Persyaratan, Jadwal dan Tata Cara Pendaftaran PPG Prajabatan Tahun 2024

Persyaratan PPG Prajabatan, Jadwal PPG Prajabatan dan Tata Cara Pendaftaran PPG Prajabatan Tahun 2024


Persyaratan PPG Prajabatan, Jadwal PPG Prajabatan dan Tata Cara Pendaftaran PPG Prajabatan Tahun 2024. Pendidikan Profesi Guru atau PPG Prajabatan adalah program pendidikan profesi untuk mencetak generasi baru guru-guru Indonesia yang memiliki panggilan hati menjadi guru, profesional, komitmen menjadi teladan, cinta terhadap profesi, dan pembelajar sepanjang hayat.

 

PPG itu sendiri terbagi menjadi dua, yaitu PPG Dalam Jabatan dan PPG Prajabatan.  PPG Dalam Jabatan adalah untuk para lulusan S1 maupun D4 jurusan kependidikan dan nonkependidikan yang sudah berstatus guru di suatu satuan pendidikan. Status guru ini bisa berupa PNS atau nonPNS, yang penting sudah mengajar dan tercatat di Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

 

Sedangkan PPG Prajabatan diselenggarakan bagi lulusan sarjana atau sarjana terapan maupun Diploma IV baik dari jurusan pendidikan maupun non kependidikan bagi calon guru untuk mendapat sertifikat pendidik.  PPG Prajabatan PPG Prajabatan adalah untuk lulusan S1 ataupun D4, baik dari jurusan kependidikan maupun nonkependidikan yang belum mulai mengajar atau menjadi guru. Seorang alumnus S1 atau D4 nonkependidikan memang bisa mengajar, tapi harus melewati tahap PPG Prajabatan. Program PPG Prajabatan bisa diikuti di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) terdekat. Namun, LPTK yang bersangkutan ini harus sudah ditunjuk Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan memang memiliki program studi sesuai jurusan terkait.

 

Untuk lulusan S1 yang mengambil profesi guru, perjalanan menjadi menjadi Guru di Indonesia dimulai dengan tahap seleksi dan mengikuti rangkaian Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan selama dua semester yang terdiri dari perkuliahan, praktik kerja lapangan, proyek kepemimpinan, dan pendampingan.

 

Apa saja Persyaratan Pendaftaran PPG Prajabatan Tahun 2024 ? Persyaratan Seleksi PPG Prajabatan Tahun 2024 adalah: a) Warga Negara Indonesia (WNI); b) Tidak atau belum pernah terdaftar sebagai Guru/Kepala Sekolah pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dan Sistem Informasi dan Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kementerian Agama (Simpatika); c) Berusia maksimal 32 (tiga puluh dua) tahun pada 31 Desember tahun pendaftaran; d) Memiliki ijazah dengan kualifikasi akademik sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV) yang terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti) atau terdata pada basis unit data unit Penyetaraan Ijazah Luar Negeri bagi lulusan perguruan tinggi di luar negeri; e) Memiliki indeks prestasi kumulatif (IPK) paling rendah 3,00 (tiga koma nol nol); f) Menandatangani pakta integritas; g) Memiliki surat keterangan sehat jasmani dan rohani*; h) Memiliki surat keterangan berkelakuan baik*; i) Memiliki surat keterangan bebas narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya (NAPZA)

 

Kapan Jadwal Pendaftaran PPG Prajabatan Tahun 2024 ? Jadwal lengkap PPG Prajabatan Tahun 2024 dari mulai pendaftaran, seleksi hingga awal kuliah adalah sebagai berikut:

