Ini Buku Juknis Pengisian DRH CPNS dan PPPK Pada Akun SSCASN BKN Tahun 2021

Buku Petunjuk Teknis atau Juknis Pengisian DRH (Daftar Riwayat Hidup) CPNS dan PPPK Guru dan Non Guru pada akun SSCASN BKN 2021


Buku Petunjuk Teknis atau Juknis Pengisian DRH (Daftar Riwayat Hidup) CPNS dan PPPK Guru dan Non Guru pada akun SSCASN BKN 2021 ini bertujuan sebagai pedoman bagi peserta SSCASN 2021 yang dinyatakan lulus untuk dapat melakukan pengisian Daftar Riwayat Hidup atau selanjutnya disebut dengan DRH.

 

Ruang lingkup portal akun SSCASN 2021 ini adalah sebagai sarana bagi para Peserta SSCASN 2021 untuk mengetahui informasi seputar kelulusan, DRH dan sanggah.

 

Bagaimana Petunjuk Teknis atau Juknis Pengisian DRH (Daftar Riwayat Hidup) CPNS dan PPPK Guru dan Non Guru pada akun SSCASN BKN 2021-2022? Peserta Lulus Seleksi dan Melanjutkan Ke Pemberkasan, jika Peserta memilih “Ya”, maka akan muncul tombol pengisian DRH. Langkah pertama adalah Pengisian Data Perorangan, yang berisikan Biodata Calon PNS. Kolom yang ditandai bintang merah adalah wajib diisi. Isikan biodata, alamat dan keterangan lainnya.

 

Pengisian data perorangan harap dilakukan dengan teliti dan hati-hati karena data yang diisikan adalah data yang digunakan untuk pemberkasan CASN dan tidak dapat diubah setelah anda mengirim Daftar Riwayat Hidup. Isilah bagian formulir yang wajib diisi pada bagian "Silahkan Lengkapi Data Anda" (ditandaidengan tanda * )

 

Anda diwajibkan mengisi gelar depan, gelar belakang. Bila anda tidak memiliki gelar depan/gelar belakang silahkan isi '-'. Gelar hanya berupa singkatan (contoh : dr, S.Kom, A.md) tidak perlu dipanjangkan.

 

Alamat Domisili adalah alamat tempat tinggal saat ini. Bila nama Kecamatan dan Kelurahan Anda tidak terdaftar dalam pilihan, maka pilih 'Lainnya' lalu ketikkan nama Kecamatan dan Kelurahan tersebut di kolom di bawahnya. Ingat untuk pengisian kolom hobby dapat diisi lebih dari 1 jenis.

 

Jika sudah, isilah CAPTCHA berikut di bawah ini dan klik tombol "Selanjutnya" Data anda tidak akan tersimpan bila anda klik tombol "Resume"

 

Langkah kedua Petunjuk Teknis atau Juknis Pengisian DRH (Daftar Riwayat Hidup) CPNS dan PPPK Guru dan Non Guru pada akun SSCASN BKN 2021adalah pengisian Riwayat Pendidikan. Pada kolom ini, peserta dapat mengisikan Riwayat Pendidikan dan Riwayat Kursus. Pendidikan yang digunakan saat melamar formasi jabatan telah otomatis muncul tetapi dapat diubah untuk dilengkapi kolom-kolom yang masih kosong.

 

Apabila ingin mengubah data Riwayat Pendidikan , Klik tombol pada riwayat Pendidikan yang ingin dihapus, kemudian silahkan ubah data, setelah itu, klik tombol simpan untuk menyimpan perubahan data yang telah dilakukan. Perlu diketahui bahwa Peserta tidak dapat menambahkan Pendidikan lain yang setingkat dengan Pendidikan yang digunakan untuk melamar, atau Pendidikan yang setingkat lebih tinggi. Misal Pendidikan yang digunakan untuk melamar adalah S-1 Sistem Informasi. Lalu Peserta ingin menambahkan Pendidikan S-2 nya. Penambahan akan gagal, karena S-2 adalah setingkat lebih tinggi dari S-1. Atau jika Peserta memiliki dua degree S-1 lalu ingin menambahkan Pendidikannya misal S-1 Manajemen. Akan gagal juga diinput karena tingkat pendidikannya setingkat dengan S-1 Sistem Informasi yang digunakan untuk melamar.

