserta mana yang lolos ke babak final. Seluruh jawaban peserta kompetisi menjadi hak milik dari peserta di mana Panitia dan Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi diberikan hak-hak eksklusif untuk mempublikasikan hasil karya tersebut dalam berbagai media dan kegiatan terkait Kompetisi Mahasiswa Nasional bidang ilmu Bisnis, Manajemen dan Keuangan dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia secara umum. Tim yang lolos ke babak final akan mengikuti rangkaian babak final dengan dua tahapan (Semi Final dan Grand Final) dengan tugas yang akan dibagikan sebelum babak final tersebut dimulai. Babak final akan dilaksanakan secara luring. Pada babak Grand Final, peserta akan mengerjakan tugas tambahan khusus dari juri yang bersifat impromptu. Proses penilaian pada rangkaian kegiatan kompetisi hingga babak Grand Final di tingkat nasional dilakukan oleh tim yang terdiri dari kelompok akademisi, praktisi bisnis, dan pemerintah/BUMN/asosiasi.

 

Selengkapnya silahkan baca Juknis atau Pedoman Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen dan Keuangan 2023.

 

Demikian informasi tentang Juknis atau Pedoman Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen dan Keuangan 2023 (Pedoman KBMK Tahun 2023). Semoga ada manfaatnya.



= Baca Juga =


No comments

Theme images by ainamulyana. Powered by Blogger.