LATIHAN SOAL TES PPPK PRANATA LABORATORIUM KESEHATAN

Latihan Soal Tes PPPK Jabatan Pranata Laboratorium Kesehatan tahun 2022-2023


Latihan Soal Tes PPPK Jabatan Pranata Laboratorium Kesehatan tahun 2022-2023. Sebagaimana diketahui Pranata Laboratorium Kesehatan adalah ASN yang diberi tugas, tanggung jawab, wewenang, dan hak secam penuh oleh pejabat yang berwenang untuk melakukan kegiatan pelayanan laboratorium kesehatan, pada laboratorium kesehatan. Pranata Laboratorium Kesehatan tingkat terampil adalah Pmnata Laboratorium Kesehatan Ketemmpilan yang pelaksanaan tugasnya meliputi kegiatan teknis operasional yang berkaitan dengan penerapan konsep atau metode operasional di bidang laboratorium kesehatan. Pranata Laboratorium Kesehatan tingkat ahli adalah Pranata Labomtorium Kesehatan Keahlian yang pelaksanaan tugasnya meliputi kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan pengetahuan, penerapan konsep dan teori, ilmu dan seni untuk pemecahan masalah dan pernberian pengajamn dengan cara yang slstematls di bidang laboratorium kesehatan.

 

Sebelum admin membagikan contoh atau Latihan Soal Tes PPPK Tenaga Kesehatann Jabatan Pranata Laboratorium Kesehatan tahun 2022-2023 berikut ini Jenjang jabatan pangkat dan golongan ruang Pranata Laboratorium Kesehatan. Jenjang jabatan dan pangkat Pranata Laboratorium Kesehatan tingkat terampil dari yang terendah sampai dengan yang tertinggi, yaitu:

a. Pranata Laboratorium Kesehatan Pelaksana Pemula, pangkat Pengatur Muda, golongan ruang II/a.

b. Pranata Laboratorium Kesehatan Pelaksana, terdiri atas pangkat:

1) Pengatur Muda Tingkat I, golongan ruang II/b;

2) Pengatur, golongan ruang II/c;

3) Pengatur Tingkat I, golongan ruang II/d.

c. Pranata Laboratorium Kesehatan Pelaksana Lanjutan, terdiri atas pangkat:

1) Penata Muda, golongan ruang III/a;

2) Penata Muda Tingkat I, golongan ruang III/b.

d. Pranata Laboratorium Kesehatan Penyelia, terdiri atas pangkat:

1) Penata, golongan ruang III/c;

2) Penata Tingkat I, golongan ruang III/d.

 

Sedangkan Jenjang jabatan dan pangkat Pranata Laboratorium Kesehatan tingkat ahli dari yang terendah sampai dengan yang tertinggi, yaitu:

a. Pranata Laboratorium Kesehatan Pertama, terdiri atas pangkat:

1) Penata Muda, golongan ruang III/a;

2) Penata Muda Tingkat I, golongan ruang III/b.

b. Pranata Laboratorium Kesehatan Muda, terdiri atas pangkat:

1) Penata, golongan ruang III/c;

2) Penata Tingkat I, golongan ruang III/d.

c. Pranata Laboratorium Kesehatan Madya, terdiri atas pangkat:

1) Pembina, golongan ruang IV/a;

2) Pembina Tingkat I, golongan ruang IV/b;

3) Pembina Utama Muda, golongan ruang IV/c.

 

Adapun tugas pokok dan Peran Pranata Laboratorium Kesehatan adalah sebagai pelaksana teknis di bidang pelayanan laboratorium kesehatan meliputi bidang hematologi, kimia klinik, mikrobiologi, imunoserologi, toksikologi, kimia lingkungan, patologi anatomi (histopatplogi, sitopatologi, histokimia, imunopatologi, patologi molekuler), biologi dan fisika.


Dalam menjalankan perannya, seorang Pranata Laboratorium Kesehatan jenjang Terampil memiliki fungsi dalam: a) Melaksanakan persiapan kegiatan laboratorium kesehatan; b) Melaksanakan pemeriksaan laboratorium kesehatan; c) Melaksanakan evaluasi dan laporan hasil pemeriksaan laboratorium kesehatan; d) Melaksanakan penanganan peralatan dan bahan penunjang laboratorium kesehatan; e) Melaksanakan pemantapan kualitas pemeriksaan; f) Membuat karya tulis/karya ilmiah bidang laboratorium kesehatan.


Sedangkan peran Pranata Laboratorium Kesehatan jenjang Ahli memiliki fungsi dalam: a) Melaksanakan persiapan kegiatan laboratorium kesehatan; b) Melaksanakan pemeriksaan laboratorium kesehatan. c) Melaksanakan evaluasi dan laporan hasil pemeriksaan laboratorium kesehatan; d) Melaksanakan pemecahan masalah laboratorium kesehatan; e) Melaksanakan penanganan peralatan dan bahan penunjang laboratorium kesehatan; f) Melaksanakan pemantapan kualitas pemeriksaan; g) Membuat karya tulis/karya ilmiah bidang laboratorium kesehatan.


Link download Contoh atau Latihan Soal Tes PPPK Tenaga Kesehatann JabatanPranata Laboratorium Kesehatan tahun 2022-2023


Demikian informasi tentang Latihan Soal Tes PPPK (P3K) Tenaga Kesehatann Jabatan Pranata Laboratorium Kesehatan tahun 2022-2023, Semoga ada manfaatnya. 



= Baca Juga =



No comments

Theme images by Deejpilot. Powered by Blogger.