·          Pendaftaran seleksi calon mahasiswa tanggal 4 April-15 Mei 2024

·          Pengumuman Kelulusan Seleksi Administrasi tanggal 27 Mei 2024

·          Cetak kartu peserta  tanggal 27 Mei-7 Juni 2024

·          Pelaksanaan Tes Substantif  tanggal 3-7 Juni 2024

·          Pengumuman Kelulusan Tes Substantif tanggal 20 Juni 2024

·          Pengumuman jadwal wawancara tanggal 24 Juni 2024

·          Pelaksanaan Tes Wawancara tanggal 1-31 Juli 2024

·          Pengumuman Kelulusan Seleksi tanggal 14 Agustus 2024

·          Konfirmasi Kesediaan mengikuti PPG Prajabatan Tahun 2024 tanggal 15-18 Agustus 2024

·          Penetapan Mahasiswa PPG Prajabatan Tahun 2024 tanggal 23 Agustus 2024

·          Lapor diri Mahasiswa PPG Prajabatan di LPTK tanggal 26-31 Agustus 2024

·          Orientasi Mahasiswa tanggal 2-6 September 2024

·          Awal Perkuliahan PPG Prajabatan 2024 tanggal 9 September 2024

 

Bidang Studi apa yang dibuka dalam PPG Prajabatan Tahun 2024 ? Bidang Studi yang dibuka pada pelaksanaan PPG Prajabatan Tahun 2024 adalah sebagai berikut:

1. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

2. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

3. Bahasa Indonesia

4. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

5. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PKn)

6. Matematika

7. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

8. Seni Budaya

9. BK (Bimbingan & Konseling)

10. Sejarah

11. Bahasa Jerman

12. Bahasa Perancis

13. Pemasaran

14. Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis

15. Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim (TIK)

16. Teknik Mesin

17. Teknik Ketenagalistrikan

18. Teknik Elektronika

19. Kuliner

20. Teknik Konstruksi dan Perumahan

21. Busana

22. Animasi

23. Perhotelan

24. Agriteknologi Pengolahan Hasil Pertanian

25. Nautika Kapal Penangkapan Ikan

26. Pekerjaan Sosial

27. Teknik Geologi Pertambangan  Vokasi

28. Muatan Lokal Bahasa Jawa

29. Muatan Lokal Bahasa Sunda

30. Muatan Lokal Bahasa Bali

 

Bagaimana Tata Cara Pendaftaran dan Seleksi PPG Prajabatan Tahun 2024? Berikut adalah tata cara pendaftaran dan seleksi untuk PPG Prajabatan tahun 2024:

·          Calon peserta wajib memiliki alamat pos elektronik (email) yang aktif dan nomor seluler (handphone) aktif yang terkoneksi pada aplikasi WhatsApp.

·          Calon peserta mengakses laman PPG Prajabatan, lalu memilih menu “Daftar PPG Prajabatan” dan kemudian “Daftar sebagai Peserta”.

·          Calon peserta membuat akun pendaftaran aplikasi SIMPKB menggunakan email yang aktif. Setelah itu, calon peserta akan menerima email yang berisi tautan konfirmasi pendaftaran. Calon peserta harus mengklik tautan tersebut untuk melanjutkan proses pendaftaran.

·          Calon peserta memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nama, Jenis Kelamin, dan Tanggal Lahir. Pada tahap ini, NIK, Nama, Jenis Kelamin, dan Tanggal Lahir akan diverifikasi secara otomatis. Akun pendaftaran akan berhasil terbentuk jika data calon mahasiswa dinyatakan valid dan memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.

·          Calon peserta melengkapi isian pada aplikasi SIMPKB, termasuk biodata diri, data kemahasiswaan, bidang studi PPG yang dipilih, data pendukung lainnya seperti pengalaman, dan mengunggah dokumen-dokumen yang diminta.

·          Verifikasi data kemahasiswaan dan linieritas Program Studi S-1/D-IV dengan bidang studi PPG yang dipilih dilakukan secara sistem. Jika data dinyatakan valid/linier, calon peserta dapat melanjutkan ke proses pembayaran biaya pendaftaran seleksi. Jika data tidak valid/linier, proses pendaftaran tidak dapat dilanjutkan.

