BUKU MODEL LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING SMP KURIKULUM PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK

Buku Model Inspiratif Layanan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada Kurikulum Program Sekolah Penggerak.


Buku Model Inspiratif Layanan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada Kurikulum Program Sekolah Penggerak. Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah Pertama (SMP) merupakan salah satu bentuk fasilitasi peserta didik/konseli agar dapat mencapai perkembangan secara optimal. Semasa SMP, peserta didik dituntut untuk menjadi pribadi yang mandiri dan mampu mengambil pilihan, bertanggung jawab serta memiliki daya adaptasi tinggi terhadap dinamika kehidupan yang dihadapinya. Eksistensi Bimbingan dan Konseling dapat dilihat dari irisan capaian pelayanannya sebagai upaya mewujudkan kesejahteraan hidup (wellbeing), profil Pelajar Pancasila dan penguatan pendidikan karakter peserta didik/konseli.

 

Bimbingan dan Konseling sebagai bagian integral dari system pendidikan di sekolah memiliki karakteristik yang berbeda dengan mata pelajaran. Layanan Bimbingan dan Konseling membantu peserta didik mencapai tugas perkembangannya melalui Capaian Layanan Bimbingan dan Konseling yang merupakan dokumen utama dalam rangka bagian dari pengembangan kurikulum satuan pendidikan.

 

Layanan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada Kurikulum Program Sekolah Penggerak dilaksanakan oleh Guru Bimbingan dan Konseling/ konselor/ Konselor sesuai dengan tugas pokoknya dalam upaya membantu tercapainya tujuan pendidikan nasional, dan khususnya membantu peserta didik/konseli mencapai perkembangan diri yang optimal, mandiri, sukses, sejahtera dan bahagia dalam kehidupannya. Tujuan tersebut dapat tercapai dengan melakukan kolaborasi dan sinergitas kerja antara Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor, guru mata pelajaran, pimpinan sekolah/madrasah, staf administrasi, orang tua, dan pihak lain yang dapat membantu kelancaran proses dan pengembangan peserta didik/konseli secara utuh dan optimal dalam bidang pribadi, sosial, belajar, dan karir.

 

Model Layanan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada Kurikulum Program Sekolah Penggerak ini bertujuan untuk menginspirasi Guru Bimbingan dan Konseling/konselor di satuan pendidikan. Layanan pendidikan psikoedukasi diberikan kepada peserta didik/konseli agar dapat mencapai kematangan dan kemandirian dalam kehidupannya. Tugas-tugas perkembangannya yang mencakup aspek pribadi, sosial, belajar, karir diharapkan dapat dikembangkan secara utuh dan optimal.

 

 

Model inspiratif Layanan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada Kurikulum Program Sekolah Penggerak ini merupakan panduan untuk Guru Bimbingan dan Konseling/konselor di satuan pendidikan dalam menyusun program Bimbingan dan Konseling. Selain itu, model ini diharapkan dapat menjadi pedoman untuk melaksanakan layanan Bimbingan dan Konseling di satuan pendidikan.

 

Model inspiratif layanan Bimbingan dan Konseling SMP ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada bagian perencanaan, Guru Bimbingan dan Konseling/konselor menyusun program Bimbingan dan Konseling atas dasar hasil dari asesmen kebutuhan peserta didik. Penyusunan program Bimbingan dan Konseling disampaikan kepada kepala sekolah dan dewan guru sebagai bentuk membangun kerjasama dan menciptakan dukungan sistem yang kondusif di satuan pendidikan. Pelaksanaan program dalam bentuk alternatif-alternatif kegiatan yang akan menginspirasi Guru Bimbingan dan Konseling/konselor dalam menyusun kegiatan layanan Bimbingan dan Konseling di satuan pendidikannya.

 

Selengkapnya silahkan baca Layanan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada Kurikulum Program Sekolah Penggerak, melalui link yang tersedia di bawah ini.

 



Demikian informasi tentang Layanan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada Kurikulum Program Sekolah Penggerak. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.



= Baca Juga =



6 comments:

  1. Terima kasih banyak, sukses selalu. Amiin

    ReplyDelete
  2. Makasih banyak atas postingnya. Alhamdulilah cukup membantu. Moga sukses.

    ReplyDelete
  3. Terima kasih atas posting yang banyak memberikan insiprasi dan pencerahan.

    ReplyDelete

Theme images by Deejpilot. Powered by Blogger.