 

Jangan lupa tambahkan pula Pendidikan Peserta sejak sekolah dasar, menengah dan atas dengan mengklik tombol Tambah Pendidikan. Berikut ini adalah ketentuan pengisian data riwayat pendidikan dan kursus/pelatihan, yaitu:

• Isilah riwayat pendidikan dengan riwayat pendidikan formal (mulai dari SD) Anda

• Untuk tingkat pendidikan SD, SMP, SMA masukkan jurusan "Sekolah Dasar / SLTP / SMP / SLTA / SMA / dsb" sesuai nomenklatur jenis sekolah di ijazah

• Untuk tingkat pendidikan SMK, masukkan nama jurusan SMK

• Untuk tingkat pendidikan Peguruan Tinggi, masukkan nama prodi / jurusan yang sesuai dengan Ijazah

• Anda dapat menambahkan/mengubah data riwayat pendidikan dan kursus sebelum mengakhiri proses pengisian Daftar Riwayat Hidup

• Jika sudah selesai mengisi data riwayat pendidikan dan kursus klik tombol "Selanjutnya".

• Gelar Depan dan Gelar Belakang adalah gelar yang Anda dapat setelah menempuh pendidikan tersebut

 

Selanjutnya adalah pengisian Riwayat Kursus. Jika Peserta pernah mengikuti Kursus silahkan klik tombol Tambah Kursus. Isikan data-data yang wajib yaitu yang di bintangi merah. Untuk pengisian data Tempat, silahkan diisi dengan nama kota atau negara tempat pelaksanaan kursus. Jenis Kursus telah tersedia. Peserta hanya dapat mengisikan jenis kursus yang telah terdaftar.

 

Langkah ketiga Petunjuk Teknis atau Juknis Pengisian DRH (Daftar Riwayat Hidup) CPNS dan PPPK Guru dan Non Guru pada akun SSCASN BKN 2021 adalah pengisian Riwayat Pekerjaan. Di halaman ini Peserta diwajibkan mengisi Riwayat Pekerjaan (jika ada), Penghargaan (jika ada) dan Prestasi (jika ada). Selanjutnya Klik tombol Tambah Riwayat Pekerjaan untuk menambahkan seluruh Riwayat Pekerjaan yang dimiliki oleh Peserta (jika ada) sebelum lulus menjadi Calon Aparatur Sipil Negara.

 

Klik pada tombol Tambah Riwayat Penghargaan untuk menambahkan Riwayat Penghargaan yang dimiliki oleh Peserta (jika ada) sebelum lulus dan menjadi Calon Aparatur Sipil Negara. Jenis Penghargaan sudah disediakan pada kolom yang tersedia, Peserta tinggal memilih jenis penghargaan yang telah tersedia.

 

Klik tombol Tambah Riwayat Prestasi untuk menambahkan Riwayat Prestasi yang dimiliki oleh Peserta (jika ada) sebelum lulus menjadi Calon Aparatur Sipil Negara.

 

Langkah keempat Petunjuk Teknis atau Juknis Pengisian DRH (Daftar Riwayat Hidup) CPNS dan PPPK Guru dan Non Guru pada akun SSCASN BKN 2021 adalah pengisian Riwayat Keluarga. Di halaman ini Peserta diwajibkan untuk mengisi seluruh anggota keluarga diantaranya: Pasangan (Istri/Suami), Anak, Orangtua Kandung (Bapak dan Ibu), Saudara Kandung (Kakak dan Adik) dan Mertua (Bapak dan Ibu).

 

Klik tombol Riwayat Istri/Suami untuk menambahkan data Pasangan pada Riwayat Istri/Suami. Jika Suami/Istri Peserta adalah seorang PNS, maka silahkan ketik NIP Pasangan dan Nama nya lalu klik tombol Cari PNS. Maka sistem akan otomatis menampilkan data tersebut. Jika Pasangan bukan PNS, maka silahkan isikan kolom-kolom yang diberi tanda bintang (wajib diisi) secara lengkap.

