Latihan Soal SAS Kelas 7 dan Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka

Latihan Soal Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) Kelas 7 dan Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka


Latihan Soal Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) Kelas 7 dan Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka (Kumer). Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS - ASAS): Pengertian, Pelaksanaan, Tujuan dan Laporan Administrasi. Pada tahun 2023-2024 ini, akan dilaksanakan SAS - ASAS untuk semua jenjang Pendidikan. Baik SD, SMP dan SMA sederajat.

 

Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS - ASAS) merupakan evaluasi tahap akhir tahun ajaran untuk mengukur dan mengevaluasi hasil belajar peserta didik selama semester genap. Sehingga, yang diukur adalah SK/ KD mata pelajaran yang telah diajarkan selama satu semester genap tersebut.

 

Merujuk kepada Permendikbud tentang Standar Penilaian Pendidikan, bahwa Penilaian berarti upaya pengumpulan dan pengolahan informasi pencapaian suatu hasil belajar peserta didik dalam waktu tertentu. Sehingga, untuk SAS - ASAS, merupakan pengukuran atau evaluasi hasil belajar selama semester genap.

 

Adapun yang dimaksud dengan kegiatan pembelajaran adalah proses interaksi antarpeserta didik antara peserta didik, guru dan sumber belajar di dalam lingkungan belajar. Hal ini juga dapat ditemukan pada Permendikbud No. 23/ 2020. Sehingga, sesuai dengan pengertian tersebut dapat diketahui bahwa kegiatan atau proses belajar mengajar (PBM) tidak harus dilakukan dalam ruangan tertentu dengan baku atau keharusan. Sebagai contoh, pada masa pandemi waktu lalu, kelas pembelajaran banyak dilakukan secara virtual.

 

Contoh penilaian akhir tahun lalu pun, juga dilaksanakan secara daring. Sehingga, guru menyiapkan soal-soal PAT menggunakan platform yang dapat dipahami oleh peserta didik dan orang tua. Misalnya, menggunakan google form dan classroom.

 

Tujuan Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS - ASAS) ? Sebelumnya, dijelaskan bahwa penilaian terhadap peserta didik dapat dilakukan dengan tujuan untuk mengukur ranah belajar peserta didik dari aspek kognitif, afektif atau sikap dan keterampilan. Pada aspek afektif/ sikap, peserta didik diharapkan dapat memenuhi kriteria minimal baik pada sikap spiritual dan sosial.

 

Sedangkan tujuan penilaian akhir tahun adalah untuk mengukur atau mengevaluasi hasil belajar peserta didik sesuai dengan tiga ranah tersebut selama semester genap. Sehingga, yang diukur adalah pencapaian hasil belajar peserta didik pada setiap SK/ KD mata pelajaran atau muatan pelajaran yang telah diajarkan selama satu semester 2.

 

Untuk penilaian akhir tahun 2023-2024 ini, akan segera dimulai pada Juni 2023-2024 untuk jenjang SD/ MI. Sehingga perlu persiapan yang matang. Baik guru maupun siswa. Guru menyiapkan kisi-kisi dan soal SAS - ASAS. Sedangkan siswa bisa belajar materi atau ringksan materi dan kisi-kisi soal Latihan penilaian akhir tahun.

 

Sekai lagi, untuk penilaian akhir tahun sd atau MI, maka Lembaga satuan Pendidikan dasar perlu menyiapkan administrasi PAT, panduan penilaian akhir tahun yang sesuai dengan panduan yang disyaratkan serta mempersiapkan diri tentang laporan penilaian akhir tahun.

 

Pelaksanaan Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS - ASAS). Penilaian formatif dan sumatif dilaksanakan untuk mengetahui apakah peserta didik dapat menerima materi pelajaran dengan baik? Juga mengetahui apakah peserta didik juga mengalami perubahan sikap yang juga membaik?.

 

Dalam hal ini, guru dapat mengetahui materi pelajaran atau SK/ KD dapat diterima dan dikuasai oleh peserta didik yaitu dengan cara memberikan pertanyaan formatif kepada peserta didik. Dalam hal ini, tes formatif ditujukan memahami seberapa besar peserta didik mampu menyerap materi pelajaran yang disampaikan.

