Soal Tes Sosio Kultural PPPK Tenaga Teknis Tahun 2023-2024

Latihan Soal Tes Sosio Kultural PPPK Tenaga Teknis Tahun 2023-2024


Latihan Soal Tes Sosio Kultural PPPK Tenaga Teknis Tahun 2023-2024. Secara umum sosiokultural berarti sebuah sistem dari pola-pola terpadu yang mengatur perilaku manusia. Sosiokultural juga didefinisikan sebagai gagasan-gagasan, kebiasaan, keterampilan, seni, dan alat yang memberi ciri pada sekelompok orang pada waktu tertentu. Di dalamnya juga mengatur tingkah laku seseorang dalam kelompok dan membuat seseorang sensitif terhadap status.

 

Dalam konteks hubungan antar manusia, sosiokultural juga membantu seseorang mengetahui apa yang diharapkan orang lain terhadap dirinya, serta apa yang akan terjadi jika tidak memenuhi harapan-harapan mereka. Sosiokultural membantu seseorang untuk mengetahui peran sebagai individu dan tanggung jawab dirinya terhadap kelompok.

 

Apa kontek sosiokultural dengan ASN baik PNS maupun PPPK ? Berdasaekan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 38 tahun 2017, kompetensi sosial kultural merupakan pengetahuan, keterampilan, dan sikap atau perilaku terkait dengan pengalaman berinteraksi dengan masyarakat majemuk. Kompetensi ini erat kaitannya dengan sikap toleransi, keterbukaan, dan kepekaan terhadap perbedaan antar individu atau kelompok masyarakat.

 

Saat ini kompetensi sosio kultural telah berdiri sendiri dan tidak lagi menjadi bagian dari kompetensi manajerial. Kompetensi sosio kultural melekat. pada diri pribadi seseorang namun tetap perlu dibangun dan diarahkan, karena sejatinya kompetensi kultural merupakan jantung dari kompetensi yang lain (kompetensi teknis dan kompetensi manajerial).


Kompetensi sosio kultural bagi PPNS atau PPPK merupakan pengetahuan, keterampilan dan sikap atau perilaku terkait dengan pengalaman berinteraksi dengan masyarakat majemuk. Kompetensi sosio kultural menjadi sebuah kompetensi wajib bagi dimiliki seluruh ASN di seluruh Indonesia. Beberapa upaya telah dilakukan pemerimtah untuk menumbuhkan dan membangun kompetensi sosio kultural, anatara lain dengan kegiatan internalisasi, coaching, diklat, pelatihan, penguatan peran pimpinan sebagai role model, serta implementasi pada pekerjaan. Serta menjadi Sosio Kultural sebagai salah satu tes ASN PPPK Tenaga Teknis Tahun 2023-2024.

 

Latihan Soal Tes Sosio Kultural PPPK Tenaga Teknis Tahun 2023-2024 akan melatih kompetensi sosio kultural dalam melaksanakan layanan terhadap masyarakat. Dalam konteks yang lebih dalam, unsur-unsur dalam kompetensi sosio kultural harus tercermin dalam nilai-nilai kerja ASN yang telah menjadi way of life bagi seluruh pegawai Apartur Negara di Indonesia.

 

Bagi yang membutuhkan Contoh Latihan Soal Tes Sosio Kultural PPPK Tenaga Teknis Tahun 2023-2024, terutama bagi Anda yang akan menghadapi pelaksanaan tes seleksi ASN PPPK silahkan akses link yang admin sediakan. LINK DOWNLOAD CONTOH SOAL SOSIO KULTURAL PPPK TENAGA TEKNIS TAHUN 2023-2024 (DISINI)

 

Demikian informasi tentang Contoh Latihan Soal Tes Sosio Kultural PPPK Tenaga Teknis Tahun 2023-2024. Semoga ada manfaatnya.



= Baca Juga =


No comments

Theme images by ainamulyana. Powered by Blogger.