 

Klik tombol Tambah Riwayat Anak untuk menambahkan data Anak. Jika Anak Peserta adalah seorang PNS, maka silahkan ketik NIP Anak dan Nama nya lalu klik tombol Cari PNS. Maka sistem akan otomatis mengeluarkan data tersebut. Jika Anak bukan PNS, maka silahkan isikan kolom-kolom yang diberi tanda bintang (wajib diisi) secara lengkap. Form isian dibawah ini berlaku sama untuk inputan pada data Orangtua Kandung (Bapak dan Ibu), Saudara Kandung (Kakak dan Adik) dan Mertua (Bapak dan Ibu).

 

Langkah kelima Petunjuk Teknis atau Juknis Pengisian DRH (Daftar Riwayat Hidup) CPNS dan PPPK Guru dan Non Guru pada akun SSCASN BKN 2021 adalah pengisian Organisasi. Di halaman ini Peserta diwajibkan mengisi Riwayat Organisasi (jika ada) dan mengisikan data lain-lain yang dibutuhkan dalam proses pemberkasan Calon Aparatur Sipil Negara sesuai dengan Petunjuk Pengisian Data Keterangan Lainnya yang ada pada box berwarna kuning.

 

Klik tombol Tambah Riwayat Organisasi untuk menambahkan Riwayat Organisasi yang pernah diikuti oleh Peserta (jika ada) sebelum lulus menjadi Calon aparatur Sipil Negara.

 

Langkah keenam Petunjuk Teknis atau Juknis Pengisian DRH (Daftar Riwayat Hidup) CPNS dan PPPK Guru dan Non Guru pada akun SSCASN BKN 2021 adalah Unggah Dokumen. Di halaman ini Peserta diwajibkan melakukan dua kali klik cetak DRH yang telah diisi dengan klik tombol Cetak DRH Perorangan dan Cetak DRH Riwayat, selanjutnya menulis data-data yang diharuskan untuk ditulis tangan di DRH yang telah dicetak tersebut dan menandatangani DRH. Terakhir DRH yang telah ditandatangani wajib diunggah kembali ke SSCASN di halaman ini, dan dihimbau untuk membaca dahulu KETENTUAN UNGGAH DOKUMEN dibawah pada box berwarna kuning.

 

Berikut merupakan contoh cetakan DRH Perorangan. Yang ditandai *) adalah kolom yang harus ditulis tangan oleh Peserta setelah DRH dicetak. Diisi dengan huruf kapital (Balok) dan menggunakan tinta hitam. DRH yang telah ditandatangani wajib diunggah dengan multipage atau hasil cetakan DRH Perorangan dan DRH Riwayat discan menjadi satu halaman lalu diunggah dikolom yang sama. Peserta masih dapat melakukan perubahan pengisian data sebelum klik tombol “Akhiri Proses Pengisian DRH”. Tombol “Akhiri Proses Pengisian DRH” baru dapat di klik jika seluruh unggahan dokumen persyaratan telah lengkap diunggah.

 

Selengkapnya silahkan baca Buku Petunjuk Pengisian DRH (Daftar Riwayat Hidup) CPNS dan PPPK Guru dan Non Guru pada akun SSCASN BKN 2021, melalui salinan dokumen yang tersedia di bawah ini

 



Link download Buku Petunjuk Pengisian DRH (Daftar Riwayat Hidup) CPNS dan PPPK Guru dan Non Guru pada akun SSCASN BKN 2021 (disini)


Demikian informasi tentang Buku Petunjuk Teknis atau Juknis Pengisian DRH (Daftar Riwayat Hidup) CPNS dan PPPK Guru dan Non Guru pada akun SSCASN BKN 2021. Semoga ada manfaatnya. Jangan lupa dapat update berita pendidikan terbaru melalui laman ainamulyana.com.




= Baca Juga =



2 comments:

  1. Bagaimana cara download buku teknis nya kak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan di download melalui link yang tersedia

      Delete

Theme images by ainamulyana. Powered by Blogger.