·          Calon peserta melakukan pembayaran biaya pendaftaran seleksi untuk mengikuti tes substantif (tes tahap II) setelah semua data administrasi dinyatakan memenuhi syarat. Calon peserta akan diminta untuk memilih lokasi tes substantif (lokasi TUK) sesuai dengan lokasi yang masih tersedia. Setelah memilih lokasi tes, calon peserta harus melakukan pengajuan kode bayar untuk mengunci sementara slot lokasi tes. Mekanisme pembayaran dilakukan sesuai petunjuk yang tertera pada aplikasi SIMPKB. Pembayaran yang terverifikasi berhasil akan mengunci penuh slot lokasi tes substantif.

·          Calon peserta mencetak kartu tes substantif melalui aplikasi SIMPKB pada masa cetak kartu tes dengan ketentuan wajib menyelesaikan seluruh esai. Pada kartu tes, akan tertera jadwal dan titik lokasi tes untuk mengikuti tes substantif secara luring.

·          Peserta seleksi mengikuti tes substantif.

·          Pengumuman hasil tes substantif dapat dilihat pada aplikasi SIMPKB menggunakan akun pendaftaran masing-masing.

·          Peserta seleksi yang dinyatakan lulus tes substantif akan mendapatkan informasi jadwal tes wawancara pada aplikasi SIMPKB menggunakan akun pendaftaran masing-masing.

·          Peserta seleksi mengikuti tes wawancara secara daring menggunakan ruang pertemuan virtual yang disediakan.

·          Pengumuman hasil tes wawancara dapat dilihat pada aplikasi SIMPKB menggunakan akun pendaftaran masing-masing.

·          Peserta seleksi yang dinyatakan lolos tes wawancara akan diproses untuk penempatan ke Perguruan Tinggi sesuai dengan bidang studi PPG yang dipilih.

·          Calon mahasiswa mengonfirmasi kesediaan mengikuti PPG Prajabatan di Perguruan Tinggi yang ditentukan pada aplikasi SIMPKB sesuai dengan jadwal masa konfirmasi.

·          Direktorat Jenderal GTK akan menetapkan mahasiswa PPG Prajabatan Tahun 2024 sesuai dengan kuota nasional yang dibuka.


Cek lineraritas Program Studi S1 dengan Bidang Studi yang Dibuka pada PPG Ptajabatan tahun 2024 https://ppg.kemdikbud.go.id/linieritas/ppg-prajabatan

 

Perkuliahan PPG Prajabatan dilaksanakan selama 2 (dua) semester. Biaya pendidikan untuk setiap semester adalah sebesar Rp 8.500.000,00 yang akan ditanggung oleh pemerintah. Calon mahasiswa yang dinyatakan lulus seleksi dan ditetapkan sebagai mahasiswa PPG Prajabatan Tahun 2024 akan memperoleh beasiswa dalam bentuk biaya pendidikan sebesar Rp 17.000.000,00 untuk mengikuti perkuliahan selama 2 (dua) semester atau 1 (satu) tahun. Jadi, bagi para generasi muda yang memiliki keinginan dan minat menjadi guru, PPG Prajabatan tahun 2024 adalah kesempatan yang sangat baik untuk mengembangkan karir di bidang pendidikan.

 

Link pendaftaran  PPG Prajabatan Tahun 2024 https://ppg-prajab.simpkb.id/pendaftaran

 

Link download Pengumuman Resmi tentang Pembukaan, Jadwal dan Persyaratan PPG Prajabatan serta Tata Cara Pendaftaran PPG Prajabatan Tahun 2024


Demikian informasi tentang Persyaratan PPG Prajabatan, Jadwal PPG Prajabatan dan Tata Cara Pendaftaran PPG Prajabatan Tahun 2024. Semoga ada manfaatnya.




= Baca Juga =


No comments

Theme images by ainamulyana. Powered by Blogger.