LATIHAN SOAL TES CPNS (PDF) 2021/2022 DAN PEMBAHASANNYA

Latihan Soal Tes CPNS (PDF) tahun 2021/2022 dan Pembahasannya



Latihan Soal Tes CPNS (PDF) tahun 2021/2022 dan Pembahasannya. Salah satu tahapan penting dalam seleksi CPNS adalah Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Tahapan ini harus dilalui oleh pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi. Seperti tahun lalu, pelaksanaan SKD CPNS tahun 2021/2022 ini menggunakan system Computer Assisted Test (CAT), dan kelulusan menggunakan nilai ambang batas (passing grade). Nilai SKD memiliki bobot 40 persen, sementara Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) bobotnya 60 persen.

Setiap peserta SKD harus mengerjakan 100 soal yang terdiri dari soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 35 soal, Tes Intelegensia Umum (TIU) 30 soal, dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 35 soal. TWK dimaksudkan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara, bahasa Indonesia, Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI. NKRI ini mencakup sistem tata negara Indonesia, sejarah perjuangan bangsa, peran bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, serta kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar.


Latihan Soal Tes CPNS (PDF) tahun 2021/2022 dan Pembahasannya


Sedangkan TIU dimaksudkan untuk menilai intelegensia peserta seleksi. Pertama, kemampuan verbal atau kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulisan. Selain itu, kemampuan numerik, atau kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka. Dari setiap jawaban yang benar pada kelompok soal ini akan mendapat skor 5, dan yang salah nilainya nol (0).

TIU juga untuk  menilai kemampuan figural, yakni kemampuan yang berhubungan dengan kegesitan mental seseorang dalam menganalisa gambar, simbol, dan diagram. Selain itu juga kemampuan berpikir logis, atau penalaran secara runtut dan sistematis, serta kemampuan berpikir analisis, atau kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik. Dari setiap jawaban yang benar pada kelompok soal ini akan mendapat skor 5, dan yang salah nilainya nol (0).

Kelompok soal ketiga adalah Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Soal-soal dalam kelompok soal ini mencakup hal-hal terkait dengan pelayanan publik, sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi, profesionalisme, jejaring kerja, integritas diri, semangat berprestasi. Selain itu, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan, orang lain, kemampuan beradaptasi, kemampuan mengendalikan diri, bekerja mandiri dan tuntas. Juga kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan, bekerjasama dalam kelompok, serta kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain. Berbeda dengan dua kelompok soal sebelumnya, TWK dan TIU, nilai untuk kelompok soal ini terbesar 5 dan tidak ada nilai nol (0) untuk setiap jawaban. Karena itu, peserta diimbau untuk menjawab seluruh soal TKP.

Sebelum Admin berbagi Soal Latihan Dan Pembahasan Tes CPNS TWK, TIU dan TKP (PDF) Tahun 2021/2022, berikut ini beberapa Tips Sukses Menghadapi Soal Seleksi Tes CPNS semoga bisa membantu dan memotivasi Bapak/Ibu agar bisa lulus dalam seleksi CPNS yang sangat ketat.

1. Hadapi Tes CPNS dengan tenang

Hadapilah Seleksi CPNS ini dengan sikap yang tenang dan proporsional bahwa Seleksi CPNS  sebagai sesuatu yang harus dihadapi, dilalui. Sikap tenang akan memungkinkan kita dapat menyusun rencana menentukan strategi dan menjalaninya dengan senang.

 

2. Bersikap Proaktif

Cara sukses menghadapi ujian nasional selanjutnya adalah  bersikap proaktif. Proaktif adalah suatu sikap yang beranggapan bahwa kita sendirilah yang menentukan keberhasilan dan kegagalan dalam hidup, termasuk dalam menghadapi  Seleksi CPNS . Yakinlah bahwa kerja keras dan usaha keras yang kita lakukan akan membuahkan hasil.  Untuk itu, sebaiknya membuat patokan standar nilai minimal sendiri. Sehingga yang muncul adalah tantangan bukan beban.

 

3. Buatlah Rencana

Menghadapi Seleksi CPNS  dapat diibaratkan sebagai perjalanan menuju sukses. Sebagaimana perjalanan sukses, sudah sepatutnya kita membuat perencanaan. Dari sekian banyak bahan pelajaran yang harus dipelajari dipilah-pilah antara bahan ujian. Pilah – pilahlah bahan belajar secara teratur dan sistematis. Model belajar semacam itu dapat meringankan dan lebih mengefektifkan cara kerja otak. Salah satu hukum otak yaitu dapat bekerja maksimal dengan cara teratur dan sistematis.

 

4. Perbanyak Baca dan Berlatih Soal

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh lembaga bimbingan belajar adalah para siswa banyak berlatih memecahkan soal-soal dengan cepat. Dalam ujian nasional, kita nantinya akan dihadapkan pada soal-soal yang harus dijawab dan dipecahkan dengan tepat. Dengan sering kita berlatih maka kita terbiasa dan terlatih, sehingga tidak cemas atau grogi dalam menghadapi soal (ujian).

 

5. Efektifkan Waktu Belajar

Terkadang banyak orang yang tidak belajar dalam menghadi Seleksi CPNS. Mereka tidak mengoptimalisasikan semua potensi dirinya untuk meraih hasil terbaik dalam belajar sehingga tidak optimal alam mempelajari materi. Niscaya hasilnya akan lebih bagus jika para peserta tes CPNS mampu memaksimalkan kegiatan belajar untuk menghadapi soal-soal tes CPNS. Juga banyak membaca berbagi sumber jika tidak paham materi yang dipelajari. Kemampuan menggali informasi salah satu upaya untuk memperkuat pemahamaman atau pengertian dan keterampilan belajar.

