INFO GTK 2021 (Cek SKTP Guru Semester 2 TP 2020/2021 dan SKTP Guru Semester 1 TP 2021/2022)

INFO GTK 2021 (Cek SKTP Guru Semester 2 TP 2020/2021 dan SKTP Guru Semester 1 TP 2021/2022)


Portal atau Laman Info GTK 2021 adalah Portal atau laman untuk melakukan pengecekan pnerbitkan SKTP Semester 2 Tahun Pelajaran 2020/2021 dan SKTP Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022. Pengecekan SKTP ini dilakukan melalui dengan menggunakan gunakan account PTK yang sudah diverifikasi. Adapun akun PTK itu sendiri dibuat melalui aplikasi Dapodik sekolah masing-masing.

 

Mulai tahun yang lalu Portal atau Laman Info GTK 2021 tidak hanya digunakan untuk mengcek terbitnya Nomor Surat Keputusan Tunjangan Profesi (SKTP), tetapi laman Info GTK 2021 juga untuk telah digunakan untuk peberitahuan guru honorer penerima Bantuan Subsidi Upah atau BSU, juga digunakan sebagai sarana pemberitahuan untuk melakukan verifikasi dan validasi ijazah atau verval Ijazah (verval iajzah) bagi guru non ASN yang terdaftar di dapodik dalam rangka persiapan seleksi penerimaan PPPK tahun 2021.

 

Hal yang perlu dipahami oleh para guru, bahwa Info GTK 2021 hanya berisi informasi matau Informasi validasi data guru yang bertujuan untuk membantu menampilkan data guru yang sudah dikirm oleh sekolah melalui aplikasi dapodik. Oleh karena itu, jika ada kesalahan data, proses perbaikannya melalui aplikasi dapodik di sekolah masing-masing.

 

Hasil tangkapan layar informasi yang ditampilkan, melalui info gtk 2021  akan ditampilkan informasi terkait jumlah jam mengajar yang linear yang diampu oleh guru, jumlah jam tugas tambahan (seperti sebagai wakil kepala sekolah, wali kelas, kepala perpusataakan, kepala laboratorium, dll) serta data lengkap PTK itu sendiri seperti Nama lengkap, tanggal lahir, NUPTK, NRG, tahun sertifikasi, SK CPNS atau SK pengangkatan, pangkat atau golongan,  gaji pokok, gaji berkala dan lainnya.

 

Tampilan melalui info gtk 2021, Khusus terkait dalam pengecekan SKTP antara lain menampilkan Data Individu Berdasarkan Dapodik, Status NUPTK Pada database NUPTK, status Data Kelulusan Sertifikasi Pendidik, Rombongan Belajar (Rombel), Verifikasi Data Tunjangan Profesi, Tunjangan Profesi. Ciri sesorang sudah memiliki SKTP yang valid antara lain: telah memiliki Nomor SK, Tanggal Penerbitan SK, Tanggal SK mulai berlaku, Tanggal SK berakhir, Format Bayar, Nama Penerima SK, Data Bank yang berupa Nama Bank, Nama Pada Rekening Bank, Nomor Rekening Bank, Cabang Bank.

 

Sekalipun data di info gtk tahun 2021, dalam realitasinya mungkin Bapak/Ibu guru akan diminta data otentik atau bukti factual oleh pihak yang berwenang seperti oleh dinas pendidikan. Hal ini karena sesuai ketentuan data yang ditampilkan pada halaman atau portal info gtk tahun 2021 tersebut tidak dapat dijadikan dasar acuan untuk proses pembayaran tunjangan dan data sewaktu-waktu dapat berubah sesuai dengan data dapodik. Proses pembayaran tunjangan mengacu pada SK cetak yang dikirim ke pengelola masing-masing tunjangan.

 

Berikut tambahan informasi terkait Cara Cek Info GTK 2021 untuk Cek SKTP Semester 2 Tahun Pelajaran 2020/2021 dan Cek SKTP Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022, terutama bagi Bapak/Ibu guru yang baru pertama melakukan cek SKTP melalui laman Info GTK Kemendikbud 2021. Langkah-langkah Cek SKTP di laman Info GTK Kemendibud 2021 adalah sebagai berikut.

 

Pertama, silahkan akses laman info.gtk.kemdikbud.go.id.

Kedua, Perhatikan kolom Login yang ada di laman info gtk

Ketiga, silahkan pilih akan login menggunakan akun GTK atau akan login menggunaan SSO.

Keempat, silahkan masukan username dan password yang sudah Anda miliki. Pastikan menggunakan email yang aktif. Tidak diperkenankan menggunakan email orang lain.

 

Jika berhasil Anda akan melihat laman Info gtk 2021. Ingat jika Anda lupa email (username) maupun lupa password, Pengaturan ulang akun dapat melalui Manajemen Dapodik atau melalui aplikasi dapodik sekolah.

 

Demikian informasi tentang Portal atau Laman Info GTK 2021 adalah Portal atau laman untuk melakukan pengecekan pnerbitkan SKTP Semester 2 Tahun Pelajaran 2020/2021 dan SKTP Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022. Selamat mencoba melakukan cek SKTP atau cek data lainnya melalui laman info gtk 2021. Terima kasih.



= Baca Juga =



5 comments:

  1. Informasinya sangat bermanfaat dan menginspirasi, terima kasih banyak.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih pak telah berbagi info yang menarik dan sangat kami butuhkan.

    ReplyDelete
  3. Extraordinary. This ainamulyana.com website has the advantage of being easily accessible. The website can be accessed quickly. Also this website is very useful.

    ReplyDelete
  4. Terima kasih banyak informasinya sangat bermanfaat. Jazakallahu Khairan Katsiran

    ReplyDelete
  5. It's no surprise that this blog is amazing. Thank you for sharing that has helped many teachers and students as well as the general public.

    ReplyDelete

Theme images by ainamulyana. Powered by Blogger.