 

Nah, kemudian, barulah guru juga melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan kalender pendidikan atau akademik yang telah dianalisis setiap tahun ajaran. Di dalam kalender akademik tersebut terdapat kegiatan Asesmen hasil belajar secara tersistem. Dimulai dari Penilaian harian (PH), Penilaian tengah semester, dan penilaian akhir semester (PAS) serta Penilaian Akhir Tahun.

 

Setelah melaksanakan PH 1 dan 2 atau bahkan PH ke-3, guru akan melaksanakan kegiatan Penilaian tengah semester (PTS), lalu SAS - ASAS. Mengenai Penilaian akhir semester dilakukan setelah peserta didik melaksanakan proses belajar materi pembelajaran selama 1 semester di semester 1. Sedangkan Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS - ASAS) dilaksanakan setelah peserta didik melaksanakan proses pembelajaran selama satu semester genap. Dengan demikian, jika peserta didik telah melaksanakan PAT, berarti ia telah belajar selama 1 tahun penuh. Barulah, akan dilaksanakan kenaikan kelas.

 

Pada jenjang sekolah dasar materi pelajaran yang diujikan dalam kegiatan Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS - ASAS) terdiri dari: Muatan Materi pelajaran pada Tematik, Matematika, PJOK, PAI BP, dan muatan lokal. Sedangkan pada jenjang SMP, terdiri dari mata pelajaran: PPKN, PAI BP. Bhs. Indonesia, Bhs. Inggris, IPA, IPS, SBdP, Prakarya, dan lainnya.

 

Bagi Kamu yang ingin mengetahui Latihan Soal Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) Kelas 7 dan Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka (Kumer) silahkan akses salah satu link yang tersedia di bawah ini

 

Berikut ini Latihan Soal Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) Kelas 7 SMP MTs Kurikulum Merdeka


Link download Latihan Soal SAS Semester Ganjil Bahasa Indonesia Kelas 7 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024


Link download Latihan Soal SAS Semester Ganjil Bahasa Inggris Kelas 7 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024


Link download Latihan Soal SAS Semester Ganjil Informatika Kelas 7 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024


Link download Latihan Soal SAS Semester Ganjil IPA Kelas 7 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024


Link download Latihan Soal SAS Semester Ganjil IPS Kelas 7 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024


Link download Latihan Soal SAS Semester Ganjil Matematika Kelas 7 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024


Link download Latihan Soal SAS Semester Ganjil PAI BP Kelas 7 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024 


Link download Latihan Soal SAS Semester Ganjil Pendidikan Seni Kelas 7 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024


Link download Latihan Soal SAS Semester Ganjil Pendidikan Pancasila Kelas 7 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024


Link download Latihan Soal SAS Semester Ganjil PJOK - Penjaskes Kelas 7 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024


Link download Latihan Soal SAS Semester Ganjil Prakarya Kelas 7 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024

 

Berikut ini Latihan Soal Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka


Link download Latihan Soal SAS Semester Ganjil Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024


Link download Latihan Soal SAS Semester Ganjil Bahasa Inggris Kelas 8 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024


Link download Latihan Soal SAS Semester Ganjil Informatika Kelas 8 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024


Link download Latihan Soal ASAS IPA Kelas 8 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024


Link download Latihan Soal SAS Semester Ganjil IPS Kelas 8 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024


Link download Latihan Soal ASAS Matematika Kelas 8 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024


Link download Latihan Soal SAS Semester Ganjil PAI BP Kelas 8 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024


Link download Latihan Soal SAS Semester Ganjil Pendidikan Seni Kelas 8 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024


Link download Latihan Soal SAS Semester Ganjil Pendidikan Pancasila Kelas 8 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024


Link download Latihan Soal SAS Semester Ganjil PJOK - Penjaskes Kelas 8 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024


Link download Latihan Soal SAS Semester Ganjil Prakarya Kelas 8 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024

 

Demikian informasi tentang Latihan Soal Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) Kelas 7 dan Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka. Semoga ada manfaatnya.

 


= Baca Juga =


No comments

Theme images by ainamulyana. Powered by Blogger.