 

6. Doa Restu Dari Orang Tua (Suami atau Isteri jika sudah punya)

Jadikanlah perjuangan menghadapi soal menghadapi Seleksi CPNS  ini sebagai ajang untuk mempersembahkan yang terbaik kepada keluarga dan kedua orang tua kita tercinta. Mintalah doa restu orang tua jika masih punya orang tua dan doa restu suami atau Isteri jika sudah punya. Doa restu meeka sangat diperlukan agar kita diberi kemudahan dan kelancaran.

 

Beberapa cara di atas tentunya dapat diterapkan sebagai cara sukses menghadapi menghadapi Seleksi CPNS. Kesuksesan itu bukan berasal dari orang lain, melainkan diri kita sendiri yang menciptakannya. Oleh karena itu, kiat-kiat tersebut merupakan beberapa metode yang bisa kalian praktekkan dalam menghadapi ujian nasional.


Kumpulan Soal Latihan Dan Pembahasan Tes CPNS TWK, TIU dan TKP (PDF) Tahun 2021/2022. Berikut ini contoh Soal Latihan dan Pembahasan Tes CPNS (PDF) TWK, TIU dan TKP tahun 2020/2021. Ingat soal-soal ini hanya sebatas soal latihan yang diharapkan menambawah wawasan pengetahuan kita tentang materi kebangsaan, intelegensi dan kepribadian.

UNDUH / DOWNLOAD SOAL LATIHAN DAN PEMBAHASAN TES CPNS TWK, TIU DAN TKP (Pdf) – 1 ---DISINI---
UNDUH / DOWNLOAD SOAL LATIHAN DAN PEMBAHASAN TES CPNS TWK, TIU DAN TKP (Pdf) – 2 ---DISINI---
UNDUH / DOWNLOAD SOAL LATIHAN DAN PEMBAHASAN TES CPNS TWK, TIU DAN TKP (Pdf) – 3 ---DISINI---
UNDUH / DOWNLOAD SOAL LATIHAN DAN PEMBAHASAN TES CPNS TWK, TIU DAN TKP (Pdf) – 4 ---DISINI---
UNDUH / DOWNLOAD SOAL LATIHAN DAN PEMBAHASAN TES CPNS TWK, TIU DAN TKP (Pdf) – 5 ---DISINI---
UNDUH / DOWNLOAD SOAL LATIHAN DAN PEMBAHASAN TES CPNS TWK, TIU DAN TKP (Pdf) – 6 ---DISINI---
UNDUH / DOWNLOAD SOAL LATIHAN DAN PEMBAHASAN TES CPNS TWK, TIU DAN TKP (Pdf) – 7 ---DISINI---
UNDUH / DOWNLOAD SOAL LATIHAN DAN PEMBAHASAN TES CPNS TWK, TIU DAN TKP (Pdf) – 8 ---DISINI---
UNDUH / DOWNLOAD SOAL LATIHAN DAN PEMBAHASAN TES CPNS TWK, TIU DAN TKP (Pdf) – 9 ---DISINI---
UNDUH / DOWNLOAD SOAL LATIHAN DAN PEMBAHASAN TES CPNS TWK, TIU DAN TKP (Pdf) – 10 ---DISINI---
UNDUH / DOWNLOAD SOAL LATIHAN DAN PEMBAHASAN TES CPNS TWK, TIU DAN TKP (Pdf) – 11 ---DISINI---
UNDUH / DOWNLOAD SOAL LATIHAN DAN PEMBAHASAN TES CPNS TWK, TIU DAN TKP (Pdf) – 12 ---DISINI---
UNDUH / DOWNLOAD SOAL LATIHAN DAN PEMBAHASAN TES CPNS TWK, TIU DAN TKP (Pdf) – 13 ---DISINI---
UNDUH / DOWNLOAD SOAL LATIHAN DAN PEMBAHASAN TES CPNS TWK, TIU DAN TKP (Pdf) – 14 ---DISINI---
UNDUH / DOWNLOAD SOAL LATIHAN DAN PEMBAHASAN TES CPNS TWK, TIU DAN TKP (Pdf) – 15 ---DISINI---

Catatan: TIU artinya Tes Intelegsi Umum, TKP adalah Tes Karekateristik Kepribadian dan TWK adalah Tes Wawasan Kebangsaaan.

Demikian info tentang Latihan Soal Tes CPNS (PDF) TWK, TIU dan TKP tahun 2021/2022 dan Pembahasannya. Ingat, ini hanya soal latihan. Terima kasih, semoga bermanfaat.


= Baca Juga =



11 comments:

  1. Latihan soalnya sangat lengkap, ini tentunya sangat bermanfaat bagi calon peserta seleksi CPNS tahun 2021, terima kasih banyak.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih pak telah berbagi info yang menarik dan sangat kami butuhkan.

    ReplyDelete
  3. Extraordinary. This ainamulyana.com website has the advantage of being easily accessible. The website can be accessed quickly. Also this website is very useful.

    ReplyDelete
  4. Terima kasih banyak informasinya sangat bermanfaat. Jazakallahu Khairan Katsiran

    ReplyDelete
  5. It's no surprise that this blog is amazing. Thank you for sharing that has helped many teachers and students as well as the general public.

    ReplyDelete
  6. Terima kasih banyak, postingnya sangat membantu

    ReplyDelete
  7. Terima kasih posting sangat menginspirasi, luar biasa dan banyak manfaatnya.

    ReplyDelete
  8. Terimakasih post nya sangat membantu 🙏🙏🙏

    ReplyDelete

Powered by Blogger.